5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang Terbaru

Beberapa justru meredup kariernya bersama Barcelona

Hari terakhir bursa transfer musim dingin 2021/2022 diwarnai kepindahan beberapa pemain besar. Salah satu pemain paling top yang akhirnya berpindah klub adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Striker asal Gabon itu hengkang dari Arsenal dan bergabung dengan raksasa LaLiga, Barcelona.

Kepindahan tersebut membuat Aubameyang bergabung ke dalam barisan pemain yang pernah pindah langsung dari Arsenal ke Barcelona. Mulai dari striker legendaris Thierry Henry hingga Aubameyang sendiri, inilah lima pemain pada era modern yang pindah dari Arsenal ke Barcelona.

1. Thierry Henry

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang TerbaruThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry tak diragukan lagi adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Arsenal sepanjang sejarah. Henry menikmati masa-masa keemasan kariernya saat membela The Gunners pada 1999 hingga 2007. Sangat banyak prestasi kolektif maupun individual yang diraih Henry bersama Arsenal.

Itu termasuk enam trofi kolektif, empat gelar top skor Premier League, dan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Arsenal. Maka, ketika Henry akhirnya pindah ke Barcelona pada 2007, Arsenal mengalami kehilangan besar.

Sementara, Barca mendapatkan striker top yang digadang-gadang bisa sukses di Spanyol. Pada akhirnya, Henry memang tak terlalu lama membela Barcelona, tepatnya hanya sekitar 2,5 musim.

Catatan golnya bersama Barca pun tak seimpresif di Arsenal, meski tetap luar biasa. Namun, Henry akhirnya berhasil meraih trofi Liga Champions bersama Blaugrana, gelar yang tak pernah sempat ia dapatkan selama berkostum The Gunners.

2. Alexander Hleb

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang TerbaruAlexander Hleb (marca.com)

Berikutnya ada Alikasandr Hleb atau biasa dikenal sebagai Alexander Hleb. Hleb merupakan mantan gelandang yang berasal dari negara kecil Eropa, yaitu Belarusia. Hleb membela Arsenal pada 2005 hingga 2008, dan ia cukup diandalkan The Gunners ketika itu.

Total 130 laga dimainkan Hleb selama membela Arsenal, dengan sumbangan 10 gol dan 18 assists. Penampilan impresif Hleb membuat ia didatangkan Barcelona dengan mahar 17 juta euro alias sekitar Rp273 miliar pada 2008. Sayangnya, Hleb akhirnya jarang dapat kesempatan bermain bareng Barca.

Hleb menjadi pemain Barca hingga 2012, tetapi ia hanya membela Barca pada musim pertamanya. Selebihnya, ia dipinjamkan ke klub-klub lain. Karena itu, Hleb hanya mencatat 36 penampilan saja bersama Barca di semua ajang, tanpa sumbangan gol.

Baca Juga: Tinggalkan Arsenal, Aubameyang Sudah Tiba di Barcelona

3. Alexandre Song

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang TerbaruAlexandre Song (skysports.com)

Alexandre Song mengalami nasib yang mirip dengan Hleb ketika pindah dari Arsenal ke Barcelona. Pada awalnya, Song merupakan pemain andalan di Arsenal. Gelandang asal Kamerun ini mencatat total 205 penampilan bersama Arsenal dalam 7 musim. Namun, ketika pindah ke Barcelona pada 2012, kariernya langsung menurun.

Song kesulitan mendapatkan tempat di tim utama Barca. Ia berkostum Barcelona hingga 2016, tetapi dua kali dipinjamkan ke klub lain.

Song pun akhirnya hanya tampil 65 kali bagi Barca. Ia juga hanya meraih dua trofi saja, yaitu trofi LaLiga dan Piala Super Spanyol.

4. Thomas Vermaelen

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang TerbaruThomas Vermaelen (transfermarkt.com)

Ada pula pemain berposisi bek yang pernah pindah langsung dari Arsenal ke Barcelona. Ia adalah Thomas Vermaelen, bek tengah asal Belgia yang membela Arsenal pada 2009 hingga 2014.

Vermaelen juga merupakan andalan Arsenal saat itu. Ia bahkan sempat dipercaya jadi kapten The Gunners selama 2 tahun. Jabatan kapten Arsenal akhirnya dilepas Vermaelen karena ia pindah ke Barcelona pada 2014.

Sialnya, ia pun gagal dapat banyak kesempatan bermain bersama Barca. Namun, alasannya bukan kalah bersaing, melainkan karena berkali-kali mengalami cedera.

Vermaelen bertahan di Barcelona hingga 2019. Namun, hanya 53 pertandingan yang sempat ia mainkan bersama Barca di semua ajang. Setelah itu, Vermaelen pindah ke Liga Jepang untuk membela Vissel Kobe dan menutup kariernya di sana.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Barcelona, Aubameyang TerbaruPierre-Emerick Aubameyang (arsenal.com)

Empat pemain di atas pindah ke Barcelona pada saat karier mereka sedang meningkat bersama Arsenal. Sementara, Pierre-Emerick Aubameyang justru sebaliknya. Striker asal Gabon ini pernah begitu dipuja publik Emirates Stadium. Namun, kariernya kemudian menurun, setidaknya dalam dua musim terakhir.

Tak hanya ketajaman di depan gawang, Auba juga mulai bermasalah dengan kedisplinan pada musim 2021/2022 ini. Imbasnya, ia pun kehilangan jabatannya sebagai kapten Arsenal. Meski begitu, fans sepak bola tentu tahu bahwa Aubameyang tetaplah striker yang berkualitas.

Karena itulah Barcelona berani mendatangkanny ke Camp Nou. Barca sendiri dikabarkan tak perlu membayar uang transfer karena kontrak Auba telah diputus oleh Arsenal.

Barca tentu untung karena bisa mendapatkan Auba dengan gratis. Arsenal pun diuntungkan karena tak perlu lagi membayar beban gaji Auba yang cukup besar.

 

Jika diperhatikan, beberapa pemain Arsenal yang pindah ke Barcelona sebelum Aubameyang ternyata justru merosot kariernya. Apakah Aubameyang bakal bernasib sama seperti mereka atau sukses bangkit di Barcelona? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Striker Serie A yang Layak Gantikan Peran Aubameyang di Arsenal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya