Sebelum Dani Alves, Ini 5 Pemain Bintang Nomor Punggung 8 di Barcelona

Dani Alves baru bisa debut Januari mendatang

Dani Alves menjadi rekrutan pertama Xavi Hernandez di Barcelona. Meski telah resmi menjadi penggawa Barcelona lagi, tetapi pemain asal Brasil itu baru bisa melakukan debutnya pada Januari 2022, saat bursa transfer musim dingin dibuka. Kendati begitu, Barcelona sudah mengumumkan nomor punggung yang bakal digunakan Alves, yakni nomor 8.

Sebelum pemain berusia 38 tahun tersebut, nomor itu juga sempat beberapa kali dipakai sejumlah bintang. Berikut lima pemain top Barcelona yang menggunakan nomor punggung 8 sebelum Dani Alves.

1. Miralem Pjanic

Sebelum Dani Alves, Ini 5 Pemain Bintang Nomor Punggung 8 di BarcelonaMiralem Pjanic (fcbarcelona.com)

Mantan pemain Juventus ini merupakan sosok terakhir yang memakai nomor punggung 8 di Barcelona. Miralem Pjanic menggunakan nomor tersebut dalam waktu satu tahun. Selama bermain di Camp Nou, ia bukanlah pemain reguler di bawah asuhan Ronald Koeman.

Pjanic lebih sering menghabiskan waktunya untuk duduk di bangku cadangan daripada bermain di atas lapangan. Kini pemain berusia 31 tahun itu dipinjamkan selama satu musim ke klub Turki, Besiktas.

2. Arthur Melo

Sebelum Dani Alves, Ini 5 Pemain Bintang Nomor Punggung 8 di BarcelonaArthur Melo (fcbarcelona.com)

Barcelona mendatangkan Arthur Melo dari tim Brasil, Gremio, pada musim panas 2018. Pada musim debutnya bersama klub asal Catalunya itu, sang gelandang langsung dipercayai menggunakan nomor punggung 8 di Camp Nou. Kehadirannya saat itu diharapkan bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan Andres Iniesta.

Sayangnya, Arthur justru tidak mampu menjadi pemain reguler di lini tengah Barcelona. Pada musim panas 2020 lalu, pemain berusia 25 tahun ini ditukar dengan Miralem Pjanic dari Juventus. Gelandang asal Brasil itu meninggalkan Barca setelah mencatatkan 72 pertandingan di semua kompetisi selama dua musim.

Baca Juga: Barca Sepakat Tukarkan Arthur Melo dengan Miralem Pjanic dari Juventus

3. Andres Iniesta

Sebelum Dani Alves, Ini 5 Pemain Bintang Nomor Punggung 8 di BarcelonaAndres Iniesta (fcbarcelona.com)

Andres Iniesta menjadi pemain yang paling lama menggunakan nomor 8 di Barcelona dalam daftar ini. Gelandang asal Spanyol ini memakai nomor tersebut pada 2007—2018. Sebelum menggunakan nomor 8, ia sempat mengenakan nomor 34 dan 24.

Iniesta sendiri sukses mempersembahkan banyak sekali gelar bergengsi untuk Barcelona. Ia bahkan sempat beberapa musim dipercayai untuk menjadi kapten tim, sebelum akhirnya hengkang ke kompetisi Jepang dengan membela Vissel Kobe pada 2018.

4. Ludovic Giuly

Sebelum Dani Alves, Ini 5 Pemain Bintang Nomor Punggung 8 di BarcelonaLudovic Giuly (fcbarcelona.com)

Ludovic Giuly bergabung dengan klub yang bermarkas di Camp Nou itu dari AS Monaco pada 2004. Pemain asal Prancis ini saat itu digaet dengan nominal senilai 8,5 juta euro atau setara Rp147 miliar. Selama 3 tahun berseragam Barcelona, ia bermain cukup baik.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini mampu membukukan 26 gol dan 16 assist dari 125 pertandingan di semua kompetisi. Namun, keberadaan Lionel Messi membuat Giuly tersisihkan dari skuad utama Barcelona. Giuly sendiri selalu menggunakan nomor punggung 8 di Barcelona.

5. Phillip Cocu

Sebelum Dani Alves, Ini 5 Pemain Bintang Nomor Punggung 8 di BarcelonaPhillip Cocu (sportmob.com)

Pada awal kedatangannya pada 1998, Phillip Cocu tidak langsung memakai nomor punggung 8 di Barcelona, tetapi terlebih dahulu menggunakan nomor 15. Ia baru dipercayai memakai nomor 8 di jerseinya saat musim keduanya. Kebetulan pengguna nomor 8 sebelumnya, Hristo Stoichkov, hengkang dari Camp Nou. Cocu tercatat mengenakan nomor 8 sampai 2004.

Pemain asal Belanda itu menghabiskan waktunya di Barcelona selama 6 musim. Semasa waktunya itu, Cocu berhasil mencatatkan 292 pertandingan di berbagai ajang. Dari seluruh laga tersebut, sang pemain mampu mengoleksi 37 gol dan 20 assist.

Kehadiran Dani Alves tentu diharapkan bisa membuat performa tim lebih baik lagi. Barcelona saat ini mengalami periode yang cukup buruk. Ronald Koeman bahkan dipecat karena ketidakmampuannya mengangkat performa Barca.

Baca Juga: 10 Pemain Top dengan Skill Mirip Andres Iniesta, Legenda Barcelona

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya