5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk Chelsea

Ada pemain yang sempat tampil di Indonesia, lho!

Chelsea salah satu klub terbaik di English Premier League (EPL). Dalam sejarahnya, klub asal London Utara tersebut sudah meraih banyak sekali gelar juara, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Kesuksesan The Blues selama ini tentu tidak lepas dari peran pemain bintangnya. Dari sekian banyak bintang yang bermain di Stamford Bridge, ada sejumlah nama yang berasal dari Afrika.

1. Didier Drogba 

5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk ChelseaDidier Drogba (skysports.com)

Didier Drogba adalah salah satu legenda terbaik dalam sejarah Chelsea. Penyerang asal Pantai Gading tersebut membela The Blues dalam dua periode berbeda. Jika ditotal, maka ia bermain di Stamford Bridge selama 9 tahun.

Drogba sukses mempersembahkan 4 trofi Premier League, 1 Liga Champions, 4 Piala FA, dan 3 Piala Liga Inggris. Ia mampu menciptakan 164 gol dan 87 assist dari 381 pertandingan. Drogba menjadi pemain Afrika pertama yang mampu mencetak seratus gol di kasta tertinggi Liga Inggris.

2. Michael Essien 

5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk ChelseaMichael Essien (planetfootball.com)

Michael Essien merupakan pemain Afrika termahal dalam sejarah Chelsea. Ia direkrut The Blues dari Lyon seharga 38 juta euro atau setara Rp598 miliar pada musim panas 2005. Tidak butuh waktu lama, sang pemain tampil mengesankan sejak musim debutnya di Stamford Bridge.

Bersama Claude Makelele, mereka membentuk duet yang sangat menjanjikan di lini tengah. Selama 7 tahun membela Chelsea, Essien mampu bermain sebanyak 256 kali dan mencetak 25 gol serta 18 assist. Setelah hengkang dari Stamford Bridge, Essien sempat tampil untuk sejumlah tim berbeda, termasuk bermain bersama Persib Bandung pada 2017.

Baca Juga: Kisah Didier Drogba, Legenda Chelsea yang Menghentikan Perang Saudara

3. John Obi Mikel 

5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk ChelseaJohn Obi Mikel (skysports.com)

John Obi Mikel tiba di Chelsea setelah direkrut dari FK Lyn pada 2006. Di bawah asuhan Jose Mourinho, pemain asal Nigeria itu memantapkan dirinya sebagai starter di lini tengah. Mikel tercatat mampu membuat 372 pertandingan dan mencetak 6 gol serta 13 assist selama 8 tahun di Stamford Bridge.

Mikel juga berhasil memenangi 2 gelar Premier League, 1 Liga Europa, 4 Piala FA, dan 2 Piala Liga Inggris bersama Chelsea. Setelah kontraknya berakhir, Mikel memutuskan melanjutkan karier ke klub China, Tianjin TEDA, pada Januari 2017.

4. Salomon Kalou 

5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk ChelseaSalomon Kalou (skysports.com)

Chelsea menjadi satu-satunya klub Inggris yang pernah dibela Salomon Kalou. Pemain asal Pantai Gading tersebut berseragam The Blues selama 6 tahun pada 2006—2012. Dalam prosesnya, ia berhasil mencetak 60 gol dan 44 assist dari 254 pertandingan di berbagai kompetisi.

Momen paling berkesan Kalou adalah berhasil mengantarkan The Blues juara Liga Champions pada 2012. Kalou saat itu menjadi salah satu pemain kunci Chelsea. Selain memenangi trofi Liga Champions, ia juga meraih 1 gelar Premier League, 4 Piala FA, dan 1 Piala Liga Inggris bersama Chelsea.

5. Celestine Babayaro

5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk ChelseaCelestine Babayaro (twitter.com/fasttracknaija)

Celestine Babayaro adalah bek sayap kiri terbaik Chelsea pada masanya. Pemain asal Nigeria itu diboyong The Blues dari Anderlecht pada 1997. Awalnya, ia terlihat kesulitan untuk beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Namun, seiring berjalannya waktu, Babayaro berhasil menjadi pemain kunci di Stamford Bridge.

Babayaro tercatat membela Chelsea selama 7 tahun. Dari 194 pertandingan, ia mampu menciptakan 8 gol dan 6 assist. Babayaro berhasil memenangi gelar Premier League, Piala Liga Inggris, Piala Super UEFA, dan Community Shield sebelum hengkang ke Newcastle United pada 2005.

Karena kontribusi yang besar, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai pemain Afrika terbaik dalam sejarah Chelsea. Siapa yang paling kamu favoritkan dalam daftar tersebut?

Baca Juga: Karier Essien, dari Bintang Eropa Lalu Diputus Kontrak Persib

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya