Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael Benitez

Dua gol Everton sempat dianulir VAR 

Setelah delapan pertandingan tanpa kemenangan, Everton akhirnya bisa meraih tiga poin ketika berjumpa Arsenal di Goodison Park pada Selasa dini hari (07/12/2021). Tim asuhan Rafael Benitez berhasil mengalahkan tim tamu dengan skor tipis 2-1. Dua gol Everton pada laga itu diciptakan Richarlison dan Demarai Gray.

Sedangkan, gol tunggal The Gunners dibukukan Martin Odegaard. Kemenangan tersebut tentu sangat penting bagi Everton karena membuat tim naik hingga posisi ke-12. Sebaliknya, kekalahan makin menjauhkan Arsenal dari papan atas.

1. Dua gol Everton dianulir VAR 

Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael BenitezPara pemain Everton melakukan selebrasi ketika Demarai Gray mencetak gol ke gawang Arsenal. (twitter.com/premierleague)

Demi ambisi meraih tiga poin, kedua tim bermain terbuka sejak menit awal babak pertama. Akan tetapi, peluang-peluang yang didapatkan kedua tim belum membuahkan hasil yang positif. Pada menit ke-43, Everton sebenarnya sempat mencetak gol melalui sundulan Richarlison. Sayangnya, gol tersebut dianulir VAR karena penyerang asal Brasil itu terjebak offside.

Tiga menit berselang, Arsenal justru unggul terlebih dahulu melalui sepakan Martin Odegaard setelah menerima umpan silang dari Kieran Tierney. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga akhir babak pertama. Pada babak kedua, Everton mencoba mengendalikan permainan agar bisa menyamakan kedudukan. Usaha tim asuhan Rafael Benitez itu hampir membuahkan hasil pada menit ke-58. Sayangnya, gol Richarlison kembali dianulir VAR karena dirinya sudah berada di posisi offside.

Kendati dua golnya dianulir VAR, Everton justru terlihat makin semangat untuk menyamakan kedudukan. Usaha Seamus Coleman dan kolega akhirnya terbayar lunas pada menit ke-79 setelah Richarlison mencetak gol melalui sundulan. Gol itu makin memantik semangat para pemain Everton. Pada menit ke-92, Everton berhasil menambah gol lagi melalui tendangan keras Demarai Gray. Skor akhir 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

2. Everton berhasil mencuri poin terbanyak dalam keadaan tertinggal

Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael BenitezPara pemain Everton melakukan selebrasi ketika Richarlison mencetak gol ke gawang Arsenal. (twitter.com/Everton)

Di kompetisi Premier League musim ini, tim asuhan Rafael Benitez sangat sering tertinggal gol dari para lawannya. Beruntungnya, mental para pemain Everton tidak turun ketika timnya dalam keadaan tertinggal. Dalam momen itu, Everton justru tercatat beberapa kali berhasil menyamakan kedudukan atau bahkan sukses mengembalikan keadaan.

Hingga pekan ke-15, Everton sukses mencuri total 10 poin ketika dalam keadaan tertinggal. Hebatnya, catatan itu menjadi yang terbaik dari seluruh klub Premier League musim ini.

Baca Juga: Secara Dramatis, Everton Akhirnya Tumbangkan Arsenal 2-1

3. Martin Odegaard menciptakan catatan impresif

Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael BenitezMartin Odegaard, penggawa Arsenal, selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Everton. (twitter.com/premierleague)

Gol Arsenal yang diciptakan Martin Odegaard juga menjadi rekor baru bagi sang pemain. Ia menjadi pemain Norwegia termuda kedua yang berhasil menciptakan dua gol berturut-turut dalam dua laga Premier League.

Odegaard mencetak gol ke gawang Everton ketika usianya menginjak 22 tahun 354 hari. Ia tercatat hanya kalah dari mantan pemain Liverpool, John Arne Riise, yang berhasil melakukannya ketika berusia 21 tahun 328 hari.

4. Pierre-Emerick Aubameyang puasa gol selama enam laga

Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael BenitezPierre-Emerick Aubameyang (planetfootball.com)

Pada laga melawan Everton, Pierre-Emerick Aubameyang memang hanya masuk sebagai pemain pengganti. Penyerang asal Gabon ini menggantikan Alexandre Lacazette pada menit ke-85. Karena minimnya menit bermain, ia pun gagal memberikan dampak besar.

Lebih buruknya, pertandingan melawan Everton merupakan laga keenam secara berturut-turut Aubameyang gagal mencetak gol di Premier League. Itu menjadi rekor tanpa gol terlama kedua bagi sang pemain di liga. Sebelumnya, ia pernah absen mencetak gol dalam 14 pertandingan Bundesliga ketika masih membela Borussia Dortmund.

5. Memperpanjang napas Rafael Benitez

Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael BenitezRafael Benitez (skysports.com)

Tambahan tiga poin tentu sangat berarti bagi tim asuhan Rafael Benitez, yang sebelumnya tidak bisa meraih kemenangan pada delapan laga terakhir. Kemenangan membuat Everton naik empat peringkat. Kini tim asuhan Benitez berada di posisi ke-12 dengan perolehan 18 poin dari 15 laga.

Di samping itu, hasil impresif tersebut juga memperpanjang napas Rafael Benitez sebagai pelatih Everton. Sebelum laga ini, pria asal Spanyol itu dirumorkan akan didepak dari posisinya karena sempat kalah memalukan di Derbi Merseyside dengan skor 1-4 dari Liverpool.

Itulah hal-hal menarik saat laga Everton melawan Arsenal. Pada pekan berikutnya, Arsenal akan melawan Southampton di Stadion Emirates, sedangkan Everton akan bertamu ke Crystal Palace.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya