Comscore Tracker

Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!

Di usia segitu, kamu sudah catatkan rekor apa?

Mampu mencatatkan sebuah rekor tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Dalam dunia sepak bola misalnya, menjadi pemain termuda dalam suatu kompetisi adalah cita-cita para pemain muda di dunia. Di kompetisi La Liga, Luka Romero baru saja menjadi perbincangan hangat karena debut di usia 15 tahun 219 hari.

Sebagai pemain muda, mendapatkan menit bermain di kompetisi resmi sudah menjadi anugerah tersendiri. Terlebih lagi dapat mencetak gol, tentu suatu pencapaian yang luar biasa. Berikut ini pencetak gol termuda di 5 liga top Eropa.

1. Bundesliga – Florian Wirtz (17 tahun, 34 hari)

Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!Twitter/OptaFranz

Florian Wirtz menjadi pencetak gol termuda di Bundesliga kala timnya, Bayer Leverkusen harus takluk kepada Bayern Munchen dengan skor 4-2, Sabtu (6/6/2020). Meski hanya menjadi pencetak gol penghibur, ia berhasil memecahkan rekor yang bertahan selama 15 tahun milik Nuri Sahin pada 2005 yang mencetak gol bagi Borussia Dortmund di usia 17 tahun, 82 hari.

Selain itu, pemain Timnas Jerman U-17 ini juga menjadi pemain termuda yang melakukan debut bersama Bayern Leverkusen pada usia 17 tahun, 15 hari. Kini Wirtz telah bermain sebanyak 7 pertandingan di Bundesliga.

2. La Liga - Fabrice Olinge (16 tahun, 98 hari)

Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!alchetron.com

Fabrice Olinge berhasil membuat sejarah di La Liga pada 18 Agustus 2012. Saat itu, ia membawa Malaga menang atas Celta Vigo dengan skor 1-0. Berkat rekor yang diciptakannya tersebut, pemain asal Kamerun itu sempat digadang-gadang akan menjadi pemain bintang di masa depan.

Sayangnya, ia sejauh ini belum memenuhi predikat itu. Kini, Olinge sudah berusia 24 tahun dan bermain di kasta tertinggi Liga Belgia dengan memperkuat Royal Excel Mouscron.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Ferguson

3. Ligue 1 - Richard Krawcyk (16 tahun, 3 bulan, 15 hari)

Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!ronaldo.com

Richard Krawcyk menjadi pencetak gol termuda di kompetisi tertinggi Liga Prancis, Ligue 1 pada 8 September 1963. Ia membantu Lens meraih kemenangan atas Angers dengan skor 2-1. Saat itu ia masih berusia 16 tahun, 3 bulan, 15 hari.

Pemain asal Polandia itu bermain bersama Lens dalam kurun waktu selama lima tahun di klub pertamanya tersebut. Kemudian ia bermain untuk Mentz, Reims, dan kembali lagi ke Lens pada tahun 1976 hingga 1979.

4. Premier League – James Vaughan (16 tahun, 270 hari)

Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!evertonfc.com

James Vaughan berhasil memecahkan rekor milik James Milner, usai mencetak gol di menit ke-87. Ia membantu Everton mengalahkan Crystal Palace dengan skor 4-0 pada 10 April 2005. Sedangkan gol yang lain dicetak oleh Mikel Arteta satu gol dan Tim Cahill dua gol.

Berkat penampilannya itu, Vaughan mendapatkan kontrak profesional pertamanya dan tampaknya akan menjadi pemain muda berbakat. Namun semua berubah, cedera membuat ia harus kehilangan kesempatan dan meninggalkan Everton pada akhirnya. Sejauh ini, ia sudah membela 11 klub dan kini bermain untuk tim League Two, Bradford City.

5. Serie A – Amedeo Amadei (15 tahun, 287 hari)

Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!ronaldo.com

Rekor Amedeo Amadei menjadi yang terlama dan masih belum terpecahkan sampai sejauh ini. Penyerang asal Italia ini mencatat rekor sebagai pencetak gol termuda di Serie A pada 9 Mei 1937 atau 83 tahun silam. Saat itu Amadei yang membela AS Roma dibantai habis Lucchese dengan skor 5-1. Satu-satunya gol dicetak oleh Amedeo.

Selama berseragam AS Roma, ia berhasil mencetak 111 gol dari 234 pertandingan. Selain AS Roma, Amadei juga sempat membela Atalanta, Inter Milan dan Napoli sebelum pensiun pada 1956. Ia kemudian bekerja sebagai pelatih Napoli, Lucchese, dan timnas wanita Italia.

Berkat kerja keras dan latihan terus-menerus, mereka di usia muda mampu mencatatkan sejarah. Suatu pencapaian yang sangat membanggakan.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Musim Ini, Penuh Talenta!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya