Comscore Tracker

Tampil Apik, 5 Gelandang Ini Justru Kerap Dipandang Sebelah Mata

Padahal mereka menjadi kreator di lini tengah bagi timnya

Pada dasarnya, sepak bola adalah olahraga yang berorientasi pada serangan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sejumlah pemain yang beroperasi di lini serang memiliki popularitas lebih tinggi daripada posisi lain. Meski demikian, bukan berarti pemain yang berposisi sebagai gelandang tidak memiliki peran penting dalam sebuah pertandingan.

Sejatinya, gelandang merupakan roda penggerak di sebuah klub. Permainan cepat atau lambat sangat tergantung dengan lini tengah. Namun, dari sekian banyak gelandang berkualitas, ada beberapa di antaranya yang justru kerap dipandang sebelah mata. Padahal, permainan mereka sangat apik dan memberikan kontribusi yang cukup besar tim yang dibelanya. Lantas, siapa saja gelandang yang kurang begitu diapresiasi? Simak ulasannya!

1. Marcelo Brozovic 

Tampil Apik, 5 Gelandang Ini Justru Kerap Dipandang Sebelah MataMarcelo Brozovic (sempremilan.com)

Marcelo Brozovic merupakan salah satu gelandang yang paling diremehkan saat ini. Padahal, pemain asal Kroasia itu memainkan peran utama di lini tengah Inter Milan dalam beberapa musim terakhir. Ia juga menjadi sosok kunci ketika tim sukses menjuarai gelar Serie A musim lalu.

Sementara di bawah asuhan Simone Inzaghi, Brozovic tetap menjadi pilihan utama dengan terus dimainkan setiap pertandingannya. Pemain berusia 28 tahun itu tercatat belum sekalipun absen bersama Inter Milan sejauh ini.

2. Idrissa Gueye 

Tampil Apik, 5 Gelandang Ini Justru Kerap Dipandang Sebelah MataIdrissa Gueye (ligue1.com)

Paris Saint-Germain memang diisi banyak sekali pemain berkualitas di musim ini. Namun, secara mengejutkan, nama Idrissa Gueye justru menjadi salah satu pemain andalan PSG di lini tengah. Sejauh ini, pemain berusia 29 tahun itu telah tampil sebanyak 12 pertandingan di semua kompetisi.

Dari seluruh laga tersebut, Gueye sukses menciptakan 4 gol. Tidak hanya itu, sang pemain juga mencatatkan tingkat keberhasilan umpan sebesar 93,2 persen dan mampu memenangkan 15 tekel dari 28 percobaan.

Baca Juga: 5 Gelandang Premier League yang 'Terlalu Bagus' untuk Klubnya Saat Ini

3. Fabian Ruiz 

Tampil Apik, 5 Gelandang Ini Justru Kerap Dipandang Sebelah MataFabian Ruiz (football-espana.net)

Fabian Ruiz telah menunjukkan kualitasnya sejak bermain untuk Real Betis. Namun, kariernya mulai meningkat drastis sejak bermain untuk Napoli. Bahkan, performa mengesankan dirinya di lini tengah Partenopei membuat gelandang berusia 25 tahun itu mendapatkan tempat di tim nasional Spanyol.

Kehadiran Ruiz di lini tengah menjadi salah satu alasan Napoli mengawali musim ini dengan penampilan yang ciamik. Bahkan, Napoli belum terkalahkan dan berada di posisi puncak klasemen Serie A. Ruiz sendiri telah mencatatkan 3 gol serta 3 assist dari 15 laga yang telah dilalui.

4. Jordan Henderson 

Tampil Apik, 5 Gelandang Ini Justru Kerap Dipandang Sebelah MataJordan Henderson (liverpoolfc.com)

Jordan Henderson merupakan gelandang paling senior di skuad Liverpool saat ini. Banyak yang menilai pemain asal Inggris itu tidak pantas untuk mendapatkan pujian karena permainannya yang dianggap terlalu simpel. Namun, ia secara bertahap mampu membuktikan bahwa perannya sangat penting di lini tengah The Reds.

Tampil disiplin menjadi kunci sukses Henderson sejauh ini. Ia memang jarang menciptakan gol untuk klubnya, tapi keberadaannya memberikan rasa nyaman di lini tengah. Pemain berusia 31 tahun itu telah mencatatkan 2 gol dan 2 assist dari 15 pertandingan sejauh ini.

5. Mateo Kovacic 

Tampil Apik, 5 Gelandang Ini Justru Kerap Dipandang Sebelah MataMateo Kovacic (skysports.com)

Mateo Kovacic tanpa diragukan lagi telah menjadi salah satu gelandang terbaik di kompetisi Eropa saat ini. Itu semua tidak terlepas dari visi permainannya yang sangat baik di atas lapangan. Meski demikian, namanya sangat jarang dibicarakan oleh para pundit dan penggemar sepak bola.

Musim ini gelandang berusia 27 tahun itu tampil sangat impresif bersama Chelsea. Dari 9 pertandingan di Premier League, Kovacic telah mengoleksi 1 gol dan 5 assist. Torehan itu tentu saja sangat impresif bagi pemain yang beroperasi di lini tengah.

 

Itulah lima gelandang top yang kurang diapresiasi kinerjanya oleh pencinta sepak bola. Kendati begitu, mereka tetap berhasil menunjukkan permainan yang berkualitas setiap laganya. Ada gelandang tim idolamu?

Baca Juga: Ambisi Inter Milan: Memburu Luka Modric, Mateo Kovacic, dan Toni Kroos

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya