5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di Liverpool

Tidak ada jaminan Klopp bakal terus melatih The Reds

Jurgen Klopp ditunjuk sebagai pelatih Liverpool sejak tahun 2015. Pelatih asal Jerman ini kala itu menggantikan posisi Brendan Rodgers yang dipecat oleh manajemen The Reds. Sejak saat itu, Klopp berhasil membangkitkan Liverpool dan sukses mempersembahkan banyak sekali gelar juara.

Namun, kontrak Klopp bersama Liverpool akan berakhir pada 2024. Sejauh ini belum ada jaminan ia bakal terus bertahan di Anfield. Apabila Klopp sudah tidak lagi melatih Jordan Henderson dan kolega, Liverpool harus menyiapkan pengganti yang sepadan. Setidaknya ada lima kandidat pelatih yang dinilai layak menggantikan Klopp.

1. Steven Gerrard 

5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di LiverpoolSteven Gerrard (skysports.com)

Steven Gerrard merupakan salah satu legenda terbaik Liverpool. Karier kepelatihan Gerrard bisa dibilang cukup istimewa. Ia sempat mengantarkan Rangers juara Liga Skotlandia tanpa kekalahan pada musim 2020/2021.

Kini pria berusia 41 tahun tersebut kembali ke Inggris dengan melatih Aston Villa. Sejauh ini Gerrard berhasil membangkitkan performa klub dan membuat Aston Villa bertengger di urutan kesembilan.

2. Hansi Flick 

5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di LiverpoolHansi Flick (skysports.com)

Hansi Flick tampil begitu impresif saat melatih Bayern Munchen. Berkat tangan dinginnya, Die Roten berhasil menyabet 6 trofi sekaligus dalam setahun. Performa ciamik itu membuat dirinya diangkat menjadi pelatih tim nasional Jerman menggantikan posisi Joachim Loew.

Di bawah asuhannya, Timnas Jerman menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Kontrak Flick bersama Die Mannschaft akan berakhir pada tahun 2024. Ia mungkin bisa menggantikan peran Jurgen Klopp di Liverpool.

Baca Juga: Hansi Flick Catat Rekor Mengerikan Bareng Timnas Jerman

3. Julian Nagelsmann 

5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di LiverpoolJulian Nagelsmann (fcbayern.com)

Setelah kehilangan Hansi Flick, Bayern Munchen langsung menunjuk Julian Nagelsmann sebagai nakhoda baru. Pria yang berusia 34 tahun itu pertama kali mencuat saat melatih TSG Hoffenheim. Walau tidak meraih gelar juara, ia berhasil membawa klub tersebut masuk ke dalam kompetisi Liga Champions.

Setelah itu, sang pelatih melanjutkan kariernya bersama RB Leipzig. Die Roten Bullen sukses diantarkan Nagelsmann sampai semifinal Liga Champions pada musim 2019/2020. Kini ia menangani Bayern Munchen dan berpeluang membawa tim memenangi treble winner pada musim 2021/2022. Dengan pengalaman yang dimiliki, Nagelsmann dianggap layak untuk menjadi penerus Jurgen Klopp di Liverpool.

4. Mauricio Pochettino 

5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di LiverpoolMauricio Pochettino (skysports.com)

Mauricio Pochettino memiliki reputasi yang cukup baik saat melatih Tottenham Hotspur. Meski gagal meraih trofi, ia setidaknya berhasil membuat Spurs menjadi klub yang disegani. Di sisi lain, klub asal London Utara itu juga dapat bersaing di papan atas Premier League.

Lebih istimewanya, Tottenham Hotspur sukses menembus final Liga Champions pada musim 2018/2019. Saat ini Pochettino tengah melatih klub besar Prancis, Paris Saint-Germain. Akan tetapi, ia santer diberitakan bakal dipecat pada akhir musim karena gagal membawa PSG bersaing di kompetisi Liga Champions.

5. Pep Lijnders 

5 Pelatih Top yang Dapat Menggantikan Peran Jurgen Klopp di LiverpoolPep Lijnders (skysports.com)

Nama Pep Lijnders mungkin tidak terlalu familier di telinga para pencinta sepak bola. Maklum saja, ia hanya bekerja di balik layar alias sebagai asisten Jurgen Klopp di Liverpool. Pria berusia 39 tahun itu telah bekerja untuk The Reds sejak tahun 2014.

Jika mampu memaksimalkan potensi Lijnders, Liverpool tidak perlu susah-susah mencari pengganti Klopp. Lijnders bisa jadi solusi terbaik karena sudah mengenal kualitas para pemain Liverpool.

 

Menggantikan Jurgen Klopp tentu bukan pekerjaan yang mudah. Walau begitu, kelima pelatih tersebut dinilai sangat layak untuk menjadi penerus Klopp di Anfield.

Baca Juga: Juergen Klopp Turun Gunung Demi Rekrut Titisan Steven Gerrard

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya