Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCL

Graham Potter mencatatkan kemenangan perdana di UCL 

Chelsea tampil luar biasa pada matchday ketiga Grup E UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Bermain di Stamford Bridge, Kamis (6/10/2022) dini hari, Chelsea berhasil membantai AC Milan dengan skor telak 3-0.

Tiga gol Chelsea lahir dari tiga nama berbeda. Wesley Fofana lebih dahulu memecah kebuntuan pada menit ke-24. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol kedua The Blues pada menit ke-56. Gol penutup lahir dari tendangan Reece James pada menit ke-61.

Betajuk big match, laga Chelsea melawan AC Milan berlangsung seru. Tentunya ada banyak drama dan fakta yang tersaji sepanjang pertandingan.

Apa saja? Simak fakta menarik kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCL!

1. Reece James jadi pemain termuda yang cetak gol dan assist

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCLReece James dinobatkan sebagai man of the match dalam pertandingan menghadapi AC Milan pada matchday ketiga Champions League 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Reece James layak dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan dini hari tadi. Selain mencetak gol, pemain asal Inggris tersebut juga berhasil memberikan assist. Ia membuat assist untuk gol yang diciptakan oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Berkat catatan itu, James menjadi pemain Chelsea termuda yang pernah menorehkan gol serta assist dalam satu pertandingan UCL. Sang pemain melakukan hal tersebut saat usianya 22 tahun 301 hari.

2. Reece James menjadi bek paling produktif 

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCLReece James (twitter.com/ChampionsLeague)

Reece James memang tampil konsisten dalam beberapa tahun terakhir bagi Chelsea. Tidak hanya solid dalam bertahan, ia juga sangat aktif dalam membantu penyerangan.

Sejak awal musim lalu, tidak ada bek yang mencetak lebih banyak gol daripada James di semua kompetisi. Ia mampu menorehkan 8 gol dan 11 assist dari 41 penampilan.

3. AC Milan kebobolan tiga gol untuk pertama kalinya sejak 2014 

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCLFikayo Tomori (twitter.com/acmilan)

AC Milan tampil tidak dengan kekuatan penuh saat menghadapi Chelsea. Tim asuhan Stefano Pioli itu tampil tanpa beberapa pemain andalannya. Theo Hernandez, Davide Calabria, Alexis Saelemaekers, Zlatan Ibrahimovic, Alessandro Florenzi, dan Simon Kjaer harus absen karena mengalami cedera.

Akibatnya, Rossoneri kalah dari Chelsea dengan skor 0-3. AC Milan kalah dalam pertandingan UCL dengan selisih tiga gol untuk keenam kalinya sepanjang sejarah. Terakhir kali AC Milan menderita kekalahan dengan selisih tiga gol pada 11 Maret 2014. Ketika itu, AC Milan kalah dari Atletico Madrid dengan skor 1-4.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 24 Sebelum Reece James

4. Wesley Fofana cetak gol debut bagi Chelsea 

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCLWesley Fofana (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang AC Milan pada matchday ketiga Champions League 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Pertandingan melawan AC Milan sepertinya tidak akan mudah untuk dilupakan oleh Wesley Fofana. Pasalnya, ia berhasil mencetak gol pertamanya bagi The Blues sejak didatangkan pada Agustus 2022 lalu.

Fofana memecah kebuntuan pada menit ke-24. Ia berhasil memaksimalkan kemelut di depan gawang Ciprian Tatarusanu.

5. Graham Potter mencatatkan kemenangan perdana di UCL 

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCLGraham Potter (twitter.com/ChelseaFC)

Pada 2012, Graham Potter memulai karier profesionalnya sebagai seorang pelatih. Ia saat itu menangani klub kasta ketiga sepak bola Swedia, Ostersund.

Sekitar 10 tahun kemudian, ia untuk pertama kalinya menangani tim yang bermain di kompetisi UCL. Hebatnya, Potter berhasil mencatatkan kemenangan perdana di UCL melawan tim dengan tradisi juara, AC Milan.

6. Chelsea geser posisi AC Milan di Grup E 

6 Fakta Menarik Kemenangan Chelsea atas AC Milan di UCLSkuad Chelsea ketika melawan AC Milan pada matchday ketiga Champions League 2022/2023. (twitter.com/ChelseaFC)

Tambahan tiga poin membuat Chelsea naik ke posisi kedua Grup E UCL 2022/2023. Reece James dan kolega menyalip AC Milan yang sama-sama mengoleksi 4 poin dari 3 pertandingan. Namun, The Blues layak berada di urutan lebih atas karena unggul head-to-head.

Selain pulang dengan tangan kosong, AC Milan juga merasakan kekalahan perdana di UCL musim ini. Kini, selisih gol AC Milan menjadi minus satu gara-gara dijebol Chelsea sebanyak tiga kali.

Chelsea akan kembali berjumpa dengan AC Milan pada matchday keempat Champions League, Rabu (12/10/2022) dini hari WIB. AC Milan bakal berstatus sebagai tim tuan rumah pada pekan depan.

Baca Juga: Graham Potter: Sebelumnya Saya Tak Pernah Hadiri Laga Liga Champions

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya