5 Alasan Bukayo Saka Layak Diberi Kontrak Baru oleh Arsenal

Saka sedang berada di performa terbaiknya saat ini 

Kontrak Bukayo Saka bersama Arsenal baru akan berakhir pada Juni 2024. Meski masih cukup lama, tetapi The Gunners harus sesegera mungkin memberikan tawaran kontrak baru kepada pemain berusia 20 tahun itu.

Jika Arsenal tidak kunjung memberikan tawaran menarik, Saka berpotensi bakal dirayu oleh klub-klub yang lebih elite. Hal tersebut tentu akan merugikan Arsenal. Berikut lima alasan Bukayo Saka layak diberi kontrak baru oleh manajemen Arsenal.

1. Masa depan yang cerah 

5 Alasan Bukayo Saka Layak Diberi Kontrak Baru oleh ArsenalBukayo Saka (planetfootball.com)

Bukayo Saka saat ini baru berusia 20 tahun. Walau begitu, ia sudah tumbuh menjadi sosok yang hebat bagi Arsenal. Sang pemain tercatat sudah tampil sebanyak 121 pertandingan bersama The Gunners.

Dari seluruh laga itu, Saka mampu menciptakan 21 gol serta 27 assists. Melihat kualitasnya itu, Saka jelas memiliki masa depan yang cerah. Arsenal tentu tidak boleh kehilangan begitu saja bakat emas Saka.

2. Sedang berada di performa terbaiknya 

5 Alasan Bukayo Saka Layak Diberi Kontrak Baru oleh ArsenalBukayo Saka (skysports.com)

Bukayo Saka harus diakui berada di performa terbaiknya saat ini. Ia telah memberikan sejumlah gol serta assist penting untuk Arsenal. Jika The Gunners mampu lolos ke ajang Liga Champions musim 2022/2023, Saka berpotensi bakal tampil lebih baik lagi.

Sekarang banderol sang pemain berada di angka 65 juta euro atau setara Rp1 triliun. Bukan tidak mungkin angka tersebut akan terus naik dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Menggunakan Nomor Punggung 7 sebelum Bukayo Saka

3. Pemain favorit Mikel Arteta 

5 Alasan Bukayo Saka Layak Diberi Kontrak Baru oleh ArsenalMikel Arteta dan Bukayo Saka (skysports.com)

Kehadiran Mikel Arteta memberikan pengaruh besar bagi Arsenal, khususnya pada musim 2021/2022. Kini, The Gunners bisa bersaing di papan atas English Premier League (EPL). Bahkan, Arsenal memiliki peluang sangat besar untuk finis di posisi keempat di kasta tertinggi Inggris itu.

Kesuksesan Arsenal tersebut tentu saja tidak terlepas dari peran besar Bukayo Saka. Mikel Arteta hampir selalu memainkan Saka setiap pertandingannya. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Saka menjadi salah satu pemain favorit Arteta.

4. Berasal dari akademi 

5 Alasan Bukayo Saka Layak Diberi Kontrak Baru oleh ArsenalBukayo Saka (planetfootball.com)

Arsenal harus mempertahankan Bukayo Saka karena sang pemain berasal dari akademi. Sejak debut pada November 2020, performa Saka terus meningkat seiring berjalannya waktu. Ia juga memainkan peran penting untuk tim nasional Inggris pada ajang Piala Eropa 2020 lalu.

Selain Saka, Emile Smith Rowe dan Gabriel Martinelli juga menjadi pemain muda yang memberikan kontribusi besar untuk Arsenal. Ketiganya kemudian dianggap sebagai senjata baru The Gunners.

5. Cegah minat klub lain 

5 Alasan Bukayo Saka Layak Diberi Kontrak Baru oleh ArsenalBukayo Saka (planetfootball.com)

Menurut beberapa laporan, Bukayo Saka saat ini hanya mendapatkan bayaran dari Arsenal sebesar 30 ribu pound sterling atau setara Rp568 juta per pekan. Nominal itu jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan para pemain seusianya.

Sebagai contoh, Callum Hudson-Odoi dan Christian Pulisic mendapatkan gaji masing-masing 180 ribu poundsterling atau Rp3,4 miliar dan 230 ribu poundsterling atau Rp4,3 miliar per minggu.

Liverpool kabarnya bersedia untuk memberikan gaji yang lebih besar dari yang didapatkan Saka bersama Arsenal. Untuk mencegah hal itu, Arsenal tentu harus segera memberikan tawaran kontrak baru dan gaji yang lebih tinggi. The Gunners dilaporkan sudah menyiapkan tawaran gaji sebesar 125 ribu poundsterling atau Rp2,3 miliar untuk Saka.

 

Menurut pakar transfer sepak bola, Fabrizio Romano, Bukayo Saka sangat senang dengan kehidupannya di Arsenal. Hanya menunggu waktu untuk pemain berusia 20 tahun tersebut menandatangani kontrak baru di Stadion Emirates.

Baca Juga: 10 Potret Bukayo Saka, Winger Muda asal Inggris yang Membela Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya