5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italia

Cristiano Ronaldo masuk daftar ini kala membela Juventus

Serie A dikenal sebagai kompetisi para pemain veteran. Penilaian ini bisa jadi benar jika kita melihat sejarahnya. Klub Italia cukup sering mendatangkan pemain bintang pada pengujung kariernya.

Meski demikian, atmosfer Serie A dinilai tepat bagi pemain veteran karena gaya bermain yang lambat dan taktikal. Tidak mengherankan jika daftar top scorer dalam sejarah Serie A terdapat pemain-pemain veteran.

1. Fabio Quagliarella (36 tahun)

5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italiapotret Fabio Quagliarella (football-italia.net)

Pada 2018/2019, Fabio Quagliarella menyamai rekor Gabriel Batistuta tahun 1994 dengan mencetak gol dalam sebelas pertandingan berturut-turut di Serie A. Hebatnya lagi, striker Sampdoria itu menutup musim sebagai top scorer dengan koleksi 26 gol. Dia mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Saat itu, sang striker sudah berusia 36 tahun dan kini masih aktif bermain pada usia 39 tahun. Sepanjang kariernya di Serie A, dia sudah memainkan 520 pertandingan dengan torehan 178 gol.

2. Cristiano Ronaldo (35 tahun)    

5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italiapotret Cristiano Ronaldo (juventus.com)

Cristiano Ronaldo datang ke Juventus pada usia yang tidak muda lagi, 33 tahun. Namun, itu tidak menjadi penghambat dirinya untuk menaklukan Serie A. Sepanjang 3 musim di Juventus, Cristiano Ronaldo sukses mencetak 101 gol dari 134 pertandingan. Dia juga memecahkan banyak rekor, termasuk lima puluh gol tercepat milik Andriy Shevchenko.

Pada 2020/2021, Cristiano Ronaldo menjadi top scorer Serie A dengan menorehkan 26 gol. Dia mengalahkan striker top yang lebih muda, seperti Romelu Lukaku dan Dusan Vlahovic. Usia Ronaldo kala itu adalah 35 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Meraih Scudetto Sekaligus Top Skor di Serie A

3. Dario Hubner (35 tahun)

5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italiapotret Dario Hubner (twitter.com/footballitalia)

Pencinta Serie A era 1990 dan 2000-an pasti mengenal nama Dario Hubner. Meski sepanjang kariernya hanya membela klub-klub medioker, torehan golnya cukup mengesankan. Dia mencatat 74 gol dari 143 pertandingan Serie A.

Luar biasanya, performanya makin tajam pada usia 30-an. Pada 2001/2002, dia mencetak 24 gol untuk Piacenza yang menjadikannya top scorer tertua saat itu dengan usia 35 tahun.

4. Antonio Di Natale (34 tahun)

5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A ItaliaAntonio Di Natale (90min.com)

Aging like wine adalah definisi dari Antonio Di Natale. Dia menghabiskan sebagian besar kariernya selama 22 tahun dengan berkostum Udinese. Dia mengoleksi 227 gol dari 445 pertandingan Udinese. Sepanjang kariernya, dia pernah menyabet dua kali gelar top scorer Serie A.

Luar biasanya, dia melakukannya 2 musim beruntun pada 2009/2010 (29 gol) dan 2010/2011 (28 gol). Saat itu, usianya 33 tahun dan 34 tahun. Meski tidak ada trofi yang pernah dia persembahkan untuk klub, Di Natale adalah legenda di Serie A.

5. Alessandro Del Piero (34 tahun)  

5 Pemain Tertua yang Pernah Meraih Gelar Top Scorer Serie A Italiapotret Alessandro Del Piero (juventus.com)

Alessandro Del Piero adalah bintang Serie A era 2000-an dan legenda Juventus. Dia berkostum Bianconerri selama hampir 19 tahun dengan mempersembahkan 6 Scudetto dan 1 trofi Liga Champions. Dia juga mencatatkan 290 gol dan 140 assist dari 705 pertandingan untuk Juventus.

Gol terakhirnya untuk Juventus terjadi saat dia berusia 37 tahun. Dia kemudian berpetualang ke Liga Australia dan India sebelum gantung sepatu pada usia 40 tahun.

Bertambahnya usia memang makin mengurangi kekuatan seorang pesepak bola. Namun, tidak berarti mengurangi kemampuan mencetak gol. Lima pemain di atas membuktikan jika usia hanyalah angka. Ada pemain idolamu?

Baca Juga: 5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie A

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya