5 Pemain Aktif yang Paling Loyal Bersama Klubnya

Layak mendapatkan predikat one man club 

Sepak bola era sekarang bukan sekadar olahraga, tetapi juga bisnis. Tak ayal jika banyak pemain sepak bola berbondong-bondong mencari klub elite untuk mendapatkan gaji besar atau setidaknya sesuai harapan.

Kendati demikian, masih ada pemain yang mengutamakan kesetiaan atau loyalitas daripada keuntungan finansial. Saking loyalnya, ada beberapa nama yang mendapatkan predikat one man club. Berikut lima pemain aktif yang paling loyal bersama klubnya.

1. Sergio Busquets (Barcelona sejak 2007)

5 Pemain Aktif yang Paling Loyal Bersama KlubnyaSergio Busquets (twitter.com/FCBarcelona)

Pemain aktif yang memiliki kesetiaan paling tinggi terhadap klubnya adalah Sergio Busquets. Gelandang asal Spanyol ini merupakan produk akademi La Masia. Ia naik kasta ke tim utama pada 2007. Hingga saat ini, peran Busquets di lini tengah belum tergantikan meski usianya telah menginjak 34 tahun.

Soal gelar juara, Busquets tidak perlu diragukan lagi. Ia memenangi 8 trofi LaLiga, 3 trofi Liga Champions Eropa, dan 3 trofi Piala Dunia Antarklub. Sayangnya, Busquets harus mengakhiri kerja samanya dengan Barcelona pada akhir musim 2022/2023. Ia sendiri belum membeberkan rencana masa depannya. Namun, banyak berita yang menyebutkan ia akan hijrah ke Liga Arab Saudi.

2. Thomas Mueller (Bayern Munich sejak 2008)

5 Pemain Aktif yang Paling Loyal Bersama KlubnyaThomas Muller (instagram.com/esmuellert)

Thomas Mueller adalah gelandang serang andalan Bayern Munich. Sama seperti Sergio Busquets, ia juga hanya membela satu klub sepanjang karier profesionalnya. Ia promosi ke skuad utama pada 2008. Itu artinya Mueller telah berseragam Die Roten selama 15 tahun.

Statistik pemain berusia 33 tahun ini pun impresif. Ia sudah membukukan 235 gol dan 255 assist dalam 664 laga di semua kompetisi. Jumlah gol itu membuat Mueller menempati urutan ketiga top skor Bayern Munich sepanjang masa. Sementara itu, torehan assist Mueller menjadi yang terbaik dalam sejarah klub.

Baca Juga: Akhir Manis Sergio Busquets di Barcelona

3. Koke (Atletico Madrid sejak 2008) 

5 Pemain Aktif yang Paling Loyal Bersama KlubnyaKoke (twitter.com/Atleti)

Koke merupakan kapten sekaligus gelandang andalan Atletico Madrid. Pemain yang memiliki nama lengkap Jorge Resurreccion Merodio ini bergabung dengan akademi pada usia 8 tahun. Ia kemudian debut untuk tim utama pada 2008.

Kontribusi Koke bersama Atletico Madrid begitu besar. Pemain berusia 31 tahun itu berhasil mempersembahkan total delapan gelar juara. Di samping itu, ia sukses menciptakan 47 gol dan 111 assist dari 582 pertandingan di berbagai ajang.

4. Anthony Lopes (Olympique Lyon sejak 2008) 

5 Pemain Aktif yang Paling Loyal Bersama KlubnyaAnthony Lopes (twitter.com/OL)

Anthony Lopes merupakan kiper berpaspor Portugal yang menghabiskan seluruh kariernya di Olympique Lyon. Lopes bergabung dengan tim muda Lyon pada 2000. Berselang 8 tahun setelahnya, ia berhasil menembus tim utama dan melakukan debut.

Refleks dan distribusi bola yang baik menjadi keunggulan Lopes daripada kiper Ligue 1 Prancis lainnya. Kontrak kiper berusia 32 tahun itu bersama Lyon masih tersisa hingga 2025. Melihat situasi, kondisi, dan umurnya yang tidak lagi muda, Lopes sepertinya akan pensiun di Groupama Stadium setelah kontraknya berakhir.

5. Stefan Radu (Lazio sejak 2008) 

5 Pemain Aktif yang Paling Loyal Bersama KlubnyaStefan Radu (twitter.com/OfficialSSLazio)

Lazio merekrut Stefan Radu dari klub Romania, FC Dinamo, pada musim panas 2008. I Biancoceleste saat itu membayar biaya transfer senilai 4,75 juta euro atau Rp76 miliar. Meski dibeli dengan harga yang sangat murah, Radu berhasil memberikan dampak yang besar bagi klub yang berbasis di Roma tersebut.

Bek berusia 36 tahun itu membantu tim memenangi Supercoppa Italiana dan Coppa Italia masing-masing tiga kali. Selain itu, Radu juga sukses membukukan 426 penampilan dan mencetak 8 gol dan 21 assist. Kontrak Radu akan berakhir pada Juni 2023 nanti. Ia telah mengungkapkan bakal gantung sepatu setelah kerja sama dengan Lazio usai.

Loyalitas seorang pesepak bola begitu mahal pada era modern. Tentunya ada banyak faktor yang membuat mereka betah bertahan di klubnya saat ini. Dalam daftar di atas, siapa pemain yang kamu idolakan?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Bundesliga Terlama yang Membela 1 Klub, Ada Mueller!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya