Arsenal Melepas 6 Pemain Tanpa Membeli Pemain Baru, Ada Apa?

Membeli pemain, tetapi baru datang musim depan

Arsenal menjadi salah satu klub yang cukup sibuk pada bursa transfer musim dingin 2022. Uniknya, The Gunners sibuk cuci gudang dengan melepas para pemainnya ke klub lain. Ada pemain yang dilepas secara permanen, ada juga yang sekadar dipinjamkan.

Meski begitu, Arsenal tidak mendatangkan pemain baru pada Januari ini. Besar kemungkinan mereka gagal mendatangkan pemain top karena belum bisa menjamin lolos ke Liga Champions pada 2022/2023. Lantas, seperti apa perjalanan Arsenal sepanjang bursa transfer musim dingin 2022?

1. Sempat mengincar sejumlah penyerang ternama 

Arsenal Melepas 6 Pemain Tanpa Membeli Pemain Baru, Ada Apa?Dusan Vlahovic (skysports.com)

Arsenal mengalami periode yang sangat buruk pada Januari 2022. Tim asuhan Mikel Arteta tersebut gagal meraih satu pun kemenangan dari lima pertandingan yang dilalui pada bulan itu. Lebih mengecewakannya lagi, Arsenal hanya mampu mencetak satu gol dalam seluruh laga tersebut.

Dengan kondisi itu, Arteta diprediksi bakal mendatangkan penyerang baru pada Januari 2022. Mereka sempat dikaitkan dengan beberapa penyerang top, seperti Dusan Vlahovic, Alexander Isak, Luka Jovic, hingga Darwin Nunez. Namun, hingga bursa transfer ditutup, The Gunners gagal mendatangkan salah satu dari nama-nama tersebut.

2. Sempat mengincar beberapa gelandang top juga

Arsenal Melepas 6 Pemain Tanpa Membeli Pemain Baru, Ada Apa?Bruno Guimaraes (skysports.com)

Selain penyerang, Arsenal juga dikabarkan mengincar gelandang baru pada Januari 2022. Sebab, pada awal 2022, The Gunners ditinggal dua gelandangnya ke turnamen Piala Afrika, yakni Thomas Partey dan Mohamed Elneny. Alhasil, Arsenal dikaitkan dengan beberapa gelandang top.

Georginio Wijnaldum, Douglas Luiz, Bruno Guimaraes, hingga Arthur Melo sempat masuk ke dalam radar klub asal London Utara tersebut. Khusus di posisi gelandang, Arsenal rencananya hanya ingin meminjam hingga akhir 2021/2022. Akan tetapi, gelandang baru juga tidak berhasil didaratkan ke Stadion Emirates.

Baca Juga: Curhat Aubameyang ke Arsenal: Pergi Tanpa Pamit Itu Sakit

3. Melepas Aubameyang justru menjadi keuntungan tersendiri bagi klub

Arsenal Melepas 6 Pemain Tanpa Membeli Pemain Baru, Ada Apa?Pierre-Emerick Aubameyang (planetfootball.com)

Pierre-Emerick Aubameyang sempat menjadi pemain kunci Arsenal pada awal 2021/2022. Namun, menjelang pertengahan musim, performa sang penyerang menurun drastis. Ia bahkan gagal mencetak gol dalam beberapa laga berturut-turut. Puncaknya, Aubameyang melakukan pelanggaran indisipliner.

Pemain asal Gabon itu kemudian dibekukan dari tim utama Mikel Arteta. Kondisi itu membuat Arteta memutuskan melepasnya pada Januari 2022 ini. Aubameyang saat ini sudah resmi menjadi bagian dari Barcelona.

Meski kehilangan Aubameyang, hal tersebut sebenarnya menjadi keuntungan bagi Arsenal. Sebab, tim berhasil memangkas pengeluaran gaji. Aubameyang memiliki gaji paling tinggi di Arsenal dengan nominal 350 ribu pound sterling per pekan atau setara Rp6,7 miliar.

4. Arsenal sebenarnya membeli pemain baru

Arsenal Melepas 6 Pemain Tanpa Membeli Pemain Baru, Ada Apa?Auston Trusty (football365.com)

Pada Januari 2022, Arsenal sebenarnya mendatangkan satu pemain baru, yakni Auston Trusty. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu dibeli dari klub MLS, Colorado Rapids, dengan harga yang sangat murah, yakni 1,82 juta euro atau setara Rp29 miliar.

Meski begitu, Trusty baru bisa bergabung dengan The Gunners pada awal musim depan. Sementara, pada sisa 2021/2022 ini, ia tetap bermain untuk Colorado.

5. Skuad inti makin menipis

Selain Aubameyang, Arsenal juga melepas sejumlah pemain pada Januari 2022, seperti Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, Sead Kolasinac, Pablo Mari, dan Dejan Iliev. Banyaknya pemain yang hengkang membuat skuad inti Arsenal makin menipis.

Di posisi penyerang, Mikel Arteta hanya memiliki dua pemain yang bisa diandalkan, yaitu Alexandre Lacazette dan Eddie Nketiah. Namun, kedua pemain itu belum tampil terlalu mengesankan sejauh ini. Sementara itu, Arsenal hanya memiliki tiga bek tengah saat ini, yaitu Ben White, Gabriel Magalhaes, dan Rob Holding. Untuk bersaing di posisi empat besar, skuad tersebut tampak belum terlalu meyakinkan.

Tentunya banyak penggemar Arsenal yang kecewa dengan keputusan klub tidak mendatangkan pemain baru pada bursa transfer Januari 2022. Dengan komposisi tim yang ada saat ini, menurutmu, apakah Arsenal bisa finis di zona Liga Champions?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang Terbaru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya