6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023

Ada yang baru bergabung 4 bulan, tetapi hengkang

Bursa transfer musim dingin 2023 resmi dibuka. Momen ini biasanya digunakan para pemain sepak bola untuk pindah klub. Nama-nama seperti Mykhaylo Mudryk, Enzo Fernandez, hingga Joao Felix pun menghiasi pemberitaan kali ini.

Selain bisa merekrut pemain dengan harga mahal, klub-klub Eropa juga dapat menggaet sejumlah pemain secara gratis. Sebab, ada beberapa bintang yang berstatus tanpa klub per Januari 2023.

Siapa saja bintang sepak bola yang belum menemukan pelabuhan baru tersebut? Simak ulasan berikut ini, yuk!

1. Isco 

6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023Isco (instagram.com/iscoalarcon)

Isco sebenarnya baru bergabung dengan Sevilla pada musim panas 2022 lalu. Akan tetapi, gelandang asal Spanyol itu hanya bertahan selama 4 bulan di Ramon Sanchez Pizjuan. Ia mencatatkan 19 penampilan di berbagai ajang dan mencetak 1 gol serta 3 assist.

Meski performanya cukup baik, Isco tetap memutuskan untuk meninggalkan Sevilla belum lama ini. Ia kabarnya memilih langkah itu karena kepergian Julen Lopetegui. Sebab, di bawah asuhan Jorge Sampaoli, pemain berusia 30 tahun itu tidak lagi menjadi pilihan utama.

2. Loris Karius 

6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023Loris Karius (instagram.com/loriskarius)

Krisis penjaga gawang membuat Newcastle United merekrut Loris Karius pada awal musim 2022/2023. Eks kiper Liverpool itu dikontrak jangka pendek oleh The Magpies hingga Januari 2023, dengan opsi perpanjangan 6 bulan andaikan performanya memuaskan.

Sayangnya, Karius tidak menampilkan satu pun pertandingan bersama Newcastle musim ini. Alhasil, kontrak kiper berusia 29 tahun tersebut tidak diperpanjang. Sebagai gantinya, Newcastle memanggil kembali Martin Dubravka yang sempat dipinjamkan ke Manchester United.

3. Hatem Ben Arfa 

6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023Hatem Ben Arfa (instagram.com/hatembenarfaofficiel)

Hatem Ben Arfa merupakan gelandang berkualitas pada masanya. Ia tercatat pernah bermain untuk sejumlah tim top Eropa, seperti Olympique Lyon, Newcastle United, Paris Saint-Germain, hingga LOSC Lille.

Ben Arfa sendiri sudah menganggur sejak Juli 2022 lalu. Walau umurnya sudah 35 tahun, ia masih bisa menjadi pemain yang berpengaruh asalkan main di klub yang tepat.

Baca Juga: Dilepas ke Sevilla, Bagaimana Kiprah Isco selama Membela Real Madrid?

4. Danny Drinkwater 

6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023Danny Drinkwater (instagram.com/dannydrinkwater)

Danny Drinkwater menikmati puncak kariernya saat membela Leicester City. Ia saat itu berhasil membawa tim merengkuh gelar juara English Premier League (EPL) 2015/2016. Sang pemain kemudian hengkang ke Chelsea pada musim panas 2017.

Diprediksi bakal tampil apik, karier Drinkwater justru merosot tajam setelah bergabung dengan The Blues. Ia tidak mendapatkan kesempatan bermain secara reguler di lini tengah sehingga dipinjamkan ke sejumlah klub. Setelah kontraknya bersama Chelsea berakhir pada Juli 2022, gelandang berusia 32 tahun itu hingga kini belum menemukan klub baru.

5. Eliaquim Mangala 

6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023Eliaquim Mangala (instagram.com/eliamangala)

Eliaquim Mangala mulai dikenal banyak orang ketika bermain untuk Manchester City. Bersama klub tersebut, ia sukses memenangi sejumlah gelar domestik. Sayangnya, kehadiran Pep Guardiola pada 2016 silam membuat posisi Mangala tersingkir.

Bek asal Prancis itu kemudian hengkang ke Valencia dengan status bebas transfer pada musim panas 2019. Setelah 2 tahun di Liga Spanyol, Mangala pindah ke kompetisi Prancis dengan membela Saint-Etienne. Setelah kontraknya habis bersama Saint-Etienne per Juli 2022, pemain berumur 31 tahun itu hingga belum juga menemukan pelabuhan baru.

6. Simone Zaza 

6 Bintang Sepak Bola yang Berstatus Tanpa Klub per Januari 2023Simone Zaza (twitter.com/TorinoFC_1906)

Simone Zaza dikenal sebagai pesepak bola yang kerap bergonta-ganti klub. Sepanjang karier profesionalnya, ia tercatat membela sembilan tim berbeda. Torino menjadi klub terakhir yang dibela pemain berkepala plontos tersebut.

Zaza sendiri berstatus bebas transfer sejak Agustus 2022. Itu artinya, Zaza tidak bermain sepak bola secara profesional selama 5 bulan terakhir. Padahal, ia sempat menjadi andalan Timnas Italia di lini serang dengan 18 penampilan.

Meski usianya tidak lagi muda, sederet pemain di atas tetap memiliki kualitas mumpuni. Mereka masih layak bermain di kompetisi top Eropa.

Baca Juga: 5 Transfer Termahal sebelum Bursa Transfer Musim Dingin 2023 Dibuka

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya