Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyol

Bagaimana kiprah para pemain tersebut?

Arsenal akhirnya telah resmi mendatangkan Martin Odegaard dari Real Madrid. Pemain berusia 22 tahun itu dipinjam selama 6 bulan hingga akhir musim ini. Seperti yang diketahui, Odegaard ingin meninggalkan Santiago Bernabeu karena minimnya menit bermain yang diberikan Zinedine Zidane.

Ia tertarik untuk bergabung dengan Arsenal karena dijanjikan menit bermain secara reguler oleh Mikel Arteta. Namun, sebelum mendatangkan Odegaard, Arsenal sudah beberapa kali mendatangkan sejumlah pemain dari LaLiga. Siapa saja pemain tersebut? Check this out!

Baca Juga: 10 Transfer Pemain Termahal Tahun 2020, Partey hingga Havertz!

1. Thomas Partey 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyolgoal.com

Thomas Partey baru didatangkan Arsenal pada awal musim ini. Ia digaet dari Atletico Madrid dengan biaya 50 juta euro di saat hari terakhir bursa transfer musim panas lalu. Pemain asal Ghana ini diikat Arsenal hingga Juni 2025.

Sejauh ini, Partey sudah bermain sebanyak 8 laga di Premier League. Salah satu permainan terbaiknya terjadi saat melawan Manchester United saat ia bermain sangat solid di lini tengah dan berhasil membawa Arsenal menang di Old Trafford.

2. Dani Ceballos 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyolskysports.com

Dani Ceballos dipinjam oleh Arsenal dari Real Madrid pada musim lalu. Karena performanya yang menjanjikan di musim itu, ia kembali dipinjam oleh The Gunners pada musim ini. Gelandang asal Spanyol itu sukses tumbuh pesat di bawah nakhoda Mikel Arteta.

Pemain berusia 24 tahun itu tetap tak tergantikan perannya di musim ini. Ceballos sudah menciptakan 61 pertandingan bersama Arsenal sejauh ini.

3. Denis Suarez 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyolgoal.com

Saat masih bermain untuk Barcelona, Denis Suarez pernah dipinjamkan oleh klubnya tersebut ke Arsenal. Ia dipinjam oleh The Gunners selama enam bulan dari Januari hingga Juni 2019. Selama waktunya itu, sang pemain gagal menunjukkan kualitas terbaiknya.

Suarez lebih sering dihantam cedera dan membuat ia hanya tampil sebanyak 4 kali di Premier League. Kini, pemain berusia 27 tahun itu bermain untuk klub LaLiga lainnya, yaitu Celta de Vigo.

4. Lucas Perez 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyolgoal.com

Lucas Perez diboyong Arsenal pada musim panas 2016 dari Deportivo de La Coruna dengan biaya 20 juta euro. Saat itu, tim masih dinakhodai oleh Arsene Wenger. Sayangnya, Perez hanya bertahan selama 2 musim di Emirates Stadium.

Ia hanya mampu mencatatkan 7 gol dan 5 assist dari 21 pertandingan. Karena minim kontribusi, Perez kemudian kembali dipinjamkan ke Deportivo de La Coruna sebelum akhirnya dijual ke West Ham United. Kini, pemain yang berusia 32 tahun itu kembali bermain di LaLiga bersama Deportivo Alaves.

5. Shkodran Mustafi 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga SpanyolTwitter/MustafiOfficial

Performa apik Shkodran Mustafi bersama Valencia membuat Arsenal menjatuhkan pilihan kepada dirinya. Ia digaet oleh Arsenal pada musim panas tahun 2016 dengan biaya yang cukup mahal, yakni 41 juta euro. Nilai transfer tersebut sampai saat ini tetap menjadikan sang pemain sebagai bek termahal yang pernah diboyong oleh Arsenal.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, Mustafi mulai kehilangan tempat inti di lini belakang Arsenal. Ia kerap kali menjadi sasaran kritik karena performanya yang mengecewakan. Kabarnya, sang pemain akan dijual oleh Arsenal dalam waktu dekat.

6. Alexis Sanchez 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyolskysports.com

Alexis Sanchez direkrut oleh Arsenal dari Barcelona pada musim panas 2014. Pemain asal Chile itu dibeli dengan biaya 42,5 juta euro. Meski terbilang cukup mahal, Sanchez berhasil membuktikan kualitasnya selama berseragam Arsenal. Ia menjadi pemain penting dan tak tergantikan perannya di lini depan The Gunners.

Sayangnya, masalah kenaikan gaji yang tidak disetujui oleh pihak klub membuat sang pemain memilih pindah ke Manchester United. Selama membela Arsenal, Sanchez berhasil menciptakan 80 gol dan 45 assist dari 166 pertandingan di semua ajang. Kini, ia bermain untuk klub Serie A, Inter Milan.

7. Mesut Ozil 

Martin Odegaard Datang, 7 Rekrutan Arsenal dari Klub LaLiga Spanyolbleacherreport.com

Mesut Ozil dibeli oleh Arsenal dari Real Madrid pada musim panas 2013. Biaya sebesar 47 juta euro dikeluarkan oleh Arsenal untuk bisa mendatangkan pemain asal Jerman itu. Mendatangkan Ozil ke Emirates Stadium bisa dibilang menjadi keputusan yang tepat bagi Arsenal. Pasalnya, ia berhasil memberikan dampak yang luar biasa untuk klub London Utara tersebut.

Bahkan, Ozil sempat menyandang sebagai raja assist di Premier League setelah mencatatkan 19 assist pada musim 2015/2016. Namun, sejak musim 2018/2019, performa sang pemain mengalami penurunan yang drastis. Pada Januari ini, pemain berusia 32 tahun itu memilih meninggalkan Arsenal dan melanjutkan karier di Fenerbahce.

 

Kira-kira, Martin Odegaard mampu bermain apik bersama Arsenal atau malah sebaliknya? Patut kita tunggu kiprahnya.

Baca Juga: 10 Potret Mesut 'King Assist' Ozil selama Berseragam Arsenal, Legenda!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya