5 Gelandang Termahal yang Pernah Diboyong Oleh Arsenal, Termasuk Ozil!

Pembelian mana yang paling sukses? 

Arsenal dalam beberapa musim terakhir memang sering kali mendatangkan pemain-pemain mahal di bursa transfer. Hal itu dilakukan The Gunners untuk memperbaiki kualitas tim supaya bisa bersaing di papan atas. Salah satu posisi yang cukup sering direkrut oleh klub asal London Utara itu adalah posisi gelandang tengah.

Beberapa pemain bahkan dibeli Arsenal dengan biaya yang tidak sedikit. Berikut ini 5 gelandang termahal yang pernah diboyong oleh Arsenal sepanjang sejarah.

1. Thomas Partey 

5 Gelandang Termahal yang Pernah Diboyong Oleh Arsenal, Termasuk Ozil!goal.com

Performa apik Thomas Partey bersama Atletico Madrid membuat Arsenal jatuh hati. Alhasil, pemain asal Ghana itu digaet oleh Arsenal pada awal musim ini. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium itu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk memboyong sang pemain, yaitu 50 juta euro atau setara Rp844 miliar.

Sejauh ini, Partey sudah menjalani 16 pertandingan bagi Arsenal di semua ajang. Salah satu pertandingan terbaik Partey tercipta saat melawan Manchester United di Premier League. Ketika itu ia bermain sangat solid di lini tengah dan berhasil mengantarkan timnya menang 1-0 di Old Trafford.

Sayangnya, pemain berusia 27 tahun itu beberapa kali menderita cedera yang membuatnya harus menepi dari lapangan selama beberapa pekan. Sempat sembuh, ia kini dikabarkan kembali mengalami masalah cedera.

2. Mesut Ozil 

5 Gelandang Termahal yang Pernah Diboyong Oleh Arsenal, Termasuk Ozil!goal.com

Arsenal mendatangkan Mesut Ozil dari Real Madrid pada musim panas 2013. Saat itu pemain asal Jerman ini digaet dengan biaya yang cukup mahal, yaitu 47 juta euro atau setara Rp793 miliar. Nilai transfer itu sempat membuat Ozil sebagai pembelian termahal sepanjang sejarah Arsenal.

Di awal kariernya di Inggris, sang pemain bermain sangat baik dan berhasil memberikan dampak yang luar biasa di lini tengah Arsenal. Ia bahkan sempat mencatatkan 19 assist selama satu musim di Premier League. Namun, semua cerita berubah saat tim dinakhodai oleh Unai Emery.

Ozil tak lagi mendapatkan tempat di skuad utama. Hal tersebut juga berlanjut ketika tim ditangani oleh Mikel Arteta. Gelandang yang saat ini berusia 32 tahun itu pun akhirnya dilepas secara gratis ke Fenerbahce pada bursa transfer musim dingin 2021.

Baca Juga: 10 Potret Mesut 'King Assist' Ozil selama Berseragam Arsenal, Legenda!

3. Granit Xhaka 

5 Gelandang Termahal yang Pernah Diboyong Oleh Arsenal, Termasuk Ozil!goal.com

Granit Xhaka diboyong oleh Arsenal pada musim panas 2016. Ketika itu, sang pemain dibeli dari klub Jerman, Borussia Monchengladbach, dengan harga 45 juta euro atau setara Rp759 miliar. Secara konsisten, ia tak tergantikan perannya di lini tengah The Gunners.

Namun, dalam beberapa kesempatan, Xhaka juga sempat membuat kontroversi yang menjadikan dirinya harus tersisihkan dari skuad utama. Karena hal itu, ia dicopot dari jabatannya sebagai kapten tim Arsenal.

Meski demikian, pemain asal Swiss itu mampu mengembalikan performa terbaiknya dengan sangat cepat. Kini, ia selalu menjadi pilihan bagi Arteta di lini tengah. Xhaka sendiri sudah mencatatkan 202 pertandingan bersama Arsenal di berbagai ajang.

4. Henrikh Mkhitaryan 

5 Gelandang Termahal yang Pernah Diboyong Oleh Arsenal, Termasuk Ozil!goalballlive.com

Henrikh Mkhitaryan datang ke Arsenal sebagai kesepakatan ketika Alexis Sanchez hengkang ke Manchester United. Biaya sebesar 34 juta euro atau setara Rp574 miliar harus dikeluarkan oleh Arsenal pada transfer musim dingin 2018. Namun, kebersamaan Mkhitaryan dan Arsenal hanya bertahan selama 1,5 musim.

Pemain asal Armenia ini kemudian dipinjamkan ke AS Roma pada musim panas 2019 lantaran tidak masuk ke rencana Unai Emery saat itu. Performa yang menjanjikan sang pemain di tanah Italia membuatnya dipermanenkan di akhir musim.

Musim ini penampilan sang pemain semakin meningkat bersama AS Roma. Selama membela Arsenal, Mkhitaryan sukses menciptakan 9 gol dan 13 assist dari 59 pertandingan di semua kompetisi.

5. Lucas Torreira 

5 Gelandang Termahal yang Pernah Diboyong Oleh Arsenal, Termasuk Ozil!goal.com

Lucas Torreira didatangkan Arsenal dari Sampdoria saat tim masih dinakhodai oleh Unai Emery. Ketika itu, ia dibeli dengan biaya 28,65 juta euro atau setara Rp483 miliar pada musim panas 2018. Awalnya, pemain asal Uruguay ini selalu menjadi andalan di lini tengah The Gunners.

Namun, semenjak tim diambil alih oleh Arteta, Torreira bisa dibilang minim sekali menit bermain. Alhasil, ia dipinjamkan ke Atletico Madrid awal musim ini. Sayangnya, sang pemain juga tak mendapatkan waktu bermain yang cukup di kompetisi Spanyol.

Ia hanya mencatatkan 11 pertandingan di LaLiga dengan waktu bermain sebanyak 346 menit. Di akhir musim, Torreira akan kembali lagi berseragam Arsenal dan berharap mendapatkan menit bermain yang lebih banyak lagi.

 

Itulah lima gelandang termahal yang pernah dibeli Arsenal. Dari lima pembelian tersebut, menurutmu, siapa rekrutan terbaik The Gunners?

Baca Juga: Tersingkir dari Skuat Utama, Lucas Torreira Jadi Incaran AC Milan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya