5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam Barcelona

Mereka memberikan kontribusi besar kepada tim

Brasil sangat maju dalam urusan sepak bola. Negeri Samba selalu menghasilkan pemain hebat setiap periodenya. Itu sebabnya klub-klub elite Eropa kerap mengandalkan pemain Brasil di skuad intinya, termasuk Barcelona.

Barcelona sangat sering mendatangkan pemain top Brasil. Beberapa di antaranya bahkan menjadi legenda di Camp Nou.

1. Ronaldinho 

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam BarcelonaRonaldinho (skysports.com)

Keputusan Barcelona mendatangkan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain pada 2003 merupakan pilihan tepat. Pasalnya, sejak dirinya bermain di Camp Nou, Barcelona sukses meraih banyak sekali gelar juara, termasuk 2 trofi LaLiga dan 1 Liga Champions.

Selama membela Barcelona, Ronaldinho mampu menciptakan 94 gol serta 71 assist dalam 207 pertandingan di semua kompetisi. Di samping itu, ia juga pernah meraih penghargaan Ballon d’Or pada 2005.

2. Dani Alves 

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam BarcelonaDani Alves (planetfootball.com)

Barcelona mendatangkan Dani Alves dari sesama klub Spanyol, Sevilla, pada musim panas 2008. Ia langsung menjadi andalan Barcelona di posisi bek sayap kanan. Alves tercatat bermain di Camp Nou hingga 2016.

Selama waktunya itu, sang pemain mampu menciptakan 21 gol serta 101 assist dalam 391 pertandingan. Alves juga membantu Barcelona meraih total 23 gelar juara, termasuk 3 trofi Liga Champions. Pria berusia 38 tahun itu kini kembali membela Barcelona pada pertengahan musim 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada Coutinho

3. Neymar 

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam BarcelonaNeymar (skysports.com)

Barcelona mendatangkan Neymar dari Santos pada 2013. Umurnya masih 21 tahun saat itu. Barcelona membelinya dengan harga cukup fantastis, yakni 88 juta euro atau setara Rp1,4 triliun. Keputusan Barcelona mengeluarkan biaya besar akhirnya terbayar lunas karena Neymar tampil impresif selama waktunya di Camp Nou.

Bersama Barcelona, sang penyerang sukses menciptakan 105 gol serta 76 assist dari 186 pertandingan di berbagai ajang. Ia juga mampu mempersembahkan sembilan gelar juara bagi Barcelona. Penampilan ciamik itu membuat PSG rela memboyongnya dengan nominal 222 juta euro atau Rp3,5 triliun.

4. Romario 

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam BarcelonaRomario (fcbarcelona.com)

Pada era 1990-an, Brasil pernah memiliki penyerang mungil berkualitas dalam diri Romario. Barcelona memboyong pria kelahiran Rio de Janeiro tersebut dari PSV Eindhoven pada 1993. Ia memang hanya bermain untuk Barcelona selama 1,5 tahun. Kendati begitu, sang pemain mampu memberikan dampak yang sangat besar kepada tim.

Dari 65 pertandingan, Romario sukses membukukan 39 gol serta 11 assist. Ia juga sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA 1994. Sebagai pelengkap, Romario berhasil mempersembahkan gelar LaLiga pada 1993/1994.

5. Rivaldo 

5 Pemain Brasil Terbaik yang Pernah Berseragam BarcelonaRivaldo (fcbarcelona.com)

Rivaldo bermain untuk Barcelona pada 1997—2002. Ia saat itu menggantikan peran Ronaldo Nazario yang hengkang ke Inter Milan. Mendatangkan Rivaldo ternyata menjadi langkah yang tepat bagi Barcelona.

Pasalnya, ia mampu tampil apik dengan mengoleksi 130 gol dan 41 assist dari 235 pertandingan. Selain itu, Rivaldo berhasil meraih penghargaan pemain terbaik FIFA 1999.

Tradisi pemain Brasil masih berlanjut di skuad Barcelona pada 2021/2022. Tercatat ada dua pemain Brasil di tim asuhan Xavi Hernandez saat ini, yaitu Dani Alves dan Neto. Terlepas dari hal itu, penampilan siapa yang paling kamu ingat dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Leeds dan Newcastle United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya