5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Vs Leeds United di EPL

Liverpool bantai Leeds dengan skor 6-0 di Anfield

Liverpool berhasil mengalahkan Leeds United dalam pertandingan tunda pekan ke-19 Premier League, Kamis (24/02/2022). Tidak tanggung-tanggung, tim asuhan Jurgen Klopp itu mampu menaklukkan Leeds dengan skor 6-0 di Anfield.

Gol-gol The Reds diciptakan oleh Mohamed Salah (2 gol), Sadio Mane (2 gol), Joel Matip, dan Virgil van Dijk. Setelah laga tersebut berakhir, tentu saja terdapat sejumlah catatan menarik. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Leeds United menjadi tim paling banyak kebobolan di Premier League 

5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Vs Leeds United di EPLMarcelo Bielsa (skysports.com)

Tim asuhan Marcelo Bielsa bisa dibilang tampil cukup mengecewakan sepanjang gelaran Premier League musim 2021/2022. Pasalnya, mereka saat ini hanya berada di posisi ke-15 hingga pekan ke-26. Selain itu, Leeds United juga menjadi tim terbanyak kebobolan di Premier League musim ini.

Gawang Illan Meslier total sudah kemasukan 56 gol dari 25 pertandingan. Jika di rata-rata, Leeds selalu kebobolan dua gol per pertandingannya.

2. Liverpool menjadi klub terbanyak yang memperoleh penalti dalam sejarah Premier League 

5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Vs Leeds United di EPLMomen ketika Mohamed Salah mencetak gol melalui tendangan penalti saat menghadapi Leeds United di Premier League. (twitter.com/SquawkaNews)

Dalam pertandingan melawan Leeds United, Liverpool mendapatkan dua tendangan penalti. Keduanya sukses dieksekusi oleh Mohamed Salah menjadi gol pada menit ke-15 dan 35.

Kini, Liverpool sudah dianugerahi 170 penalti di kompetisi Premier League. Catatan itu lebih banyak dari tim manapun yang bermain di kasta tertinggi Inggris tersebut. Di urutan kedua ada Manchester United yang dianugerahi 169 penalti di Premier League.

Baca Juga: 10 Pemain yang Membela Liverpool dan Leeds United di Premier League

3. Virgil van Dijk samai rekor legenda Manchester United 

5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Vs Leeds United di EPLVirgil van Dijk (skysports.com)

Pertandingan menghadapi Leeds United tentu saja sangat berkesan bagi Virgil van Dijk. Pasalnya, ia berhasil mencetak satu gol dalam laga tersebut. Selain itu, bek asal Belanda ini juga sukses menciptakan clean sheet bagi Liverpool.

Namun, lebih menariknya lagi, van Dijk telah menyamai rekor legenda Manchester United, Lee Sharpe. Van Dijk tidak pernah kalah dalam 59 pertandingan kandang Premier League bersama Liverpool. Dari seluruh laga tersebut, ia mampu menciptakan 51 kemenangan dan 8 hasil imbang.

4. Mohamed Salah dan Sadio Mane jadi raja di Premier League 

5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Vs Leeds United di EPLMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah dan Sadio Mane masing-masing mencetak dua gol ketika menghadapi Leeds United. Tambahan gol itu membuat mereka berada dalam daftar teratas pencetak gol terbanyak Premier League musim 2021/2022.

Tidak hanya itu, mereka berdua juga saat ini berstatus sebagai pemain Afrika dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Salah sudah membukukan 116 gol dan Mane telah mencetak 105 gol. Keduanya mampu melewati torehan Didier Drogba yang menciptakan 104 gol di ajang Premier League.

5. Gol keenam Joel Matip di Premier League 

5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Vs Leeds United di EPLSelebrasi para pemain Liverpool setelah Joel Matip mencetak gol ke gawang Leeds United di Premier League. (twitter.com/SquawkaNews)

Joel Matip sudah membela Liverpool sejak tahun 2016 lalu. Sejauh ini ia telah menciptakan 152 pertandingan bersama The Reds di berbagai kompetisi.

Dari seluruh laga itu, sang pemain mampu mencetak 7 gol serta 4 assists. Khusus di kompetisi Premier League, Matip mampu mengoleksi 6 gol dan 3 assists dari 116 penampilan.

Golnya yang tercipta ke gawang Leeds United juga tergolong unik. Sebab, Matip melakukan akselerasi hingga kotak penalti lawan, sebelum akhirnya mencetak gol setelah menerima umpan Mohamed Salah.

 

Kemenangan atas Leeds United membuat Liverpool hanya terpaut tiga poin dari Manchester City di puncak klasemen Premier League. Sementara itu, Liverpool bakal menghadapi Chelsea di pertandingan final Piala Liga Inggris pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Liverpool Curi Poin Penuh Atas Leeds

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya