6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPL

Kalah lagi bikin MU tertahan di urutan ketujuh

Pada pekan ke-32 English Premier League (EPL), Manchester United secara mengejutkan kalah dari Everton dengan skor 0-1 di Goodison Park, Sabtu (9/4/2022) malam WIB. Satu-satunya gol di pertandingan tersebut diciptakan oleh Anthony Gordon pada menit ke-27.

Hasil tersebut membuat Manchester United tertahan di urutan ketujuh. Sementara itu, tambahan tiga poin membuat Everton menjauh dari zona degradasi. Tim asuhan Frank Lampard tersebut unggul empat poin dari Burnley yang berada di urutan ke-18.

Pertandingan antara Everton melawan Manchester United juga menghasilkan sejumlah catatan menarik. Apa saja catatan tersebut? Simak lewat ulasan berikut ini!

1. Ralf Rangnick menciptakan rekor buruk 

6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPLpotret Ralf Rangnick (skysports.com)

Ralf Rangnick sudah menangani Manchester United di kompetisi Premier League sebanyak 16 pertandingan. Dari seluruh laga itu, pria asal Jerman tersebut berhasil membawa Setan Merah meraih 8 kemenangan, 5 imbang, dan 3 kekalahan.

Jika dihitung secara keseluruhan, Manchester United hanya memiliki persentase kemenangan sebesar 47% di bawah asuhan Rangnick. Itu menjadi tingkat kemenangan terendah Setan Merah di bawah pelatih manapun di kompetisi Premier League.

2. Penampilan ke-200 Marcus Rashford di Premier League 

6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPLpotret Marcus Rashford (planetfootball.com)

Pertandingan menghadapi Everton sebenarnya cukup spesial bagi Marcus Rashford. Pasalnya, penyerang asal Inggris tersebut memainkan laga ke-200 di kasta tertinggi Inggris. Ia menorehkan catatan tersebut saat umurnya 24 tahun 160 hari.

Kini sang pemain berstatus sebagai pemain termuda yang mencapai 200 laga untuk Manchester United di Premier League. Ia melewati torehan Ryan Giggs yang berusia 24 tahun 295 hari. Sayangnya, di laga melawan Everton, Rashford gagal membawa Manchester United meraih kemenangan.

Baca Juga: Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier League

3. Kemenangan perdana Frank Lampard dari Manchester United 

6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPLpotret Frank Lampard (twitter.com/Squawka)

Selama menjabat sebagai pelatih, Frank Lampard sudah bertemu dengan Manchester United sebanyak empat kali di kompetisi Premier League. Tiga laga di antaranya datang saat dirinya masih melatih Chelsea. Namun, dari semua pertandingan itu, ia gagal membawa The Blues meraih kemenangan.

Anehnya, Lampard hanya membutuhkan satu pertandingan bersama Everton untuk mengalahkan Setan Merah di Premier League. Padahal, komposisi skuad Everton di atas kertas jauh di bawah Chelsea.

4. Bulan April yang sangat istimewa bagi Everton 

6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPLPara pemain Everton melakukan selebrasi setelah Anthony Gordon mencetak gol ke gawang Manchester United di Premier League. (twitter.com/premierleague)

Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, Everton hanya mampu mengalahkan Manchester United sebanyak empat kali di kompetisi Premier League. Uniknya, semua momen tersebut tercipta pada bulan April.

  • Everton 2-0 Manchester United (20 April 2014)
  • Everton 3-0 Manchester United (26 April 2015)
  • Everton 4-0 Manchester United (21 April 2019)
  • Everton 1-0 Manchester United (09 April 2022)

5. Juan Mata kembali bermain di Premier League 

6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPLpotret Juan Mata (planetfootball.com)

Pertandingan Everton melawan Manchester United cukup berkesan bagi Juan Mata. Meski klubnya menderita kekalahan, ia akhirnya kembali dimainkan di kompetisi Premier League.

Pemain asal Spanyol itu terakhir kali tampil di kasta tertinggi Inggris pada 23 Mei 2021 silam. Momen itu tercipta saat Manchester United menghadapi Wolves. Sedangkan, sepanjang musim 2021/2022, Mata lebih sering duduk di bangku cadangan.

6. Manchester United sudah lama tidak mencatatkan clean sheet

6 Catatan Menarik Kemenangan Everton atas Manchester United di EPLAksi Marcus Rashford dalam pertandingan Everton melawan Manchester United di Premier League. (twitter.com/ManUtd_Es)

Kekalahan dari Everton tidak hanya membuat Manchester United pulang dengan tangan kosong. Setan Merah otomatis juga gagal mencatatkan clean sheet. Kini tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut sudah menjalani sembilan laga tandang berturut-turut tanpa menciptakan clean sheet.

Clean sheet tandang terakhir Manchester United tercipta saat melawan Norwich di Premier League pada 11 Desember 2021 lalu. Itu artinya, tim asuhan Ralf Rangnick belum mencatatkan clean sheet tandang sepanjang tahun 2022. Hal tersebut tentu sangat buruk bagi tim sekelas Manchester United.

Pada pekan selanjutnya, Everton akan menghadapi Leicester City di Goodison Park, Kamis (21/4/2022) dini hari WIB. Sementara itu, Manchester United bakal menjamu Norwich di Old Trafford, Sabtu (16/4/2022) malam WIB. Kemenangan menjadi hal yang wajib bagi kedua tim agar bisa memperbaiki posisinya di klasemen Premier League.

Baca Juga: Everton Curi Poin Penuh Atas Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya