5 Legenda EPL dengan Catatan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang Masa

Mulai dari Alan Shearer hingga Sergio Aguero 

Meski terlihat mudah, melakukan tendangan penalti nyatanya bukan hal yang gampang. Seorang eksekutor harus memiliki keberanian serta ketenangan untuk bisa mencetak gol melalui titik putih.

Dalam sejarah English Premier League (EPL), ada sejumlah pemain yang dikenal sangat jago dalam mengkonversi tendangan penalti menjadi gol. Beberapa di antaranya bahkan berstatus sebagai legenda di kasta tertinggi Inggris tersebut. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Alan Shearer (54 gol) 

5 Legenda EPL dengan Catatan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang MasaAlan Shearer (nufc.co.uk)

Alan Shearer merupakan pemain dengan torehan gol penalti terbanyak dalam sejarah Premier League. Penyerang asal Inggris tersebut tercatat mampu menorehkan 54 gol dari titik putih. Tidak hanya itu, ia juga berstatus sebagai pencetak gol terbanyak di Premier League dengan 260 gol.

Semua torehan itu diciptakan Shearer bersama dua klub berbeda, yakni Blackburn Rovers dan Newcastle United. Meski menciptakan berbagai rekor individu, tapi Shearer hanya mampu meraih satu trofi dalam kariernya, yaitu gelar Premier League musim 1994/1995 bersama Blackburn.

2. Frank Lampard (43 gol) 

5 Legenda EPL dengan Catatan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang MasaFrank Lampard (thesefootballtimes.co)

Frank Lampard dikenal sebagai salah satu legenda terbaik dalam sejarah Chelsea. Sang gelandang memperkuat klub London Barat tersebut selama 13 tahun dari 2001–2014.

Dalam prosesnya, ia mampu membukukan 211 gol serta 150 assists dari 648 laga untuk The Blues. Catatan gol Lampard membuatnya menjadi top skor Chelsea sepanjang sejarah.

Di samping itu, sang pemain adalah pencetak gol penalti tertinggi kedua di Premier League dengan torehan 43 gol. Selain tampil untuk Chelsea, Lampard juga sempat berseragam West Ham United dan Manchester City di kasta tertinggi Inggris.

Baca Juga: 7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!

3. Steven Gerrard (31 gol) 

5 Legenda EPL dengan Catatan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang MasaSteven Gerrard (skysports.com)

Steven Gerrard menghabiskan hampir seluruh kariernya untuk membela satu klub, yakni Liverpool. Bersama tim Merseyside tersebut, sang gelandang mampu menciptakan 710 pertandingan di berbagai ajang. Ia sukses membukukan 186 gol serta 150 assists dari seluruh penampilannya tersebut.

Menariknya, ada 31 gol yang diciptakan Gerrard melalui titik penalti di kompetisi Premier League. Walau berhasil meraih banyak gelar juara, Gerrard gagal mengantarkan Liverpool memenangi trofi Premier League.

4. Mark Noble (28 gol) 

5 Legenda EPL dengan Catatan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang MasaMark Noble (skysports.com)

Mark Noble saat ini menjabat sebagai kapten West Ham United. Pria berusia 34 tahun tersebut sudah bermain untuk The Hammers sebanyak 544 pertandingan di semua kompetisi.

Dari seluruh laga itu, ia mampu membukukan 62 gol serta 61 assists. Noble berhasil mencetak 28 gol penalti di kompetisi Premier League.

Tidak hanya hebat dalam mengeksekusi penalti, sang pemain juga dikenal sebagai sosok yang sangat setia dengan klub. Buktinya, Noble sudah berseragam West Ham United sejak berada di tim akademi.

5. Sergio Aguero (27 gol) 

5 Legenda EPL dengan Catatan Gol Penalti Terbanyak Sepanjang MasaSergio Aguero (skysports.com)

Dominasi Manchester City dalam satu dekade terakhir tidak terlepas dari peran Sergio Aguero. Kontribusinya yang besar membuat The Cityzens sangat dominan di kompetisi domestik. Pria asal Argentina itu total mampu menciptakan 260 gol serta 73 assists dari 390 laga bersama Manchester City.

Dari seluruh golnya itu, ada 27 gol yang tercipta dari titik penalti di ajang Premier League. Kebersamaan Manchester City dan Aguero harus berakhir pada musim panas 2021. Sebab, kontrak Aguero saat itu sudah berakhir dan memilih melanjutkan karier bersama Barcelona.

 

Dalam daftar tersebut, Mark Noble menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif bermain di Premier League. Ia pun berpotensi menambah lagi torehan gol penaltinya. Di sisi lain, torehan Alan Shearer sepertinya bakal bertahan lama di kasta tertinggi Inggris tersebut.

Baca Juga: 5 Legenda Premier League yang Kini Latih Klub-klub Inggris

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya