5 Catatan Menarik Newcastle United Lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023

Newcastle United baru kalah sekali musim ini 

Newcastle United kembali menunjukkan kualitasnya pada pekan ke-16 English Premier League (EPL) 2022/2023. Bersua Chelsea di St James Park, Minggu (13/11/2022) dini hari WIB, anak asuh Eddie Howe itu berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0.

Pertandingan ini berjalan sangat sengit. Tidak ada gol tercipta pada babak pertama. The Magpies baru memastikan raihan tiga poin usai Joe Willock mencetak gol pada menit ke-67.

Simak sederet catatan menarik Newcastle United lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023!

1. Chelsea gagal meraih kemenangan dalam lima laga terakhir di Premier League 

5 Catatan Menarik Newcastle United Lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023Skuad Chelsea ketika melawan Newcastle United pada pekan ke-16 EPL 2022/2023. (twitter.com/ChelseaFC)

Terlepas dari performa apik Newcastle United, hasil yang diraih Chelsea dini hari tadi sulit diterima. Sebab, The Blues tengah berada dalam situasi berat saat ini.

Mereka tidak pernah meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di Premier League. Dari seluruh laga itu, Mason Mount dan kolega hanya mencatatkan 2 imbang dan 3 kekalahan.

Bahkan, tiga kekalahan itu diderita Chelsea secara berturut-turut. Dengan catatan tersebut, Graham Potter menorehkan sebuah rekor buruk yang tidak pernah dilakukan lima pelatih Chelsea sebelumnya, yakni Guus Hiddink, Antonio Conte, Maurizio Sarri, Frank Lampard, dan Thomas Tuchel.

2. Newcastle United jadi tim yang paling sedikit kebobolan 

5 Catatan Menarik Newcastle United Lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023Nick Pope (twitter.com/NUFC)

Lini pertahanan Newcastle United tampil luar biasa pada 2022/2023 ini. The Magpies menjadi klub dengan kebobolan paling sedikit sejauh ini. Dari 15 laga yang telah dilalui, gawang Nick Pope baru kebobolan 11 kali.

Lebih hebatnya lagi, Pope berhasil mencatatkan tujuh clean sheet dari seluruh penampilan tersebut. Tim asuh Eddie Howe itu hanya 2 kali kebobolan 2 gol atau lebih sejauh ini, yakni ketika berjumpa Liverpool (2-1) dan Manchester City (3-3).

Baca Juga: 10 Potret Miguel Almiron, Gelandang Andalan Milik Newcastle United

3. Newcastle United baru kalah sekali 

5 Catatan Menarik Newcastle United Lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023Bruno Guimaraes (twitter.com/NUFC)

Newcastle United menjelma menjadi tim yang sulit dikalahkan di Premier League musim ini. Hingga pekan ke-16, Bruno Guimaraes dkk baru kalah sekali. Satu-satunya kekalahan datang ketika bersua Liverpool pada pekan kelima.

Newcastle ketika itu kalah dari Liverpool dengan skor 1-2 di Anfield. Setelah kalah dari Liverpool, The Magpies tidak terhentikan. Bahkan, mereka selalu meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di Premier League.

4. Kieran Trippier terpilih sebagai Man of the Match 

5 Catatan Menarik Newcastle United Lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023Kieran Trippier (twitter.com/NUFC)

Kieran Trippier sebenarnya bukan pahlawan Newcastle United pada pertandingan kali ini. Pasalnya, pemain yang mencetak gol kemenangan adalah Joe Willock dan yang memberikan assist adalah Miguel Almiron. Namun, Trippier terpilih sebagai Man of the Match karena kontribusinya yang bagus.

Pria berusia 32 tahun itu berhasil membuat para penyerang sayap Chelsea mati kutu. Tidak hanya itu, ia juga aktif membantu serangan.

Selama di atas lapangan, Trippier tercatat melepaskan 2 umpan kunci dan memiliki akurasi umpan sebesar 80 persen. Itulah mengapa Trippier terpilih jadi Man of the Match dalam pertandingan melawan The Blues.

5. Newcastle United hanya tertinggal dua poin dari Manchester City 

5 Catatan Menarik Newcastle United Lawan Chelsea di GW16 EPL 2022/2023Joe Willock ketika mencetak gol ke gawang Chelsea pada pekan ke-16 EPL 2022/2023. (twitter.com/NUFC)

Meski memiliki uang banyak, Newcastle United nyatanya tidak belanja jorjoran pada awal musim ini. Alexander Isak, yang berstatus pembelian paling mahal mereka, justru cedera dan minim kontribusi. Meski begitu, performa The Magpies malah makin apik.

Newcastle mampu memberikan kejutan dengan bersaing di papan atas Premier League. Hingga pekan ke-16, mereka telah meraih 30 poin dari 15 laga, hanya terpaut 2 angka dari Manchester City di posisi kedua.

Sementara itu, kekalahan membuat Chelsea turun ke urutan kedelapan klasemen sementara. The Blues mengoleksi 21 poin dari 14 penampilan.

Kemenangan ini menjadi bukti nyata bahwa Newcastle United siap bersaing di papan atas Premier League 2022/2023. Newcastle akan berada di posisi tiga besar setidaknya hingga Desember 2022 mendatang. Sebab, Premier League harus berhenti terlebih dahulu karena ada Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Paling Sering Mengalahkan Chelsea, Ada MU!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya