5 Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal 

Premier League jadi tempat berkumpulnya bek kanan tangguh?

Seiring berjalannya waktu, sepak bola modern memang merubah gaya bermain, salah satunya pemain yang berposisi sebagai bek sayap. Mereka tidak hanya dituntut untuk solid dalam bertahan, tetapi juga diharuskan untuk bisa membantu serangan yang bervariasi. Selain itu, bek sayap juga dituntut untuk memiliki kelebihan dalam kecepatan berlari, memberikan assist, dan bahkan mencetak gol.

Premier League menjadi salah satu kompetisi yang cukup banyak diisi bek sayap berbakat. Sejak tahun 1992, liga ini telah berhasil memunculkan bakat-bakat terbaik di posisi bek kanan. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kunci sukses dalam kehebatan tim. Berikut ini lima bek kanan terbaik dalam sejarah Premier League.

1. Gary Neville 

5 Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal mirror.co.uk

Gary Neville merupakan bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Sepanjang kariernya, ia hanya bermain sepak bola untuk Manchester United dan menghabiskan total 17 tahun. Permainannya yang konsisten membuat sang pemain diidolai banyak penggemar sepak bola.

Soal raihan trofi, pemain satu ini tak perlu diperdebatkan lagi. Ia telah memenangi puluhan gelar bersama Manchester United. Dari 598 pertandingan di semua kompetisi, Neville mampu menciptakan 7 gol dan 47 assist. Karena kontribusinya itu, tidak mengherankan jika ia dijuluki sebagai legenda Manchester United.

2. Branislav Ivanovic 

5 Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal mundodeportivo.com

Meski sudah berusia 36 tahun, Branislav Ivanovic masih bermain aktif di Premier League. Ia saat ini membela West Brom setelah didatangkan gratis dari klub Rusia, Zenit St. Petersburg. Namun sebelum membela West Brom, pemain asal Serbia ini pernah bermain apik bersama Chelsea selama 9 tahun, dari 2008 hingga 2017.

Bersama Chelsea, ia berhasil memenangi tiga trofi Premier League dan berbagai gelar domestik maupun Eropa lainnya. Secara fisik, Ivanovic memiliki postur dan tinggi badan yang ideal sebagai seorang bek sayap. Selama membela The Blues, ia telah memainkan 377 pertandingan dan membukukan 34 gol dan 34 assist.

3. Lee Dixon 

5 Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal express.co.uk

Legenda Arsenal, Lee Dixon menjadi bek kanan selanjutnya yang berada di daftar ini. Pemain asal Inggris ini mengawali kariernya di Arsenal pada tahun 1988 setelah dibeli dari Stoke City. Bersama The Gunners, ia berhasil memenangi 12 gelar di berbagai ajang, termasuk dua trofi Premier League.

Selain itu, Dixon telah memainkan 459 pertandingan bersama Arsenal, di mana 305 pertandingan di Premier League. Ia kemudian memilih gantung sepatu pada tahun 2002.

Baca Juga: 6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!

4. Trent Alexander-Arnold 

5 Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal goal.com

Di usia yang masih cukup muda, Trent Alexander-Arnold telah menjelma menjadi salah satu bek sayap terbaik di dunia saat ini. Dalam beberapa musim terakhir, performanya sangat konsisten bersama Liverpool. Ia berhasil mengantarkan Liverpool meraih beberapa gelar bergengsi, di antaranya Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Tak hanya hebat sebagai bek kanan, pemain berusia 22 tahun ini juga dipercayai oleh Jurgen Klopp sebagai eksekutor tendangan bebas dan sepak pojok. Duetnya bersama Andy Robertson menjadikan mereka berdua sebagai duo bek sayap terbaik di dunia. Statistik Alexander-Arnold sendiri sangat cemerlang bagi seorang bek sayap, ia telah menciptakan 8 gol dan 36 assist dari 140 pertandingan di semua ajang.

5. Kyle Walker 

5 Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal skysports.com

Walaupun sudah berusia 30 tahun, Kyle Walker masih belum kehilangan kecepatan di atas lapangan. Hal itu membuatnya dinilai sebagai salah satu bek kanan terbaik di Premier League saat ini. Bahkan kualitasnya tersebut diakui langsung oleh sang pelatih, Pep Guardiola.

Karena alasan itulah, Guardiola tertarik untuk memboyongnya ke Manchester City pada tahun 2017 lalu. Bersama City, posisinya hampir tak tergantikan di posisi kanan. Walker berhasil mengantarkan The Citizens meraih gelar Premier League sebanyak dua kali berturut-turut. Sejauh ini, ia sudah menciptakan 14 assist bersama Manchester City. Selain menjadi bek kanan, Walker juga beberapa kali dimainkan Guardiola sebagai bek tengah.

Bek kanan juga menjadi salah satu posisi krusial. Selain menjadi penjaga lini pertahanan, tapi juga membantu para winger yang harus out of position ketika melakukan taktik penyerangan. Posisi bek kanan ini pun menghadirkan pemain kreatif, kuat dan skill mumpuni.

Siapa bek kanan favoritmu? Apakah bek kanan tim favoritmu berpotensi jadi yang terbaik?

Baca Juga: 8 Bek Tengah Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya