5 Kemenangan Terbesar Sir Alex Ferguson Bersama MU

Gak heran dengan hasil mumpuni dari pelatih legendaris 

Sir Alex Ferguson adalah salah satu pelatih terbaik di dunia. Selama menangani Manchester United, ia berhasil meraih puluhan gelar bergengsi baik domestik maupun dunia. Karena pencapaiannya tersebut, pria asal Skotlandia itu dicap sebagai pelatih tersukses di sepak bola Inggris.

Secara total, ia telah melatih Manchester United selama 27 tahun. Dalam karier kepelatihannya melatih Setan Merah, Ferguson tentu pernah menciptakan sejarah dengan kemenangan-kemenangan dengan skor fantastis. Berikut ini lima kemenangan terbesar yang pernah direngkuh Ferguson selama menangani Manchester United.

1. Manchester United vs Ipswich Town (9-0) 

5 Kemenangan Terbesar Sir Alex Ferguson Bersama MUthesportsman.com

Pada 4 Maret 1995, Manchester United berhasil menggulung tamunya, Ipswich Town dengan skor yang sangat telak yani 9-0. Laga tersebut terjadi di pertandingan Premier League dan dimainkan di Old Trafford. Lima dari sembilan gol tersebut diborong oleh penyerang asal Inggris, Andy Cole.

Sementara empat gol yang lain dicetak oleh Mark Hughes (2), Paul Ince (1), dan Roy Keane (1). Sayangnya, Manchester United hanya mampu mengakhiri musim di posisi runner-up pada musim tersebut. Setan Merah hanya terpaut satu poin dari Blackburn Rovers.

2. Nottingham Forest vs Manchester United (1-8) 

5 Kemenangan Terbesar Sir Alex Ferguson Bersama MUpremierleague.com

Ole Gunnar Solskjaer menjadi bintang pada pertandingan melawan Nottingham Forest di Premier League pada 6 Februari 1999. Dalam pertandingan tersebut, Manchester United berhasil menggilas sang lawan di kandangnya sendiri dengan skor 1-8. Solskjaer yang masuk sebagai pengganti mampu menciptakan empat gol alias quattrick dalam kurun waktu tak sampai 20 menit.

Pria asal Norwegia itu memang dikenal sebagai supersub selama menjadi pemain. Musim tersebut juga menjadi salah satu tahun yang terbaik bagi Manchester United dan khususnya Solskjaer. Mereka berhasil merengkuh treble winners setelah di partai final Liga Champions mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 2-1. Dua gol Manchester United saat itu dicetak oleh Teddy Sheringham menit ke-91 dan Solskjaer menit ke-93.

3. Manchester United vs Barnsley (7-0) 

5 Kemenangan Terbesar Sir Alex Ferguson Bersama MUpremierleague.com

Pada lanjutan Premier League yang dilaksanakan pada 25 Oktober 1997, Manchester United berhasil pesta gol ke gawang tamunya, Barnsley dengan skor 7-0. Di babak pertama, Setan Merah sudah unggul empat gol melalui tiga gol Andy Cole dan satu gol Ryan Giggs.

Di babak kedua, Manchester United tak mengendurkan serangan sama sekali. Alhasil, tiga gol kembali tercipta melalui Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Karel Poborsky. Di akhir musim tersebut, United hanya mampu berada di posisi kedua. Mereka hanya tertinggal satu poin dari Arsenal yang berada di puncak klasemen.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

4. Manchester United vs Arsenal (8-2) 

5 Kemenangan Terbesar Sir Alex Ferguson Bersama MUskysports.com

Manchester United tampil superior dari Arsenal pada pekan ketiga Premier League musim 2011/12. Pertandingan yang dihelat pada 28 Agustus itu, Setan Merah berhasil mempermalukan Arsenal dengan skor 8-2 di Old Trafford. Dalam laga itu, Wayne Rooney berhasil memborong tiga gol alias hattrick. Gal-gol Rooney tercipta pada menit ke-41, 64, dan 82.

Sementara lima gol yang lain dicetak oleh Ashley Young (2), Danny Welbeck (1), Luis Nani (1), dan Park Ji-sung (1). Dua gol hiburan Arsenal dilesatkan Theo Walcott dan van Persie. Pada laga itu, Arsenal harus mengakhiri laga dengan 10 pemain setelah Jenkinson di kartu merah oleh wasit.

5. Manchester United vs West Ham United (7-1) 

5 Kemenangan Terbesar Sir Alex Ferguson Bersama MUTwitter/Squawka

Pada pekan ke-31 yang digelar pada 1 April tahun 2000, Manchester United berhasil mengandaskan perlawanan West Ham United di Old Trafford. Tim asuhan Alex Ferguson itu berpesta gol dengan skor akhir 7-1. Awalnya, Manchester United tertinggal terlebih dulu dari West Ham lewat gol Paulo Wanchope pada menit ke-10.

Namun setelah itu, Setan Merah seperti kerasukan setan beneran. Mereka tampil kesetanan dengan memborong tujuh gol sekaligus. Paul Scholes menjadi bintang pada pertandingan itu setelah mencetak hattrick. Di akhir musim, Ferguson kembali meraih trofi Premier League setelah unggul 18 poin dari Arsenal yang berada di peringkat kedua.

Dengan reputasi sebagai salah satu pelatih terbaik di Inggris, tak mengherankan jika Ferguson mampu menciptakan sejarah bagi Manchester United dengan rekor kemenangan terbanyak di Premier League. Dari kelima pertandingan itu, laga mana yang paling kamu ingat sampai saat ini?

Baca Juga: Jurgen Klopp Jadi Manager Terbaik, Sir Alex Ferguson: Dia Fantastis!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya