5 Pelatih dengan Jumlah Gelar Juara Terbanyak sejak 2000

Pep Guardiola dan Jose Mourinho masuk daftar

Trofi biasanya menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan seorang pelatih sepak bola. Untuk bisa mendapatkan banyak gelar juara, mereka memerlukan komposisi skuad yang menjanjikan.

Sejak 2000, terdapat sejumlah pelatih yang berhasil meraih banyak trofi. Beberapa nama di antaranya bahkan pernah melatih tim-tim besar Eropa. Ini lima pelatih ternama dengan jumlah gelar juara terbanyak sejak milenium baru.

1. Pep Guardiola (32 trofi) 

5 Pelatih dengan Jumlah Gelar Juara Terbanyak sejak 2000Pep Guardiola (skysports.com)

Pep Guardiola merupakan pelatih terbaik pada abad ke-21. Pelatih asal Spanyol itu baru saja menambah perolehan trofinya beberapa waktu lalu. Ia berhasil memenangi gelar juara English Premier League (EPL) 2021/2022. Kini, sang pelatih sudah meraih total 32 gelar juara.

Torehan itu diciptakan Guardiola bersama tiga klub berbeda, yakni Barcelona, Bayern Muenchen, dan Manchester City. Pria berusia 51 tahun tersebut tercatat pernah dinobatkan sebagai pelatih terbaik di dunia sebanyak dua kali pada 2008 dan 2010. Keduanya tercipta saat menangani Barcelona.

2. Mircea Lucescu (29 trofi) 

5 Pelatih dengan Jumlah Gelar Juara Terbanyak sejak 2000Mircea Lucescu (skysports.com)

Mircea Lucescu sudah menjadi pelatih lebih dari 3 dekade. Ada banyak sekali klub besar Eropa yang merasakan tangan dingin pria berusia 76 tahun tersebut, seperti Inter Milan, Galatasaray, Besiktas, Shakhtar Donetsk, hingga Dynamo Kiev.

Dari belasan tim yang dilatih, kesuksesan besar Lucescu datang saat menangani Shakhtar Donetsk. Sepanjang karier kepelatihannya, ia meraih total 35 gelar juara. Namun, jika dihitung dari 2000, Lucescu memenangi 29 trofi saja.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Menolak Tawaran untuk Jadi Pelatih Chelsea

3. Jose Mourinho (25 trofi) 

5 Pelatih dengan Jumlah Gelar Juara Terbanyak sejak 2000Jose Mourinho (skysports.com)

Meski dikenal sebagai sosok kontroversial, Jose Mourinho termasuk salah satu pelatih terbaik pada abad ini. Pasalnya, pria asal Portugal tersebut sudah meraih total 25 gelar juara bersama klub-klub yang ditanganinya. Sederet tim elite sudah pernah dilatih Mourinho, seperti Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan AS Roma.

Dari sekian banyak klub itu, hanya Tottenham Hotspur yang gagal meraih gelar juara di bawah asuhan pria berusia 59 tahun tersebut. Mourinho sendiri memulai karier kepelatihannya dengan menangani Benfica pada 2000.

4. Carlo Ancelotti (23 trofi) 

5 Pelatih dengan Jumlah Gelar Juara Terbanyak sejak 2000Carlo Ancelotti (planetfootball.com)

Carlo Ancelotti saat ini berstatus sebagai nakhoda Real Madrid. Sepanjang karier kepelatihannya, ia pernah melatih beberapa klub besar, seperti Juventus, AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain, Bayern Muenchen, hingga Napoli.

Pada abad ke-21, pria berpaspor Italia itu sukses meraih total 23 gelar juara. Terbaru, Ancelotti memenangi trofi Liga Champions Eropa 2021/2022 bersama Real Madrid. Selain Real Madrid, gelar Liga Champions juga datang saat Ancelotti melatih AC Milan.

5. Sir Alex Ferguson (20 trofi) 

5 Pelatih dengan Jumlah Gelar Juara Terbanyak sejak 2000Sir Alex Ferguson (skysports.com)

Bagi para penggemar Manchester United, Sir Alex Ferguson merupakan pelatih terbaik dalam sejarah klub. Pasalnya, pria asal Skotlandia tersebut menjadi pelatih dengan perolehan gelar juara terbanyak di Old Trafford (48 trofi). Dari seluruh torehan itu, ada 20 gelar juara yang berhasil diraih Ferguson sejak 2000.

Berbagai trofi bergengsi sudah diberikan Ferguson kepada Setan Merah, mulai dari Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub. Pelatih yang kini berusia 80 tahun itu telah meninggalkan jabatannya di Manchester United sejak 2013 silam.

Kualitas para pelatih di atas jelas tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, puluhan gelar juara berhasil mereka raih di setiap klub yang dilatihnya. Terlepas dari perolehan trofi, menurutmu siapa pelatih terbaik pada abad ke-21?

Baca Juga: 5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya