5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCL

Mohamed Salah mencatatkan hattrick tercepat di UCL

Liverpool tampil luar biasa pada matchday keempat fase grup UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Menghadapi Rangers di Ibrox Stadium, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB, The Reds berhasil membantai musuhnya itu dengan skor telak 7-1.

Anak asuh Jurgen Klopp itu sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Scott Arfield pada menit ke-17. Namun, Liverpool mampu bangkit melalui brace Roberto Firmino, hattrick Mohamed Salah, dan masing-masing satu gol dari Darwin Nunez serta Harvey Elliott.

Tidak hanya menghasilkan banyak gol, laga Rangers melawan Liverpool juga menghasilkan sejumlah fakta menarik. Apa saja? Simak ulasan pertandingan Rangers melawan Liverpool di UCL 2022/2023.

1. Mohamed Salah mencatatkan hattrick tercepat di UCL 

5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCLMohamed Salah (twitter.com/ChampionsLeague)

Mohamed Salah masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan menghadapi Rangers. Ia dimasukkan Jurgen Klopp pada menit ke-68 menggantikan Darwin Nunez. Siapa sangka, bintang asal Mesir itu berhasil mencetak hattrick hanya dalam waktu sekitar 6 menit 12 detik dari gol pertama hingga ketiga. Salah membukukan gol pada menit ke-75, 80, dan 81.

Torehan itu membuat Salah menjadi pemain tercepat yang mencetak hattrick dalam sejarah UCL. Sebelumnya, rekor hattrick tercepat dipegang oleh Bafetimbi Gomis. Ia membutuhkan waktu sekitar 8 menit untuk mencetak hattrick saat Lyon melawan Dinamo Zagreb pada tahun 2011.

2. Mohamed Salah jadi top skor Liverpool di UCL 

5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCLMohamed Salah (twitter.com/LFC)

Tambahan tiga gol ke gawang Rangers membuat Mohamed Salah membukukan total 36 gol di UCL bersama Liverpool. Catatan itu menjadikan Salah sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah The Reds di kompetisi tersebut.

Dengan torehan itu, Salah saat ini sejajar dengan Sergio Aguero dan Didier Drogba yang juga mencetak 36 gol untuk klub Inggris di UCL. Aguero melakukannya bersama Manchester City, sedangkan Drogba menorehkannya bersama Chelsea. Salah hanya membutuhkan satu gol lagi untuk melewati catatan kedua legenda itu.

Baca Juga: Gestur Berkelas Mohamed Salah, Sumbang Rp2,3 M Buat Gereja di Mesir

3. Diogo Jota menciptakan hattrick assist 

5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCLDiogo Jota (liverpoolfc.com)

Diogo Jota juga tidak lepas dari sorotan dalam pertandingan dini hari tadi. Masuk pada menit ke-73, Jota secara mengejutkan berhasil menciptakan hattrick assist. Menariknya, semua assist-nya itu diberikan Jota kepada Salah.

Itu menjadikan Jota sebagai pemain pertama yang mampu menciptakan hattrick assist kepada orang yang sama di UCL sejak Maret 2012. Sebelumnya, Franck Ribery juga mampu melakukan hal serupa ketika membantu tiga gol Mario Gomez saat Bayern Munich melawan Basel.

4. Roberto Firmino mencatatkan rekor pribadi 

5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCLRoberto Firmino (twitter.com/ChampionsLeague)

Tambahan dua gol ke gawang Rangers membuat Roberto Firmino saat ini membukukan 22 gol di UCL bersama Liverpool. Catatan gol Firmino itu melewati legenda Liverpool, Steven Gerrard, yang mencetak 21 gol di UCL.

Selain mencetak dua gol, Firmino juga sukses menorehkan satu assist dalam laga dini hari tadi. Kini, pemain asal Brasil itu mencatatkan total 12 assist di UCL bersama The Reds. Torehan itu menyamai catatan Steven Gerrard dan James Milner.

5. Liverpool menempel ketat Napoli di Grup A 

5 Fakta Pertandingan Rangers vs. Liverpool pada Matchday Keempat UCLDarwin Nunez melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Rangers pada matchday keempat UCL 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Berkat kemenangan 7-1 atas Rangers, Liverpool saat ini menduduki peringkat dua klasemen Grup A. The Reds mengoleksi 9 poin dari 4 laga yang dilalui. Mereka terpaut tiga poin dari Napoli yang berada di puncak klasemen.

Sementara itu, kekalahan membuat Rangers makin terbenam di dasar klasemen. Klub asal Skotlandia itu belum meraih poin dari 4 pertandingan.

 

Peluang Liverpool untuk lolos ke babak fase gugur UCL 2022/2023 terbuka sangat lebar. Mereka bisa dipastikan lolos ke babak enam belas besar jika mampu bermain imbang atau mengalahkan Ajax Amsterdam pada matchday kelima Grup A, Kamis (27/10/2022) pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: Catatan Buruk Liverpool di EPL pada Awal Musim 2022/2023, Terperosok!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya