Comscore Tracker

Bermain Bagus, 5 Gelandang Top Ini Justru Sangat Jarang Diapresiasi

Padahal mereka selalu menjadi andalan di lini tengah 

Sepak bola merupakan olahraga yang cenderung berorientasi pada serangan. Itu sebabnya para pemain yang berposisi sebagai penyerang lebih mendapatkan banyak sorotan daripada pemain lain. Walau begitu, bukan berarti para gelandang tidak memiliki peran penting dalam sebuah laga.

Gelandang sendiri memiliki tugas yang sangat berat karena harus menjadi roda penggerak sebuah tim. Permainan lambat atau cepat dari sebuah klub tergantung dari lini tengahnya.

Tapi, dari sekian banyak gelandang hebat di kompetisi Eropa saat ini, ada sejumlah nama yang justru kerap dipandang sebelah mata. Padahal, permainan mereka sangat baik dan selalu menjadi andalan di lini tengah. Lantas, siapa saja gelandang top yang dimaksud? Check this out!

1. Fabian Ruiz 

Bermain Bagus, 5 Gelandang Top Ini Justru Sangat Jarang DiapresiasiFabian Ruiz (football-espana.net)

Fabian Ruiz bisa dibilang sebagai salah satu gelandang hebat di kompetisi Serie A saat ini. Pemain asal Spanyol itu memang dikenal sebagai gelandang yang memiliki visi bermainan yang sangat baik.

Dampak besar selalu diberikan sang pemain setiap pertandingannya. Keberadaan Ruiz terbukti sangat membantu Napoli untuk bersaing di papan atas Serie A musim ini.

Pemain berusia 25 tahun itu sejauh ini tampil sangat baik dengan menciptakan 5 gol serta 2 assists dari 15 laga. Meski bermain cemerlang, tapi sangat jarang pencinta sepak bola membicarakan tentang sosok Ruiz.

2. Marcelo Brozovic 

Bermain Bagus, 5 Gelandang Top Ini Justru Sangat Jarang DiapresiasiMarcelo Brozovic (sempreinter.com)

Marcelo Brozovic merupakan salah satu sosok kunci dalam keberhasilan Inter Milan meraih gelar Scudetto pada musim 2020/2021. Musim itu ia membuat 33 pertandingan di kasta tertinggi Italia.

Banyak penggemar yang menyebut bahwa Brozovic memiliki gaya bermain yang sangat mirip dengan legenda Chelsea, Frank Lampard. Itu semua tidak terlepas dari kehebatan sang pemain dalam menjalankan peran sebagai gelandang box-to-box.

Hebatnya lagi, Brozovic selalu tampil dengan Inter Milan tanpa kehilangan satu laga pun di musim ini. Kendati begitu, tak banyak yang mengapresiasi kualitas sang pemain.

Baca Juga: 5 Gelandang Tengah Terbaik dalam 10 Tahun Terakhir, Siapa Saja?

3. Mateo Kovacic 

Bermain Bagus, 5 Gelandang Top Ini Justru Sangat Jarang DiapresiasiMateo Kovacic (skysports.com)

Chelsea saat ini dikenal sebagai klub yang memiliki skuad mewah di setiap posisi. Khusus di lini tengah, Thomas Tuchel memiliki banyak sekali opsi untuk dimainkan.

Walau begitu, pria asal Jerman ini tetap memilih Mateo Kovacic dalam sejumlah pertandingan penting. Dipilihnya gelandang asal Kroasia ini tentu bukan tanpa alasan.

Kovacic dikenal sangat jago dalam mengontrol permainan. Di samping itu, gelandang berusia 27 tahun ini juga memiliki visi dan jangkaun umpan yang bagus.

Musim ini, ia telah tampil sebanyak 13 kali dengan mencetak 1 gol serta 5 assists. Meski bermain apik, tapi Kovacic kerap kali dipandang sebelah mata.

4. Jordan Henderson 

Bermain Bagus, 5 Gelandang Top Ini Justru Sangat Jarang DiapresiasiJordan Henderson (liverpoolfc.com)

Jordan Henderson sudah merasakan pahit dan manisnya bermain sepak bola. Di awal kariernya membela Liverpool, klubnya tersebut hanya bisa meramaikan papan tengah Premier League.

Namun, sejak diambil alih Jurgen Klopp, Henderson dan kolega berhasil merasakan berbagai gelar juara, termasuk Premier League dan Liga Champions. Keberhasilan The Reds itu tidak terlepas dari strategi gegenpressing yang diterapkan oleh Klopp.

Dalam skema itu, Henderson memainkan peran yang sangat penting di lini tengah. Tidak hanya bertugas memotong aliran bola, ia juga mampu menciptakan peluang-peluang berbahaya melalui umpan-umpannya. Meski begitu, sangat jarang melihat Henderson mendapatkan pujian.

5. Leon Goretzka 

Bermain Bagus, 5 Gelandang Top Ini Justru Sangat Jarang DiapresiasiLeon Goretzka (fcbayern.com)

Leon Goretzka merupakan salah satu gelandang berkualitas di kompetisi Jerman. Ia tercatat telah mengalami transformasi besar-besaran dalam karier profesionalnya.

Bahkan, sejak bergabung dengan Bayern Munchen, performa sang pemain semakin meningkat dari hari ke hari. Bersama Joshua Kimmich, mereka berhasil membentuk duet yang hebat di lini tengah.

Karena kualitasnya yang menjanjikan, tidak mengherankan jika Goretzka dianggap banyak orang memiliki karakter bermain mirip seperti Michael Ballack dan Lothar Matthaus. Musim ini, ia telah mencetak 2 gol dan 2 assists dari 12 laga di Bundesliga.

 

Meski jarang mendapatkan apresiasi, kelima gelandang itu tetap berhasil menunjukkan permainan terbaiknya di setiap pertandingan. Dari nama-nama itu, adakah gelandang klub idolamu?

Baca Juga: 5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya