5 Pemain yang Memberikan Kontribusi Besar di Balik Ketangguhan Arsenal

Mulai dari Bukayo Saka hingga Martin Odegaard 

Arsenal menutup paruh pertama English Premier League (EPL) 2022/2023 dengan hasil yang luar biasa. The Gunners berhasil memuncaki klasemen Premier League dengan torehan 50 poin dari 19 penampilan.

Performa ciamik Arsenal tersebut tentu tidak terlepas dari kontribusi besar pemain bintangnya. Setidaknya, ada lima pemain yang paling bersinar dalam ketangguhan Arsenal pada musim ini.

1. Bukayo Saka 

5 Pemain yang Memberikan Kontribusi Besar di Balik Ketangguhan ArsenalAksi Bukayo Saka dalam pertandingan Arsenal melawan Fulham pada pekan keempat English Premier League 2022/2023. (twitter.com/Arsenal)

Bukayo Saka tampil begitu konsisten bersama Arsenal sejauh ini. Pemain asal Inggris itu selalu menjadi starter dalam 19 pertandingan berturut-turut di Premier League. Dalam urusan mencetak gol, ia tidak perlu diragukan lagi. Saka mampu menorehkan 7 gol dan 7 assist di kasta tertinggi Liga Inggris itu.

Kontribusi besarnya itu menegaskan betapa pentingnya peran Saka di skuad asuhan Mikel Arteta tersebut. Terbaru, Saka mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti saat Arsenal menang 3-2 atas Manchester United.

2. Martin Odegaard 

5 Pemain yang Memberikan Kontribusi Besar di Balik Ketangguhan ArsenalMartin Odegaard (instagram.com/odegaard.98)

Keputusan Arsenal untuk mempermanenkan Martin Odegaard dari Real Madrid menjadi langkah yang tepat. Pemain asal Norwegia itu kini menjadi kreator serangan di lini tengah The Gunners dan perannya tidak pernah tergantikan. Menariknya, ia saat ini menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal di Premier League.

Odegaard telah menorehkan 8 gol dari 18 pertandingan yang telah dilalui. Tidak hanya bagus dalam urusan mencetak gol, ia juga menjalankan tugasnya dengan sangat baik dalam membantu para penyerang Arsenal mencetak gol. Odegaard tercatat telah membukukan enam assist sejauh ini.

Baca Juga: 5 Transfer Termahal Arsenal dari Klub LaLiga Spanyol, Ada Odegaard!

3. Gabriel Martinelli 

5 Pemain yang Memberikan Kontribusi Besar di Balik Ketangguhan ArsenalGabriel Martinelli (twitter.com/gabimartinelli)

Jika di sisi kanan serangan Arsenal ada Bukayo Saka, di sisi kiri ada Gabriel Martinelli. Pemain muda asal Brasil ini benar-benar menjadi mimpi buruk bagi lini pertahanan lawan. Kecepatan serta pergerakannya yang baik kerap membuat bek-bek musuh kewalahan.

Musim ini, Martinelli memperlihatkan kontribusi yang luar biasa dengan selalu tampil dalam 19 pertandingan di Premier League. Dari seluruh penampilannya itu, ia sukses mencetak 7 gol dan 2 assist bagi The Gunners.

4. Aaron Ramsdale 

5 Pemain yang Memberikan Kontribusi Besar di Balik Ketangguhan ArsenalAaron Ramsdale (twitter.com/Arsenal)

Keberhasilan Arsenal memuncaki klasemen Premier League juga tidak terlepas dari lini pertahanan yang solid. Salah satu nama yang layak mendapatkan apresiasi lebih atas kokohnya lini pertahanan The Gunners adalah Aaron Ramsdale. Kiper asal Inggris itu tercatat beberapa kali melakukan penyelamatan penting dengan refleksnya yang tajam dan penempatan posisinya yang bagus.

Dari 19 laga yang sudah dijalani, Ramsdale hanya kebobolan sebanyak 16 kali. Jumlah itu menjadikan Arsenal sebagai klub kedua dengan kebobolan paling sedikit di Premier League musim ini, lebih banyak lima gol dari Newcastle United yang berstatus tim paling sedikit kebobolan. Tidak hanya itu, Ramsdale juga mampu mencatatkan sembilan clean sheet. Sebuah catatan yang luar biasa bagi penjaga gawang yang sebelumnya hanya bermain untuk tim-tim medioker.

5. Eddie Nketiah 

5 Pemain yang Memberikan Kontribusi Besar di Balik Ketangguhan ArsenalEddie Nketiah (twitter.com/EuropaLeague)

Cedera yang dialami Gabriel Jesus ternyata menjadi berkah tersendiri bagi striker muda Arsenal, Eddie Nketiah. Sebelum Piala Dunia 2022 Qatar, Nketiah tidak sekali pun menjadi starter dalam 12 pertandingan secara beruntun di Premier League. Namun, begitu Jesus mengalami cedera, ia berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan dengan performa yang baik.

Striker berusia 23 tahun itu berhasil mencetak 4 gol dalam 5 pertandingan terakhirnya di lintas kompetisi. Menariknya lagi, Nketiah mampu membukukan dua gol ke gawang Manchester United sekaligus mengantarkan Arsenal meraih kemenangan dengan skor 3-2 di Emirates Stadium.

 

Perjalanan Arsenal untuk meraih gelar juara Premier League 2022/2023 masih sangat panjang. Dibutuhkan konsistensi permainan di setiap laganya. Apabila gagal mempertahankan performa terbaiknya, The Gunners harus siap-siap kembali puasa gelar Premier League.

Baca Juga: 10 Fakta Eddie Nketiah, Pesaing Gabriel Jesus di Lini Depan Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya