Comscore Tracker

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton 

Gudangnya para pemain berbakat! 

Southampton merupakan salah satu tim yang bermain di Premier League. Meski bukan klub yang besar, Southampton sering kali mengejutkan para klub top di Premier League.

Sepanjang keikutsertaannya di ajang tertinggi di Inggris tersebut, The Saints belum pernah sama sekali menjuarai gelar Premier League.

Meski demikian, Southampton sangat berhasil dalam memoles para pemainnya. Dalam beberapa musim terakhir, Southampton sukses menjual sejumlah pemain dengan harga mahal. Lantas, siapa saja pemain itu? Berikut ulasannya.

1. Virgil van Dijk – 84,65 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton goal.com

Virgil van Dijk menjadi pemain termahal yang dijual oleh The Saints. Pemain asal Belanda itu dilepas ke Liverpool pada transfer musim dingin 2018 dengan biaya 84,65 juta euro.

Van Dijk sendiri bergabung dengan Southampton sejak musim 2015/16 dari Celtic. Selama dua setengah musim itu, ia berhasil mencatatkan 80 pertandingan dan menciptakan 7 gol.

2. Sadio Mane – 41,2 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton goal.com

Sebelum van Dijk, transfer termahal Southampton dipegang oleh Sadio Mane. Ia digaet oleh Liverpool pada musim panas 2016 dengan biaya 41,2 juta euro.

Kini, Mane menjadi pemain penting di lini depan The Reds. Ia telah memenangi semua gelar bergengsi dengan klub Merseyside tersebut.

3. Luke Shaw – 37,5 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton skysports.com

Luke Shaw yang tampil ciamik di posisi bek kiri bersama Southampton membuat Manchester United jatuh hati. Alhasil, biaya sebesar 37,5 juta euro dikeluarkan oleh Setan Merah untuk memboyong sang pemain ke Old Trafford pada musim panas 2014. Saat itu, Shaw masih berusia sangat muda yakni 18 tahun.

Baca Juga: 10 Lulusan Terbaik Akademi Southampton, Ada yang Kamu Tahu dan Ingat? 

4. Morgan Schneiderlin – 35 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton express.co.uk

Setelah Luke Shaw, Manchester United kembali memboyong pemain Southampton yaitu Morgan Schneiderlin. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu dibeli dengan biaya 35 juta euro pada musim panas 2015. Hanya bertahan 2 musim, Schneiderlin kemudian melanjutkan kariernya bersama Everton dan kini bermain untuk klub Prancis, Nice.

5. Adam Lallana – 31 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton goal.com

Adam Lallana dilepas oleh Southampton ke Liverpool pada musim panas 2014. Ia dibeli dengan biaya 31 juta euro dan diikat kontrak selama 5 tahun saat itu. Setelah kontraknya berakhir di musim ini, pemain 32 tahun itu melanjutkan kariernya ke Brighton & Hove Albion dengan status bebas transfer.

Meski tidak mendapatkan tempat inti di Liverpool dalam beberapa musim terakhir, Lallana mampu menunjukkan kualitasnya di klub barunya tersebut.

6. Dejan Lovren – 25,3 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton dailypost.co.uk

Setelah beberapa hari menggaet Lallana, Liverpool kembali mendatangkan pemain Southampton di musim panas 2014, yaitu Dejan Lovren. Pemain asal Kroasia itu dibeli dengan biaya 25,3 juta euro.

Setelah membela The Reds, ia pun memutuskan untuk hengkang di musim panas ini dengan bergabung bersama klub Rusia, Zenit St. Petersburg dengan harga 12 juta euro.

7. Calum Chambers – 20,23 juta euro 

7 Pemain dengan Harga Termahal yang Pernah Dijual oleh Southampton skysports.com

Nama terakhir yang berada di daftar ini adalah Calum Chambers. Ia dibeli oleh Arsenal pada musim panas 2014 dengan biaya 20,23 juta euro. Saat itu, ia masih berusia 19 tahun.

Sayang, kariernya di Arsenal tidak pernah benar-benar menjadi pemain penting. Chambers sempat beberapa kali dipinjamkan, bahkan di musim ini ia belum bermain sama sekali.

 

Liverpool menjadi salah satu tim yang cukup sering memboyong pemain dari Southampton. Dalam daftar tersebut terdapat empat pemain yang pindah ke Anfield.

Baca Juga: Tak Ada Van Dijk, Inilah 5 Bek Tercepat di Liga Inggris 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya