5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester United

Siapa yang rindu Sir Alex Ferguson?

Para penggemar Manchester United tentunya sudah tidak asing mendengar nama Sir Alex Ferguson. Ia adalah salah satu pelatih tersukses yang pernah menangani Manchester United. Saat dibesut Sir Alex Ferguson, Manchester United menjelma salah satu tim raksasa di Liga Inggris.

Karena perannya yang begitu besar bersama Manchester United, tak heran jika banyak penggemar yang merindukan kehadiran Sir Alex Ferguson di lapangan hijau. Untuk mengobati kerinduan kalian, berikut kami tampilkan lima fakta unik Sir Alex Ferguson yang jarang diketahui orang.

1. Terobsesi dengan John F. Kennedy

5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester Unitedpotret Sir Alex Ferguson (manutd.com)

Sir Alex Ferguson diketahui sangat mengidolakan sosok John F. Kennedy. Ia mengatakan bahwa JFK sangat memengaruhi dirinya saat menjadi seorang pemimpin. Ferguson menyimpan kekagumannya kepada JFK sebagai presiden muda Amerika Serikat yang menghadapi banyak tantangan saat ia menjabat presiden, seperti perang dingin, perang Vietnam, dan revolusi Kuba.

Selain itu, Ferguson juga sangat tertarik dengan kasus kematian John F. Kennedy. Ia pernah diberi 35 CD yang berisikan tentang pembunuhan JFK oleh politisi Partai Buruh Inggris, Gordon Brown. Selain itu, Ferguson juga menyimpan salinan laporan otopsi John F. Kennedy yang ia simpan di kamar tidurnya. Tak hanya itu, ia juga memiliki salinan Warren Report yang merupakan laporan dari panitia yang dibentuk Presiden Lyndon Johnson untuk menyelidiki peristiwa pembunuhan JFK.

2. Sempat terseok-seok di awal musim saat menangani MU

5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester Unitedpotret Sir Alex Ferguson (eurosport.com)

Di balik kegemilangannya bersama Manchester United, Sir Alex Ferguson sempat mengalami kesulitan pada masa awal kedatangannya di Old Trafford. Ferguson baru mempersembahkan kemenangan pertama bersama Manchester United di laga ketiganya. Pada dua laga sebelumnya, Manchester United menderita satu kali kekalahan dan satu kali hasil imbang saat itu.

Ferguson juga baru mempersembahkan gelar pertama untuk Manchester United di musim ketiganya. Saat itu, ia mempersembahkan Piala FA bagi The Reds Devil setelah berhasil mengalahkan Crystal Palace di laga final. Gelar tersebut sekaligus menjadi titik balik bagi karier kepelatihan Sir Alex Ferguson bersama Manchester United.

Baca Juga: Sir Alex Ferguson di Mata Cristiano Ronaldo

3. Sosok yang tempramental

5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester Unitedpotret Sir Alex Ferguson (uefa.com)

Siapa sangka di balik kepiawaiannya meramu tim sepak bola, Sir Alex Ferguson merupakan sosok yang tempramental. Dalam karier kepelatihannya bersama Manchester United, ia sudah 17 kali diusir wasit dari lapangan. Ia sering diusir karena memprotes keputusan wasit kepada official pertandingan.

Selain kepada official pertandingan, Sir Alex Ferguson juga sering meluapkan emosinya kepada para pemain. David Beckham merupakan salah satu korban kemarahan Ferguson di ruang ganti. Saat itu Beckham ditendang sepatu bola hingga mengenai pelipis matanya oleh Sir Alex Ferguson karena bermain kurang apik saat menghadapi Arsenal di Piala FA tahun 2003.

4. Permen karet terakhirnya terjual Rp7,9 miliar

5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester Unitedpotret Sir Alex Ferguson (mirror.co.uk)

Sir Alex Ferguson memang dikenal sering mengunyah permen karet saat sedang melatih Manchester United. Kebiasaannya mengunyah permen karet dilakukan sejak ia pertama kali menginjakkan kaki di Old Trafford. Saat itu, Jim McGregor yang merupakan fisioterapis Manchester United menawarkan permen karet kepada Sir Alex Ferguson untuk mengatasi batuk yang ia derita.

Salah satu permen karet bekas kunyahan Sir Alex Ferguson pernah terjual seharga 390.000 poundsterling atau satara 7,9 milliar rupiah. Permen karet tersebut merupakan permen karet yang terakhir kali ia kunyah kala melatih Manchester United. Hasil penjualan permen tersebut didonasikan kepada badan amal milik Manchester United.

5. Memenangkan 38 trofi bersama Manchester United

5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson, Pelatih Tersukses Manchester Unitedpotret Sir Alex Ferguson (goal.com)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Sir Alex ferguson merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah Manchester United. Selama 26 tahun menukangi setan merah, Ferguson telah mempersembahkan 38 gelar juara. Gelar tersebut di antaranya 13 kali juara Liga Primer Inggris, 2 kali juara Liga Champions, dan 5 kali Piala FA.

Gelar terakhir yang ia persembahkan kepada Manchester United adalah juara Liga Primer Inggris musim 2012/2013. Gelar tersebut sekaligus sebagai kado perpidsahan yang manis bagi Manchester United.

 

Meskipun sudah tidak menangani Manchester United, Sir Alex Ferguson tetap hadir untuk menyaksikan pertandingan dari tribun penonton. Hal tersebut membuktikan kecintaannya kepada The Red Devils. Pertandingan Manchester United mana yang kalian ingat saat masih dilatih Sir Alex Ferguson?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Manchester United Era Sir Alex Ferguson, Ada Ronaldo!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Law student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya