5 Pelatih Tercepat yang Raih 250 Kemenangan Bersama Klub Inggris

Rekor Pep Guardiola sepertinya bakal bertahan sangat lama

English Premier League (EPL) telah diakui banyak orang sebagai kompetisi paling ketat dan seru di dunia. Pasalnya, kasta tertinggi di Inggris tersebut diisi oleh banyak sekali pemain dan pelatih bintang.

Bicara soal pelatih, ada sejumlah nama yang berhasil mencatatkan rekor dalam buku sejarah Premier League. Salah satu prestasi yang berhasil ditorehkan adalah meraih 250 kemenangan tercepat. Lantas, siapa saja pelatih yang mampu melakukan hal tersebut? Check this out!

1. Pep Guardiola (344 pertandingan) 

5 Pelatih Tercepat yang Raih 250 Kemenangan Bersama Klub InggrisPep Guardiola (twitter.com/SquawkaNews)

Pep Guardiola baru-baru ini berhasil mencatatkan namanya dalam buku sejarah kompetisi Inggris. Pria asal Spanyol itu mampu meraih 250 kemenangan hanya dalam 344 pertandingan bersama Manchester City. Guardiola sendiri mulai ditunjuk sebagai nakhoda The Citizens sejak tahun 2016.

Sejak saat itu, ia berhasil mempersembahkan 3 trofi Premier League, 1 Piala FA, 4 Piala Liga Inggris, dan 2 Community Shield. Gelar Liga Champions menjadi satu-satunya trofi yang belum diraih Guardiola bersama Manchester City.

2. Jose Mourinho (396 pertandingan) 

5 Pelatih Tercepat yang Raih 250 Kemenangan Bersama Klub InggrisJose Mourinho (skysports.com)

Kedatangan Jose Mourinho ke kompetisi Premier League masih dikenang sebagai salah satu periode paling berkesan di sepak bola Inggris. Pelatih asal Portugal itu langsung memberikan dampak besar di musim perdananya melatih Chelsea pada tahun 2004. Gelar juara Premier League musim 2004/2005 dan 2005/2006 menjadi bukti kehebatan Mourinho saat itu.

Di samping itu, Mourinho mampu meraih 250 kemenangan dalam 396 pertandingan bersama klub-klub asal Inggris. Selain menangani Chelsea, ia juga pernah menjadi nakhoda Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 5 Legenda Premier League yang Kini Latih Klub-klub Inggris

3. Kenny Dalglish (429 pertandingan) 

5 Pelatih Tercepat yang Raih 250 Kemenangan Bersama Klub InggrisKenny Dalglish (liverpoolfc.com)

Kenny Dalglish merupakan salah satu legenda terbaik dalam sejarah Liverpool. Ia tercatat melatih The Reds dalam dua periode berbeda, yakni pada tahun 1985--1991 dan 2011--2012. Pria asal Inggris tersebut berhasil meraih 250 kemenangan untuk tim dalam 429 pertandingan.

Kini, Dalglish menjadi anggota dewan di Liverpool. Selain menangani Liverpool, Dalglish juga pernah melatih Blackburn Rovers dan Newcastle United di kompetisi Premier League.

4. Arsene Wenger (433 pertandingan) 

5 Pelatih Tercepat yang Raih 250 Kemenangan Bersama Klub InggrisArsene Wenger (skysports.com)

Arsenal menjadi satu-satunya klub asal Inggris yang pernah dilatih Arsene Wenger. Pelatih asal Prancis tersebut menangani The Gunners selama 22 tahun dari 1996--2018. Dalam prosesnya, ia sukses membawa Arsenal meraih tujuh belas gelar domestik.

Selain itu, Wenger mampu mencapai 250 kemenangan untuk klub dalam 433 pertandingan. Kini, pria berusia 72 tahun itu bekerja sebagai Direktur Pengembangan di FIFA.

5. Don Revie (439 pertandingan) 

5 Pelatih Tercepat yang Raih 250 Kemenangan Bersama Klub InggrisDon Revie (fourfourtwo.com)

Sepanjang karier kepelatihannya, Don Revie hanya menangani Leeds United di kompetisi Inggris. Ia menjadi nakhoda The Whites selama 13 tahun dari 1961--1974. Empat gelar juara berhasil dipersembahkan Revie saat itu, termasuk dua trofi Premier League.

Revie tercatat mencapai 250 kemenangan untuk Leeds dalam 439 pertandingan. Setelah tampil apik bersama Leeds, ia kemudian ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Inggris pada 1974. Revie hanya menangani The Three Lions selama tiga tahun.

 

Rekor Pep Guardiola sepertinya bakal bertahan sangat lama di kompetisi Inggris. Kalaupun ada yang bisa memecahkan rekor tersebut, seorang pelatih harus memiliki skuad yang lebih baik dari Manchester City era Guardiola.

Baca Juga: Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal Musim

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya