Comscore Tracker

5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga Alba

Barcelona hanya meraih satu gelar juara pada musim ini

Musim ini mungkin bukan menjadi tahun yang terbaik bagi Barcelona. Meski berhasil meraih gelar Copa del Rey, klub berjuluk Blaugrana tersebut bisa dikatakan gagal total di LaLiga. Tim asuhan Ronald Koeman itu hanya bisa finis di urutan ketiga pada musim ini.

Walau tampil tak terlalu istimewa, beberapa pemain tetap tampil menjanjikan. Bahkan, ada juga pemain yang tak tergantikan perannya sepanjang musim ini. Berikut ini lima pemain kunci Barcelona pada musim 2020/2021.

1. Lionel Messi 

5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga AlbaLionel Messi. (eurosport.com)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Barcelona juga masih mengandalkan Lionel Messi pada musim ini. Walau secara usia tidak lagi muda, pemain asal Argentina itu tetap tampil cemerlang dengan mengoleksi 30 gol dan 11 assist dari 35 pertandingan di LaLiga. Catatan tersebut membuat pemain asli akademi La Masia tersebut menjadi pencetak gol terbanyak di ajang tertinggi Spanyol.

Meski tampil apik, masa depan Messi masih belum juga jelas di Camp Nou. Padahal, kontrak pemain berusia 33 tahun itu sudah berakhir pada musim ini. Bahkan, dalam pertandingan terakhir LaLiga, sang pemain meminta izin untuk tidak dimainkan oleh Barcelona.

2. Antoine Griezmann 

5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga AlbaAntoine Griezmann. (eurosport.com)

Antoine Griezmann didatangkan oleh Barcelona dari Atletico Madrid pada musim panas tahun 2019 dengan biaya sebesar 120 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun. Pada musim debutnya bermain di Camp Nou, sang pemain mendapatkan banyak kritikan karena gagal tampil apik. Musim ini performa pemain asal Prancis itu mulai sedikit terlihat.

Dari 51 pertandingan di semua ajang, Griezmann mampu menciptakan 20 gol dan 12 assist. Torehan itu membuat ia menjadi pemain paling produktif kedua setelah Lionel Messi. Penampilan terbaik Griezmann datang pada bulan Maret dan April saat ia mampu mengantarkan Barca meraih banyak kemenangan dan mencetak gol di partai final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 7 di Barcelona Sebelum Griezmann

3. Frenkie de Jong

5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga AlbaFrenkie De Jong. (acefootball.com)

Bersama Barcelona, Frenkie De Jong telah tumbuh menjadi salah satu gelandang terbaik di Eropa. Ia selalu menjadi andalan Ronald Koeman sepanjang musim ini. Pemain asal Belanda itu tercatat hanya sekali absen di ajang tertinggi Spanyol. Itu pun terjadi lantaran sang pemain mendapatkan akumulasi kartu kuning.

Dari 52 pertandingan di berbagai kompetisi, De Jong sukses membukukan 7 gol dan 8 assist. Ia juga berhasil mencatatkan tingkat penyelesaian operan sebesar 92% di semua kompetisi untuk Barcelona. Jika melihat performanya itu, sang pemain sepertinya memiliki masa depan yang cerah di Camp Nou.

4. Ousmane Dembele 

5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga AlbaOusmane Dembele. (eurosport.fr)

Sejak bergabung dengan Barcelona pada tahun 2017, musim ini bisa dibilang menjadi tahun terbaik bagi Ousmane Dembele. Penyerang asal Prancis tersebut akhirnya bisa memberikan dampak signifikan bagi Blaugrana. Tercatat ia berhasil tampil sebanyak 44 pertandingan di semua kompetisi.

Dari seluruh laga tersebut, Dembele mampu menciptakan 11 gol dan 5 assist. Jika terus mampu tampil stabil, tidak menutup kemungkinan ia bakal menjadi pemain kunci Barcelona di masa mendatang. Meski bermain apik, beredar kabar bahwa Barcelona juga siap menjual sang pemain jika ada klub yang berminat.

5. Jordi Alba 

5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga AlbaJordi Alba. (football24.news)

Sejak diakuisisi dari Valencia pada tahun 2012, Jordi Alba selalu menjadi andalan Barcelona di posisi bek kiri. Dalam beberapa musim terakhir, performa pemain asal Spanyol tersebut memang mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah karena usia yang tak lagi muda. Meski demikian, sang pemain tetap memberikan penampilan yang sangat hebat pada musim ini.

Alba tercatat tampil di sebanyak 49 pertandingan dan membukukan 5 gol serta 15 assist di semua ajang. Dengan usia 32 tahun, sang pemain tentu tidak bisa terus tampil apik di setiap musimnya. Barcelona tentu perlu mendatangkan sosok pemain baru yang bisa menggantikan peran Alba.

 

Nah, itulah lima pemain kunci Barcelona pada musim 2020/2021. Selain nama-nama tersebut, tentunya terdapat beberapa pemain penting lainnya di balik perjalanan Barcelona pada musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya