Comscore Tracker

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam Arsenal

Arsenal mengirimkan 10 pemain ke Piala Dunia 2022 Qatar 

Arsenal merupakan klub yang memiliki sejarah panjang di kasta tertinggi Liga Inggris. The Gunners dikenal selalu diperkuat deretan pemain hebat setiap periodenya.

Dari sekian banyak bintang yang pernah berseragam Arsenal, terdapat beberapa nama yang mampu menjuarai Piala Dunia. Berikut enam pemain top yang juara Piala Dunia ketika bermain untuk Arsenal.

1. Emmanuel Petit 

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam ArsenalEmmanuel Petit (twitter.com/arsenal)

Arsene Wenger memboyong Emmanuel Petit dari AS Monaco pada tahun 1997. Tidak butuh waktu lama, sang pemain langsung menjadi pemain kunci The Gunners kala itu. Bahkan, ia berhasil membawa Arsenal meraih dua trofi bergengsi pada musim debutnya, yakni gelar Premier League dan Piala FA.

Penampilan impresif itu berlanjut ke Timnas Prancis. Pada Piala Dunia 1998, Petit berhasil mengantarkan Les Bleus jadi juara. Ia juga sukses mencetak gol pada partai final ketika melawan Brasil.

2. Patrick Vieira 

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam ArsenalPatrick Vieira (twitter.com/arsenal)

Emmanuel Petit bukan satu-satunya pemain Arsenal yang memperkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 1998. Patrick Vieira ketika itu juga membela Les Bleus. Tidak seperti Petit yang menjadi starter, Vieira hanya bermain 15 menit saat menghadapi Brasil pada laga puncak.

Meski begitu, Vieira tetap mampu tampil apik dengan menyumbang satu assist. Selain meraih trofi Piala Dunia 1998, Vieira juga sempat merengkuh gelar Piala Eropa 2000 bersama Timnas Prancis.

3. Cesc Fabregas 

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam ArsenalCesc Fabregas (kiri) dalam pertandingan Arsenal melawan AC Milan di Liga Champions. (twitter.com/arsenal)

Cesc Fabregas datang ke Arsenal ketika usianya masih 16 tahun. Walau umurnya sangat muda, sang pemain sudah dipercayai Arsene Wenger untuk tampil di tim utama. Pada tahun 2010, Fabregas tumbuh menjadi salah satu gelandang hebat di kompetisi Premier League.

Oleh karena itu, tidak mengherankan namanya masuk dalam skuad Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2010. La Furia Roja kemudian menjuarai Piala Dunia edisi tersebut setelah mengalahkan Timnas Belanda dengan skor tipis 1-0. Fabregas sendiri memainkan peran penting pada laga puncak dengan memberikan assist kepada gol kemenangan Andres Iniesta.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola yang Punya Saham di Tim Sepak Bola, Tak Hanya Fabregas

4. Per Mertesacker 

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam ArsenalPer Mertesacker (twitter.com/arsenal)

Arsenal merekrut Per Mertesacker dari Werder Bremen pada musim panas 2011. Bek tengah yang menjulang tinggi itu sudah menjadi langganan Timnas Jerman sebelum bergabung dengan The Gunners.

Pada Piala Dunia 2014, Mertesacker tercatat menjadi salah satu pemain penting Der Panzer. Berkat kontribusi besarnya, Timnas Jerman berhasil menyabet gelar Piala Dunia. Anak asuh Joachim Low tersebut mengalahkan Timnas Argentina dengan skor 1-0 pada laga puncak.

5. Mesut Ozil 

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam ArsenalMesut Ozil (twitter.com/arsenal)

Mesut Ozil juga menjadi bagian dari Timnas Jerman ketika menjuarai Piala Dunia 2014. Playmaker berkaki kidal itu tidak pernah absen sekalipun dari babak fase grup hingga partai final.

Sayangnya, karier Ozil di Arsenal berakhir menyedihkan. Meski begitu, ia berhasil membantu The Gunners meraih sejumlah gelar bergengsi, seperti Piala FA dan Community Shield.

6. Lukas Podolski 

6 Pemain yang Menyabet Gelar Piala Dunia saat Berseragam ArsenalLukas Podolski (twitter.com/arsenal)

Tidak hanya Per Mertesacker dan Mesut Ozil, Lukas Podolski juga membela Timnas Jerman di Piala Dunia 2014. Bedanya, Podolski saat itu tidak lagi menjadi andalan di lini serang Der Panzer. Ia tercatat hanya tampil 2 kali dari 7 pertandingan.

Bersama Arsenal, Podolski sendiri tampil cukup oke dengan menciptakan 31 gol dan 17 assist dari 82 laga di semua kompetisi. Setelah jasanya tak digunakan lagi oleh Arsenal, Podolski dipinjamkan ke Inter Milan sebelum akhirnya hengkang secara permanen ke Galatasaray.

 

Arsenal mengirimkan sepuluh pemainnya ke Piala Dunia 2022 Qatar. Para pemain itu di antaranya adalah Gabriel Jesus, William Saliba, Thomas Partey, dan Bukayo Saka. Menarik ditunggu kiprah mereka bersama negaranya masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Meramaikan Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya