6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford Bridge

Perburuan tiket Liga Champions semakin seru!

Arsenal berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan tunda pekan ke-25 English Premier League (EPL). Bersua Chelsea di Stamford Bridge, Kamis (21/4/2022) dini hari WIB, Arsenal menang dengan skor telak 4-2.

Gol-gol The Gunners diciptakan oleh Eddie Nketiah (dua gol), Emile Smith Rowe, dan Bukayo Saka. Sementara itu, dua gol The Blues dihasilkan oleh Timo Werner dan Cesar Azpilicueta. Tidak hanya menghasilkan hujan gol, laga tersebut juga menciptakan sejumlah catatan menarik. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Eddie Nketiah ciptakan rekor pribadi 

6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford BridgeEddie Nketiah ketika mencetak gol ke gawang Chelsea di English Premier League. (twitter.com/Squawka)

Sebelum laga melawan Chelsea, Eddie Nketiah belum pernah menciptakan gol di kompetisi Premier League musim 2021/2022. Namun, sekalinya mencetak gol, ia langsung memborong dua gol sekaligus. Itu menjadi brace pertama bagi sang pemain di kasta tertinggi Inggris.

Di samping itu, Nketiah jadi pemain Arsenal pertama yang berhasil mencetak dua gol ke gawang Chelsea sejak Oktober 2011. Robin van Persie terakhir kali melakukannya dengan menciptakan hat-trick.

2. Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka sama-sama mencetak sepuluh gol di Premier League 

6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford BridgeBukayo Saka dan Emile Smith Rowe (skysports.com)

Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka juga menjadi bintang dalam pertandingan melawan Chelsea dini hari tadi. Kedua pemain jebolan akademi Arsenal itu masing-masing mencetak satu gol ke gawang Edouard Mendy.

Kini, mereka sama-sama mencetak sepuluh gol di kompetisi Premier League 2021/2022. Catatan itu membuat mereka menjadi pemain U-21 ketiga yang mampu melakukan hal tersebut. Sebelumnya, ada Bridges serta Kewell untuk Leeds United pada musim 1999/2000, dan Rooney serta Ronaldo untuk Manchester United pada musim 2006/2007.

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Terbanyak Laga Chelsea vs Arsenal di Premier League

3. April menjadi bulan yang tidak bersahabat bagi Chelsea 

6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford BridgeThomas Tuchel (planetfootball.com)

Kekalahan 4-2 dari Arsenal membuat Chelsea mencatatkan rekor buruk. Kini, klub asal London Barat itu sudah tiga kali kebobolan sebanyak tiga gol lebih di Stamford Bridge dalam ajang Premier League di bawah asuhan Thomas Tuchel.

Menariknya, semua catatan tersebut tercipta pada bulan April. Momen pertama terjadi saat Chelsea dibantai West Brom dengan skor 2-5 pada 3 April 2021. Sementara itu, laga lainnya datang saat Chelsea menghadapi Brentford pada 2 April 2022 dengan skor 1-4.

4. Thiago Silva menjadi pemain tertua dalam sejarah Chelsea 

6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford BridgeThiago Silva (planetfootball.com)

Dalam pertandingan dini hari tadi, Thiago Silva dimasukkan Thomas Tuchel pada awal babak kedua. Bek asal Brasil itu menggantikan peran Andreas Christensen. Ia memang gagal membawa klubnya meraih kemenangan, tapi ada hal menarik yang berhasil diciptakan Silva.

Mantan pemain PSG tersebut saat ini menjadi pemain tertua yang pernah membela The Blues, yakni 37 tahun 210 hari. Silva melewati catatan Graham Rix yang berusia 37 tahun 203 hari saat melawan Arsenal pada Mei 1995.

5. Pertandingan ke-100 Mason Mount di Premier League 

6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford BridgeMason Mount (planetfootball.com)

Mason Mount menorehkan pertandingan ke-100 di kompetisi Premier League saat menghadapi Arsenal dini hari tadi. Dari seluruh penampilannya itu, sang pemain berhasil membukukan total 23 gol serta 21 assists.

Di sisi lain, Mount menjadi pemain termuda keempat yang menciptakan hal tersebut dengan usia 23 tahun 100 hari. Ia hanya kalah muda dari John Obi Mikel, John Terry dan Eddie Newton.

6. Mikel Arteta belum pernah kalah di Stamford Bridge 

6 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Chelsea di Stamford BridgeMikel Arteta (twitter.com/Squawka)

Mikel Arteta ditunjuk menjadi pelatih Arsenal sejak Desember 2019. Di bawah asuhannya, Arsenal sudah tiga kali menghadapi Chelsea di Stamford Bridge. Menariknya, dari seluruh laga itu, The Gunners belum pernah sekalipun menderita kekalahan.

Arsenal menorehkan dua kemenangan dan satu imbang. Catatan tersebut tentu sangat istimewa. Sebagai perbandingan, Arsenal hanya mampu meraih dua kemenangan di Stamford Bridge dari musim 2004/2005 hingga 2018/2019.

 

Tambahan tiga poin membuat Arsenal menghuni posisi kelima dengan perolehan 57 poin. Di sisi lain, Chelsea masih tertahan di urutan ketiga dengan perolehan 62 poin.

Pada pekan berikutnya, Arsenal akan menghadapi Manchester United, sedangkan Chelsea bakal melawan West Ham United. Perburuan tiket Liga Champions menjadi lebih sengit!

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Terbanyak Laga Chelsea vs Arsenal di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya