Comscore Tracker

Christian Pulisic, Pemikul Beban Amerika Serikat di Piala Dunia 2022

Sudah main sepak bola sejak usia 7 tahun 

Amerika Serikat berhasil lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Hasil positif itu didapatkan usai mereka menang dengan skor tipis 1-0 atas Iran di Al Thumama Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari.

Dalam kemenangan tersebut, ada satu pemain yang menjadi sorotan karena performa impresifnya. Dia adalah Christian Pulisic, yang menjelma jadi pahlawan The Stars and Stripes karena mencetak satu-satunya gol di laga itu pada menit 38.

Untuk mengetahui lebih jauh Pulisic, berikut penulis sajikan sejumlah fakta menarik tentang sang pemain.

1. Sudah main sepak bola sejak usia tujuh tahun

Christian Pulisic, Pemikul Beban Amerika Serikat di Piala Dunia 2022Christian Pulisic (instagram.com/cmpulisic)

Christian Mate Pulisic, begitu nama lengkapnya, lahir di Hershey, Pennsylvania, Amerika Serikat pada 18 September 1998. Sejak kecil, Pulisic sudah diarahkan untuk menjadi pemain sepak bola profesional oleh kedua orang tuanya, Kelley dan Mark.

Ketika masih berumur 7 tahun, Pulisic bergabung dengan tim junior lokal, Brackley Town, pada 2005. Setahun kemudian, Pulisic pindah ke akademi Michigan Rush karena sang ayah bekerja di sana. Selama tinggal di Michigan, Pulisic bersekolah di Workman Elementary School. Setelah bakatnya terasah di Michigan Rush, dia lalu melanjutkan kariernya bersama PA Classics.

Baca Juga: Kisah Heroik Christian Pulisic di Laga Piala Dunia 2022 Iran Lawan AS

2. Melejit saat membela Borussia Dortmund

Christian Pulisic, Pemikul Beban Amerika Serikat di Piala Dunia 2022Christian Pulisic (twitter.com/USMNT)

Pulisic pindah ke Borussia Dortmund saat masih 16 tahun. Dia secara bertahap naik level ke tim U-17 dan U-19 sampai akhirnya masuk ke skuad utama pada musim panas 2015. Perkembangannya bisa dibilang sangat pesat.

Awal karier Pulisic di tim senior Borussia Dortmund masih dihiasi dengan dirinya sebagai pemain pengganti. Namun, seiring berjalannya waktu, Pulisic mulai diandalkan di lini serang Die Borussen. Dalam kurun waktu empat tahun, dia berhasil mencatatkan 127 caps dan mencetak 19 gol serta 26 assist.

3. Menjadi pemain Amerika Serikat termahal sepanjang masa 

Christian Pulisic, Pemikul Beban Amerika Serikat di Piala Dunia 2022Christian Pulisic (twitter.com/USMNT)

Penampilan impresif Pulisic bersama Borussia Dortmund ternyata membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, Pulisic diboyong ke Stamford Bridge dengan mahar 64 juta euro pada Januari 2019 silam. Nominal itu menjadikannya sebagai pemain Amerika Serikat termahal sepanjang sejarah.

Pulisic memulai debut di kompetisi Premier League dengan menghadapi Manchester United. Sayang, Chelsea saat itu harus mengakui kekalahan dari lawannya. Pulisic baru mencetak gol pertamanya bersama The Blues saat melawan Burnley pada Oktober 2019. Tanpa disangka-sangka, dia langsung berhasil mencetak hattrick di laga itu.

Gol tersebut membuat Pulisic jadi pencetak hattrick termuda dalam sejarah Chelsea dengan usia 21 tahun. Sejauh ini, pemain berusia 24 tahun itu telah mengemas 26 gol dan 21 assist dari 133 penampilan bersama Chelsea di berbagai kompetisi.

4. Dijuluki Captain America

Christian Pulisic, Pemikul Beban Amerika Serikat di Piala Dunia 2022Christian Pulisic (twitter.com/USMNT)

Pulisic telah membela tim muda Amerika Serikat sejak 2013. Sama halnya dengan kariernya di klub, Pulisic juga mesti mencicipi tim bawah terlebih dahulu sebelum naik ke tim senior pada 2016.

Dia melakoni debut bersama Amerika Serikat saat Menghadapi Guatemala pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF, Minggu (27/3/2016). Semenjak itu, Pulisic selalu menjadi andalan Amerika Serikat di berbagai ajang internasional.

Kehadiran pemain dengan talenta luar biasa seperti Pulisic jelas menjadi berkah tersendiri bagi sepak bola Amerika Serikat. Bahkan, sang pemain sampai dijuluki ‘Captain America’ karena bakat dan kemampuan sepak bolanya dianggap yang terbaik saat ini di Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Christian Pulisic Masih Jadi Motor AS di Piala Dunia 2022

5. Jadi pahlawan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 

Christian Pulisic, Pemikul Beban Amerika Serikat di Piala Dunia 2022Christian Pulisic (twitter.com/USMNT)

Pulisic memainkan peran luar biasa bagi Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. Dia mengemas satu gol dan satu assist dari tiga pertandingan pada fase grup. Berkat kontribusi besarnya itu, Amerika Serikat berhasil lolos ke fase gugur dengan status runner-up Grup B.

Meski berhasil lolos ke babak 16 besar, Christian Pulisic dan kolega tidak boleh bersantai. Sebab, lawan berat sudah menanti mereka. Ya, skuad asuhan Gregg Berhalter itu telah ditunggu Belanda, yang lolos sebagai juara Grup A.

Sepanjang pertandingan grup, Belanda tampil menyakinkan dengan membukukan 5 gol dan hanya kebobolan 1 gol. Namun, jika menilik penampilan Pulisic dkk saat lawan Iran, Amerika Serikat sepertinya bisa memberikan perlawanan berarti kepada Belanda.

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya