5 Bek Ternama yang Tidak Pernah Meraih Gelar Juara Liga Champions

Mereka memiliki prestasi hebat di level internasional

Bisa bermain di kompetisi sekelas Liga Champions tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemain sepak bola. Pasalnya, kompetisi tersebut merupakan ajang tertinggi di Benua Biru.

Dalam sejarahnya, sudah banyak sekali bek berkualitas yang tampil di Liga Champions. Sayangnya, tidak semua bek hebat itu mampu meraih gelar juara Liga Champions. Berikut lima bek ternama yang belum pernah memenangi trofi Liga Champions.

1. Gianluca Zambrotta 

5 Bek Ternama yang Tidak Pernah Meraih Gelar Juara Liga ChampionsGianluca Zambrotta (thesefootballtimes.co)

Gianluca Zambrotta merupakan bek sayap kanan terbaik yang pernah dimiliki Italia pada masanya. Ketika masih aktif bermain, pria kelahiran Como ini dikenal memiliki kemampuan menyerang yang hebat. Itu sebabnya ia selalu menjadi pilihan utama ketika membela Juventus, AC Milan, dan Barcelona.

Meski pernah membela sejumlah tim elite, tetapi Zambrotta tidak pernah meraih trofi Liga Champions sepanjang kariernya. Terlepas dari hal itu, prestasi sang pemain cukup baik di level internasional. Sebab ia pernah mengantarkan tim nasional Italia juara Piala Dunia 2006.

2. Lilian Thuram 

5 Bek Ternama yang Tidak Pernah Meraih Gelar Juara Liga ChampionsLilian Thuram (juventus.com)

Lilian Thuram bisa dibilang sebagai salah satu bek terbaik Prancis sepanjang masa. Bersama negaranya itu, ia berhasil memenangi sejumlah gelar bergengsi, seperti Piala Dunia 1998, Piala Eropa 2000, dan Piala Konfederasi 2003. Akan tetapi, karier sang pemain tidak terlalu mengesankan di level klub.

Thuram tercatat pernah meraih beberapa trofi domestik bersama Juventus. Namun ia tidak pernah bermain pada pertandingan final Liga Champions, apalagi memenangkannya.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Membela Juventus pada 2021/2022

3. Giorgio Chiellini 

5 Bek Ternama yang Tidak Pernah Meraih Gelar Juara Liga ChampionsGiorgio Chiellini (skysports.com)

Giorgio Chiellini sudah membela Juventus selama lebih dari 15 tahun. Dalam periodenya tersebut, ia berhasil menciptakan 551 pertandingan dan membukukan 36 gol serta 24 assist. Di samping itu, pemain asal Italia ini juga mampu memenangi total 19 gelar domestik.

Liga Champions menjadi satu-satunya trofi yang belum pernah diraih oleh Chiellini sejauh ini. Sementara di level internasional, ia berhasil memenangkan gelar juara Piala Eropa 2021.

4. Fabio Cannavaro 

5 Bek Ternama yang Tidak Pernah Meraih Gelar Juara Liga ChampionsFabio Cannavaro (skysports.com)

Fabio Cannavaro menghabiskan sebagian besar kariernya dengan bermain untuk tim-tim asal Italia. Napoli, Inter Milan, hingga Juventus menjadi sederet klub besar yang pernah sang pemain bela. Selain itu, ia juga sempat tampil bersama Real Madrid selama tiga musim.

Meski sempat membela  tim-tim elite, tetapi Cannavaro tidak pernah meraih gelar juara Liga Champions. Kendati begitu, ia sempat memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2006. Ia berhasil mendapatkan penghargaan itu karena sukses membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006.

5. Bobby Moore 

5 Bek Ternama yang Tidak Pernah Meraih Gelar Juara Liga ChampionsBobby Moore (twitter.com/westham)

Bobby Moore adalah salah satu bek andalan tim nasional Inggris pada tahun 1960-an. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya dengan bermain untuk West Ham United. Bersama klub itu, sang pemain hanya memenangi satu gelar juara, yakni Piala FA pada 1964.

Sedangkan bersama The Three Lions, Moore mampu mempersembahkan trofi Piala Dunia 1966. Meski memiliki nama yang besar pada era saat itu, tetapi ia gagal meraih gelar Liga Champions.

Giorgio Chiellini menjadi satu-satunya pemain yang belum pensiun dalam daftar tersebut. Mengingat usianya yang sudah menginjak 37 tahun, ia sepertinya bakal gantung sepatu dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italia

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya