Comscore Tracker

5 Gelandang dengan Kaki Kiri Terbaik Saat Ini, Ada Pemain Arsenal!

Ada juga pemain yang masih berusia 18 tahun

Lionel Messi bisa dibilang sebagai salah satu pesepak bola terbaik yang menggunakan kaki kiri. Ratusan gol sudah La Pulga ciptakan menggunakan kaki andalannya tersebut. Di samping itu, pesepak bola yang menggunakan kaki kiri rata-rata memang memiliki kualitas permainan yang baik dan sangat sulit ditebak.

Di posisi gelandang, tak banyak pemain yang mengandalkan kaki kiri. Hanya ada beberapa nama yang mampu tampil apik dan konsisten dalam beberapa musim terakhir. Berikut ini lima gelandang dengan kaki kiri terbaik saat ini.

1. Bernardo Silva (Manchester City) 

5 Gelandang dengan Kaki Kiri Terbaik Saat Ini, Ada Pemain Arsenal!Bernardo Silva (90min.com)

Bernardo Silva harus diakui berkembang sangat pesat sejak bergabung dengan Manchester City pada 2017 lalu. Pemain asal Portugal ini direkrut dari AS Monaco dengan biaya senilai 50 juta euro atau setara Rp837 miliar. Ia telah berubah dari pemain sayap terampil menjadi sosok gelandang yang kreatif di bawah Pep Guardiola.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sang pemain selalu menjadi andalan Manchester City setiap pertandingannya. Silva bahkan sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik Manchester City pada musim 2018/2019. Namun belakangan, ia dikabarkan ingin hengkang dari City menuju kompetisi LaLiga.

2. Martin Odegaard (Arsenal) 

5 Gelandang dengan Kaki Kiri Terbaik Saat Ini, Ada Pemain Arsenal!Martin Odegaard (90min.com)

Nama Martin Odegaard sudah meroket sejak usianya masih belasan tahun. Kala itu, banyak klub elite yang menginginkan jasa dari pemain asal Norwegia tersebut. Namun, Real Madrid akhirnya bisa menyakinkan sang pemain dan mengontraknya pada tahun 2015. Sayangnya, kariernya tak berjalan mulus di Santiago Bernabeu.

Alhasil, Odegaard sempat beberapa kali dipinjamkan ke tim-tim lain. Kini pemain berusia 22 tahun tersebut bermain untuk Arsenal, setelah sempat dipinjam selama 6 bulan pada musim lalu. Sejauh ini ia tampil cukup mengesankan dan memberikan kontribusi besar bagi lini tengah The Gunners. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut Odegaard sebagai pewaris Mesut Ozil di Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Norwegia yang Kini Bermain di Premier League Selain Odegaard

3. Saul Niguez (Chelsea) 

5 Gelandang dengan Kaki Kiri Terbaik Saat Ini, Ada Pemain Arsenal!Saul (90min.com)

Saul Niguez sempat dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di dunia dalam beberapa tahun lalu. Ia menjalani tahun yang luar biasa bersama Atletico Madrid pada musim lalu. Sang pemain mengantarkan klubnya menjadi juara LaLiga. Saking istimewanya, Saul bahkan sempat beberapa kali dimainkan sebagai alternatif bek sayap kiri.

Itu semua tidak terlepas dari kualitas kaki kiri yang dimiliki sang pemain. Akan tetapi, sedikit mengejutkan melihat Saul dilepas Atletico Madrid ke Chelsea pada musim panas tahun ini. Saul sendiri sudah berada di Wanda Metropolitano sejak tahun 2008. Banyak yang menilai Saul kehilangan tempat di Atletico Madrid karena tim baru saja mendatangkan Rodrigo De Paul dari Udinese.

4. Eduardo Camavinga (Real Madrid) 

5 Gelandang dengan Kaki Kiri Terbaik Saat Ini, Ada Pemain Arsenal!Edouardo Camavinga (talksport.com)

Eduardo Camavinga merupakan salah satu gelandang muda terbaik di kompetisi elite Eropa saat ini. Pemain asal Prancis itu baru saja menyelesaikan kepindahannya ke Real Madrid pada hari terakhir bursa transfer musim panas. Selama membela Rennes, pria berusia 18 tahun itu merupakan sosok kunci di lini tengah.

Camavinga dikenal sebagai gelandang serbabisa yang dapat dimainkan sebagai box-to-box atau gelandang bertahan. Dengan usia dan kualitasnya yang mumpuni, ia sepertinya bakal menjadi bintang masa depan bagi Real Madrid. Kualitas Camavinga sendiri sudah terlihat sejauh ini dengan menciptakan 1 gol serta 1 assist dari 3 laga bersama Los Blancos.

5. Phil Foden (Manchester City) 

5 Gelandang dengan Kaki Kiri Terbaik Saat Ini, Ada Pemain Arsenal!Phil Foden (skysports.com)

Phil Foden adalah salah satu talenta muda terbaik di ajang Premier League. Pemain asal Inggris itu dipandang banyak orang bakal memiliki masa depan yang cerah bersama Manchester City. Terlebih lagi, ia sudah bisa mendapatkan posisi inti di skuad utama Pep Guardiola meski usianya masih relatif muda.

Tidak hanya itu, Foden juga dapat bersaing di skuad tim nasional Inggris asuhan Gareth Southgate di ajang Piala Eropa tahun ini. Itu semua tidak terlepas dari kreativitas dan kecakapannya di atas lapangan.

 

Tidak mudah untuk menemukan pemain dengan atribut spesial seperti mereka, terutama di posisi gelandang. Selain visi permainan yang baik, beberapa dari mereka juga memiliki kemampuan lebih dalam mengeksekusi bola-bola mati. Ada gelandang favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Cepat di Turnamen Piala Eropa 2020, Ada Phil Foden!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya