Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier League

Sebagian meraihnya bersama Liverpool

Di pentas English Premier League (EPL), Southampton bisa disebut sebagai klub kelas menengah minim prestasi. Itu sebabnya banyak talenta yang diorbitkan klub berjuluk The Saints tersebut memilih hijrah ke tim yang lebih besar.

Sudah ada banyak pemain yang dilepas Southampton. Karier sebagian pemain masih flop, sedangkan sebagian lainnya meraih sukses, bahkan mampu merebut titel Premier League serta menjadi legenda di klub barunya.

1. Alan Shearer

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueAlan Shearer (twitter.com/premierleague)

Bersinar bersama Blackburn Rovers dan Newcastle United, Alan Shearer ternyata mengawali karier profesional di Southampton. Mantan juru gedor timnas Inggris itu memperkuat The Saints dalam kurun waktu 1988—1992 sebelum pindah ke Blackburn Rovers.

Bersama Rovers, Shearer akhirnya menjadi salah satu penyerang tajam di Inggris. Puncaknya terjadi pada 1994/1995. Ia berhasil menjuarai Premier League sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik liga dan pencetak gol terbanyak kompetisi dengan 34 gol.

2. Tim Flowers

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueTim Flowers (twitter.com/goal)

Penjaga gawang kelahiran Inggris ini memulai karier profesional bersama Wolverhampton Wanderers pada 1984. Cuma 2 musim di Wolves, Tim Flowers pindah ke Southampton. Ia membela The Saints hingga 1993 sebelum memilih hengkang ke Blackburn Rovers.

Di klub yang berasal dari kawasan Lancashire ini, Flowers akhirnya meraih trofi Premier League, tepatnya pada 1994/1995. Bertahan hingga 1999, ia pindah ke Leicester City, tetapi lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Flowers kemudian memutuskan pensiun pada 2003.

3. Wayne Bridge

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueWayne Bridge (twitter.com/waynebridge)

Wayne Bridge merupakan produk asli Southampton dan memulai karier profesionalnya pada 1998. Ia mampu bermain reguler di pos bek kiri. Setelah tampil dalam 151 pertandingan di liga domestik, Bridge memutuskan menerima pinangan Chelsea pada Juli 2003.

Musim pertamanya di London berakhir tanpa gelar. Namun, pada musim kedua, Bridge sukses menjuarai Premier League. Chelsea sebenarnya kembali juara liga pada 2005/2006. Sayangnya, Bridge gagal mendapatkan medali karena tidak memenuhi syarat minimal bermain.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik yang Pernah Dimiliki Southampton

4. Adam Lallana

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueAdam Lallana (twitter.com/CaptainLallana)

Southampton adalah klub pertama Adam Lallana menapaki karier di pentas Liga Inggris pada 2006 silam. Ia lantas berkembang menjadi salah satu gelandang kunci The Saints dan sempat menjadi kapten tim, yang membuat Liverpool menariknya pada medio 2014.

Pada awal kedatangannya, Lallana sebenarnya mampu menjadi pilihan reguler. Sayangnya, rentetan cedera membuatnya makin terpinggirkan. Meski demikian, ia menjadi anggota The Reds saat menjuarai Premier League 2019/2020 sekaligs musim terakhirnya di Anfield.

5. Sadio Mane

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueSadio Mane (twitter.com/SMane_Officiel)

Sadio Mane didatangkan Southampton dari Red Bull Salzburg pada September 2014. Hanya butuh 2 musim bagi Sane untuk membuat tim sekelas Liverpool tertarik kepada talentanya. Penyerang berpaspor Senegal ini akhirnya resmi diboyong The Reds pada Juni 2016.

Membentuk trio menakutkan bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, Mane membuat sepak bola Liverpool berada di level yang berbeda. Hasilnya, ia menjuarai Premier League 2019/2020 setelah musim sebelumnya merajai pentas UEFA Champions League.

6. Alex Oxlade-Chamberlain

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueAlex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/LFC)

Alex Oxlade-Chamberlain mengenyam pendidikan sepak bola di akademi Southampton pada 2000. Ia akhirnya dipanggil memperkuat tim senior pada 2010. Cuma semusim di tim utama, ia dilirik Arsenal dan diboyong pada Agustus 2011.

Bersama Arsenal, Oxlade-Chamberlain masing-masing tiga kali menjuarai FA Cup dan FA Commuity Shield. Namun, trofi Premier League justru diraihnya saat pindah ke Liverpool. Selain Liga Inggris, ia juga memenangi UEFA Champions League dan UEFA Super Cup bersama The Reds.

7. Virgil van Dijk

Pindah dari Southampton, 7 Pemain Ini Akhirnya Juara Premier LeagueVirgil van Dijk (twitter.com/livecholfc)

Southampton bukan klub pertama Virgil van Dijk di Inggris Raya. Bek berpaspor Belanda ini sempat merumput di Glasgow Celtic pada 2013—2015. Namun, namanya memang mencuat saat berseragam The Saints, yang membuatnya diboyong Liverpool pada 2018.

Bersama The Reds, Van Dijk berubah menjadi salah satu bek terbaik di dunia. Ia sejauh ini sudah mengantarkan Liverpool menjuarai Premier League, EFL Cup, UEFA Champions League, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup. Trofi apa lagi yang bakal direbut Van Dijk?

Selain nama-nama di atas, sebenarnya masih ada Luke Shaw yang menjadi salah satu talenta berbakat didikan Southampton. Namun, hingga detik ini, bek internasional Inggris itu belum berhasil menjuarai Premier League bersama Manchester United.

Baca Juga: 7 Pemain Manchester United yang Pernah Membela Southampton

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya