Tampil Apik saat Muda, 5 Pemain Inggris Ini Gagal Memenuhi Potensinya

Bahkan ada pemain yang sempat tidak memiliki klub 

Inggris merupakan negara yang sangat maju dalam urusan sepak bola. Sudah banyak pemain bintang yang lahir dari negara tersebut, seperti Alan Shearer, Wayne Rooney, Frank Lampard, dan Steven Gerrard.

Walau begitu, ada juga beberapa pemain sepak bola Inggris yang gagal memenuhi potensinya. Padahal, mereka sempat tampil apik ketika usianya masih muda. Siapa saja pemain yang dimaksud? Check this out!

1. Jack Wilshere 

Tampil Apik saat Muda, 5 Pemain Inggris Ini Gagal Memenuhi PotensinyaJack Wilshere (skysports.com)

Jack Wilshere merupakan produk asli akademi Arsenal. Saat umurnya masih belasan tahun, sang pemain sempat digadang-gadang bakal menjadi bintang besar. Prediksi tersebut tentu saja tidak terlepas dari performanya yang sangat apik bersama Arsenal.

Sayangnya, masalah cedera membuat karier Wilshere menurun sangat drastis. Bahkan, ia sempat berada di titik terbawah karena tak ada satu pun klub yang ingin meminangnya. Sempat berstatus tanpa klub selama enam bulan, kini pria berusia 30 tahun itu melanjutkan karier bersama klub Denmark, Aarhus GF.

2. Andy Carroll 

Tampil Apik saat Muda, 5 Pemain Inggris Ini Gagal Memenuhi PotensinyaAndy Carroll (skysports.com)

Andy Carroll menikmati puncak kariernya ketika berseragam Newcastle United. Performa impresif sang penyerang membuat Liverpool jatuh hati. Alhasil, ia direkrut ke Anfield dengan biaya yang cukup besar, yakni 41 juta euro atau setara Rp668 miliar pada bursa transfer musim dingin 2011.

Sayangnya, Carroll justru tampil buruk bersama klub Merseyside tersebut. Dari 58 pertandingan di semua ajang, ia hanya menciptakan 11 gol dan 6 assist. Hanya bertahan 2,5 musim, ia kemudian dilepas secara permanen ke West Ham United. Saat ini, Carroll bermain untuk tim Championship, West Bromwich Albion.

Baca Juga: Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022

3. Danny Welbeck 

Tampil Apik saat Muda, 5 Pemain Inggris Ini Gagal Memenuhi PotensinyaDanny Welbeck (arsenal.com)

Danny Welbeck bisa dibilang sebagai sosok penyerang muda yang sangat mematikan ketika masih membela Manchester United. Dengan performanya yang hebat itu, tidak heran jika Arsenal memutuskan untuk merekrutnya ke Stadion Emirates pada tahun 2014. Ketika itu, ia dibeli seharga 20 juta euro atau setara Rp326 miliar.

Awalnya, Welbeck tampil cukup baik di lini depan The Gunners. Namun, seiring berjalannya waktu, sang pemain mulai kehilangan posisi inti. Karena performanya semakin menurun, Arsenal memilih melepas Welbeck secara gratis ke Watford pada 2019. Kini pemain berusia 31 tahun itu membela tim medioker Premier League lainnya, yakni Brighton & Hove Albion.

4. Jack Rodwell 

Tampil Apik saat Muda, 5 Pemain Inggris Ini Gagal Memenuhi PotensinyaJack Rodwell (skysports.com)

Jack Rodwell tumbuh dan besar bersama tim muda Everton. Penampilan ciamik sang gelandang bersama Everton membuat Manchester City kepincut. Untuk mendapatkan tanda tangan Rodwell, Manchester City harus merogoh kocek sebesar 15 juta euro atau Rp244 miliar pada musim panas 2012.

Sayangnya, ia gagal memanfaatkan momentum ketika bergabung dengan Manchester City. Rodwell justru lebih sering duduk di bangku cadangan daripada tampil di atas lapangan. Sejak meninggalkan Stadion Etihad pada 2014, karier sang pemain semakin menurun sangat drastis. Bahkan, saat ini ia hanya bermain untuk tim Australia, Western Sydney Wanderers.

5. Jordon Ibe 

Tampil Apik saat Muda, 5 Pemain Inggris Ini Gagal Memenuhi PotensinyaJordon Ibe (liverpoolfc.com)

Nama Jordon Ibe mulai mencuat ketika tampil apik di tim muda Liverpool. Pria kelahiran London ini naik kasta ke tim utama The Reds saat umurnya masih 17 tahun. Karena gagal bersaing di tim inti, ia sempat dipinjamkan ke sejumlah klub, seperti Birmingham City dan Derby County.

Sayangnya, Ibe tak kunjung menjadi andalan Liverpool setelah masa pinjaman tersebut. Pada musim panas 2016, sang pemain dilepas ke Bournemouth seharga 18 juta euro atau setara Rp293 miliar. Namun, karier Ibe tak kunjung menanjak bersama klub tersebut. Kini pemain berusia 26 tahun itu memilih berkarier di Turki dengan membela Adanaspor.

 

Tentu sangat disayangkan mereka gagal memaksimalkan potensinya saat masih muda. Padahal kelima pemain di atas sempat diprediksi bakal menjadi bintang besar di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Dianggap Gagal Memanfaatkan Potensinya Saat Muda

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya