Comscore Tracker

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia Saat Ini, Penuh Pengalaman!

Kualitasnya tak perlu diragukan lagi

Dalam strategi sepak bola sering kali kita mendengar istilah gelandang box-to-box. Seperti namanya, tugas seorang gelandang yang berperan sebagai box-to-box adalah membantu penyerangan ke wilayah lawan dan membantu bertahan di wilayah sendiri. Gampangannya, pemain tersebut bisa menyerang dan bertahan sama baiknya.

Para pemain seperti Frank Lampard, Steven Gerrard dan Paul Scholes merupakan beberapa contoh pemain yang identik dengan sebutan box-to-box. Namun, para pemain tersebut kini sudah gantung sepatu. Lalu bagaimana dengan era sekarang? Berikut ini lima gelandang box-to-box terbaik di dunia saat ini.

1. Luka Modric – Real Madrid

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia Saat Ini, Penuh Pengalaman!instagram.com/lukamodric10/

Luka Modric memainkan peran penting bagi Real Madrid dalam beberapa musim terakhir. Meski usianya tak lagi muda, pemain asal Kroasia ini masih menjadi andalan di lini tengah Los Blancos. Di musim ini, ia tampil sebanyak 31 kali di LaLiga dan mencetak 3 gol dan 8 assist.

Modric merupakan salah satu gelandang paling berbakat di generasinya. Kerja keras dan daya juangnya di atas lapangan patut menjadi contoh bagi para pemain muda. Kontrak peraih Ballon d’Or 2018 ini akan berakhir di musim depan.

2. Gini Wijnaldum – Liverpool

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia Saat Ini, Penuh Pengalaman!goal.com

Sejak direkrut dari Newcastle pada tahun 2017 lalu, Wijnaldum telah menjadi pemain andalan di lini tengah Liverpool. Pemain asal Belanda tersebut merupakan gelandang box-to-box yang baik dan pekerja keras. Hal itu terbukti dari kepercayaan Jurgen Klopp kepadanya musim ini.

Dari 38 pertandingan di Premier League, ia hanya kehilangan 1 kali pertandingan ketika melawan Bournemouth pada pekan ke-16. Pemain berusia 29 tahun ini juga telah menyumbang 4 gol musim ini di Premeir League. Kontrak Wijnaldum bersama Liverpool sendiri hanya tersisa satu musim lagi. Itu artinya, jika tidak segera diperpanjang kontraknya, ia akan meninggalkan Anfield secara gratis di akhir kompetisi musim depan.

Baca Juga: 7 Gelandang Top yang Lanjutkan Karier sebagai Pelatih, Pirlo Menyusul!

3. Leon Goretzka – Bayern Munchen

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia Saat Ini, Penuh Pengalaman!goal.com

Performa mengkilap Leon Goretzka bisa dibilang sedikit telat bersama Bayern Munchen. Kontribusinya baru terlihat ketika Bayern dilatih oleh Hansi Flick. Duetnya bersama Joshua Kimmich dalam formasi 4-2-3-1 membuat lini tengah Bayern lebih hidup.

Berkat performanya tersebut, gelandang berbakat seperti Thiago Alcantara pun harus rela duduk di bangku cadangan. Di musim ini, ia mampu membukukan 8 gol dan 10 assist dari 35 pertandingan di semua ajang. Kini, ia dan para kolega masih bertarung di fase gugur Liga Champions.

4. Paul Pogba – Manchester United

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia Saat Ini, Penuh Pengalaman!bleacherreport.com

Meski jarang bermain di musim ini akibat cedera, Paul Pogba tetaplah salah satu gelandang terbaik di dunia. Penampilannya yang tak kenal lelah membuatnya sering dipuji oleh para pelatih. Dengan jangkauan kaki yang cukup lebar, Pogba kerap kali merebut bola dari kaki lawan dengan terlihat cukup mudah.

Kini setelah pulih dari cedera, Pogba menjadi pemain yang tak tergantikan perannya di lini tengah Manchester United. Duetnya bersama Bruno Fernandes juga mampu membawa tim meraih banyak kemenangan hingga mampu finis di posisi ketiga Premier League. Saat ini, Setan Merah sedang berjuang di kompetisi terbesar kedua di Benua Biru yaitu Liga Eropa.

5. Jordan Henderson – Liverpool

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik di Dunia Saat Ini, Penuh Pengalaman!goal.com

Setelah ditinggal Steven Gerrard, Jordan Henderson berhasil menggantikan peran sang legenda dengan sangat baik. Hal tersebut terbukti dari beberapa musim terakhir, penampilannya sangat konsisten di lini tengah Liverpool. Bahkan ia ditunjuk sebagai kapten tim sejak tahun 2015 setelah kepindahan Gerrard ke LA Galaxy.

Musim ini, Henderson telah mencetak 4 gol dan 5 assist dari 30 pertandingan di Premier League. Berbagai gelar telah dipersembahkannya bagi Liverpool termasuk Piala Dunia Antarklub dan Premier League. Di atas kertas, ia merupakan gelandang yang bisa-biasa saja. Namun kerja kerasnya di atas lapangan membuat ia menjadi istimewa.

Dari kelima pemain tersebut, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: 10 Potret Jordan Henderson, Kapten Liverpool yang Gagah dan Berwibawa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya