5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim Prestasi

Menukangi tim sekelas Man United bukanlah pekerjaan mudah

Manchester United bisa dibilang sebagai salah satu klub terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris. Pasalnya, Setan Merah sudah meraih banyak sekali gelar juara di kompetisi domestik maupun Eropa. Sebagian besar kesuksesan Manchester United itu didapat ketika masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson atau akrab disapa Fergie.

Namun, setelah Fergie pensiun, cukup banyak pelatih yang gagal menangani Manchester United. Beberapa di antaranya bahkan gagal meraih gelar juara. Berikut ini lima pelatih terburuk dalam sejarah Setan Merah.

1. David Moyes 

5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim PrestasiDavid Moyes ketika melatih Manchester United (goal.com)

David Moyes menjabat sebagai pelatih Manchester United pada tahun 2013. Ketika itu, pria asal Skotlandia ini ditunjuk langsung oleh Sir Alex Ferguson untuk menjadi penggantinya. Sayangnya, kiprah Moyes tidak berjalan mulus di Old Trafford.

Ia justru gagal membawa tim bersaing di papan atas klasemen Premier League. Hanya bertahan selama 10 bulan, Moyes kemudian dipecat oleh manajemen Manchester United. Meski tergolong sangat singkat, tapi Moyes berhasil mempersembahkan satu gelar juara, yakni Community Shield.

2. Louis van Gaal

5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim PrestasiLouis Van Gaal ketika melatih Manchester United (skysports.com)

Setelah tampil apik bersama tim nasional Belanda di Piala Dunia 2014, Louis van Gaal kemudian memutuskan untuk melanjutkan karier kepelatihannya dengan menangani Manchester United. Ia saat itu mendapatkan kepercayaan penuh dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang di bursa transfer musim panas.

Nama-nama besar seperti Memphis Depay, Angel Di Maria, Radamel Falcao, Ander Herrera, hingga Bastian Schweinsteiger berhasil didatangkan van Gaal ke Old Trafford. Namun, performa Manchester United justru jauh dari kata memuaskan selama dilatih van Gaal. Setan Merah tercatat hanya memenangi trofi Piala FA selama ditangani pria asal Belanda itu.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester United

3. Frank O'Farrell 

5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim PrestasiFrank O'Farrell ketika melatih Manchester United. (buzz.ie)

Frank O'Farrell pertama kali dipercayai menjadi pelatih Manchester United pada tahun 1971. Ia saat itu memiliki tugas berat karena harus menggantikan posisi dari Sir Matt Busby. Diharapkan tampil apik, Manchester United justru mengalami penurunan performa yang cukup drastis di bawah asuhannya.

Bahkan, O'Farrell dikabarkan sempat berselisih dengan bintang Setan Merah, George Best. O’Farrell kemudian dipecat oleh manajemen Manchester United pada Desember 1972. Padahal, kontrak sang pelatih saat itu masih menyisakan tiga tahun lagi.

4. Jose Mourinho 

5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim PrestasiJose Mourinho ketika melatih Manchester United. (manutd.com)

Jose Mourinho ditunjuk sebagai pelatih Manchester United pada awal musim 2016/2017. Sebagai sosok yang selalu berhasil meraih gelar juara bersama tim-tim besar, pelatih asal Portugal ini juga diharapkan bisa melakukannya di Old Trafford. Di musim debutnya, ia mampu membawa Setan Merah tampil impresif dengan memenangi Piala Liga Inggris dan Liga Europa.

Namun, penampilan David de Gea dan kolega menurun sangat drastis di musim berikutnya. Karena dianggap gagal, manajemen Setan Merah memutuskan untuk memecat Mourinho pada Desember 2018.

5. Ole Gunnar Solskjaer 

5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim PrestasiOle Gunnar Solskjaer ketika melatih Manchester United. (manutd.com)

Setelah memecat Jose Mourinho, Manchester United memutuskan untuk menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih sementara. Namun, siapa sangka, pria asal Norwegia ini berhasil membuat performa Setan Merah jauh lebih impresif. Alhasil, ia mendapatkan kontrak permanen dari pihak manajemen Manchester United pada musim panas 2019.

Solskjaer diikat kontrak selama 5 tahun hingga 2024. Sayangnya, penampilan Manchester United kembali menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Ia saat ini bahkan berada di bawah tekanan dan terancam dipecat dari Old Trafford. Lebih mengecewakannya lagi, Solskjaer belum mempersembahkan satu gelar juara pun untuk Manchester United sejauh ini.

 

Itulah lima pelatih terburuk dalam sejarah Manchester United. Dari sekian nama tersebut, hanya Jose Mourinho yang sukses mempersembahkan lebih dari satu gelar juara. Di samping itu, Manchester United belum juga meraih trofi Premier League sejak tahun 2013.

Baca Juga: 5 Rekor Buruk Ole Gunnar Solskjaer sebagai Pelatih Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya