Comscore Tracker

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El Clasico

Barcelona akan melawan Real Madrid pada Minggu malam

El Clasico merupakan salah satu pertandingan terbesar di kompetisi Eropa. Laga yang mempertemukan dua klub besar Spanyol itu selalu menyajikan pertandingan-pertandingan yang menghibur. Akan tetapi, pada pertemuan kali ini di Camp Nou pada Minggu (24/10/2021) malam, akan terasa sedikit berbeda karena tak ada lagi nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Kedua bintang itu telah menjadi bagian dari El Clasico selama bertahun-tahun ketika masih membela Barcelona dan Real Madrid. Walau tak lagi berpartisipasi dalam El Clasico edisi kali ini, Messi dan Ronaldo tetap menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah pertandingan Real Madrid dan Barcelona. Termasuk mereka berdua, berikut lima pemain dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah El Clasico.

1. Lionel Messi (26 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El ClasicoLionel Messi (skysports.com)

Tak diragukan lagi Lionel Messi merupakan pemain terhebat dalam sejarah pertemuan Barcelona dan Real Madrid. Ia pertama kali merasakan El Clasico ketika usianya masih 18 tahun pada 19 November 2005. Meski usianya saat itu masih sangat muda, ia bisa langsung memberikan dampak instan dengan menciptakan 1 assist dan membantu tim menang dengan skor 3-0 atas Real Madrid.

Sejauh ini pemain asal Argentina itu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak El Clasico, yakni 26 gol. Dari seluruh gol itu, 18 gol tercipta di kompetisi LaLiga, 6 gol di Piala Super Spanyol, dan 2 gol di Liga Champions. Messi sendiri total bermain di laga El Clasico sebanyak 45 kali dan ia sukses meraih 19 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 15 kekalahan.

2. Alfredo di Stefano (18 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El ClasicoAlfredo di Stefano (realmadrid.com)

Sebelum dipecahkan oleh Lionel Messi pada tahun 2014, pencetak gol terbanyak dalam laga El Clasico dipegang oleh Alfredo di Stefano. Selama memperkuat Real Madrid, pemain asal Spanyol itu sukses membukukan 18 gol ketika melawan Barcelona.

Ia mencetak 14 gol di antaranya di kompetisi LaLiga, 2 gol di Copa del Rey, dan 2 gol lagi di kompetisi Eropa. Tidak hanya itu, Di Stefano juga mencatatkan rekor sebagai pencetak gol tertua dalam sejarah El Clasico. Ia tercatat berusia 37 tahun dan 164 hari ketika mencetak gol ke gawang Barcelona pada 15 Desember 1963.

Baca Juga: 3 Catatan Menarik Jelang Laga Barcelona vs Real Madrid

3. Cristiano Ronaldo (18 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El ClasicoCristiano Ronaldo (teamtalk.com)

Cristiano Ronaldo tercatat membela Real Madrid selama 9 musim dari 2009 hingga 2018. Selama bermain di Santiago Bernabeu, pemain asal Portugal itu sukses membukukan 18 gol ketika berjumpa dengan Barcelona. Ia mencetak 9 gol di antaranya di kompetisi LaLiga, 5 gol di Copa del Rey, dan 4 gol di Piala Super Spanyol.

Bahkan, Ronaldo sukses memegang rekor sebagai pemain dengan gol berturut-turut dalam 6 laga di pertandingan El Clasico. Lebih hebatnya lagi, ia sukses membukukan 7 gol dari 6 laga itu dari musim 2011/2012 hingga 2012/2013. Ronaldo sendiri total memainkan laga El Clasico sebanyak 31 kali. Ia tercatat sukses meraih 9 kemenangan, 8 hasil imbang, 13 kekalahan.

4. Raul Gonzalez (15 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El ClasicoRaul Gonzalez (skysports.com)

Raul Gonzalez merupakan salah satu legenda terbaik yang pernah dimiliki oleh Real Madrid. Bersama klub Ibu Kota itu, pemain asal Spanyol ini sukses meraih banyak sekali gelar juara. Tak jarang ia memainkan peran penting di lapangan ketika klubnya berjumpa dengan Barcelona.

Sepanjang kariernya melawan Barcelona, Raul sukses membukukan 15 gol. Seluruh gol itu tercipta dari 37 pertandingan El Clasico. Ia memulai debut El Clasico pada Januari tahun 1995. Ketika itu, sang pemain sukses membawa klubnya menang dengan skor yang sangat mencolok, yakni 5-0 atas Barcelona.

5. Ferenc Puskas, Francisco Gento, dan Cesar Rodriguez (14 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El ClasicoFerenc Puskas (realmadrid.com)

Dua mantan pemain Real Madrid, Ferenc Puskas dan Francisco Gento, sama-sama membukukan 14 gol di pertandingan El Clasico. Jumlah gol itu juga sama persis yang dicetak oleh Cesar Rodriguez bersama Barcelona. Rodriguez sendiri berseragam Barcelona selama 16 musim dari 1939 hingga 1955.

Selama waktunya di Camp Nou, ia mampu mencetak 195 gol serta 2 assist dan sukses memenangi 5 gelar LaLiga dan 3 piala domestik. Sementara itu, Puskas membela Real Madrid dari tahun 1958 hingga 1966 dan mampu mencetak 195 gol dari 223 pertandingan. Di sisi lain, Gento mampu membukukan 159 gol dan 3 assist sepanjang kariernya membela Real Madrid.

 

Jika melihat kondisi saat ini, rekor gol Lionel Messi sepertinya bakal bertahan selama puluhan tahun ke depan. Dari nama-nama di atas, tercatat hanya Messi dan Ronaldo saja yang belum pensiun dari dunia sepak bola.

Baca Juga: Karim Benzema adalah Momok buat Barcelona

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya