Comscore Tracker

5 Pemain Manchester United Pernah Raih Sepatu Emas Premier League

Satu dekade tak ada pemain Manchester United mampu meraihnya

Manchester United adalah klub tersukses dalam sejarah kompetisi English Premier League (EPL). Tim yang memiliki julukan Setan Merah ini tercatat sudah mengoleksi tiga belas gelar Premier League. Kesuksesan Manchester United itu tidak terlepas dari deretan penyerang berkualitas yang dimiliki.

Beberapa penyerang berhasil menjadi mesin pencetak gol ulung. Bahkan, tidak sedikit yang sukses meraih penghargaan sepatu emas Premier League. Sampai saat ini, ada lima pemain Manchester United yang mampu memenangi penghargaan top skor di kompetisi Premier League.

Siapa saja mereka?

1. Dwight Yorke (1998/1999) 

5 Pemain Manchester United Pernah Raih Sepatu Emas Premier LeagueDwight Yorke (manutd.com)

Pemain Manchester United pertama yang sukses meraih sepatu emas di era Premier League adalah Dwight Yorke. Pemain asal Trinidad dan Tobago ini sukses meraih penghargaan tersebut setelah mencetak 18 gol pada musim 1998/1999. Ketika itu, ia menjadi pemain tersubur bersama Jimmy Floyd Hasselbaink dan Michael Owen.

Tidak hanya tajam di kompetisi Premier League, Yorke juga berhasil menjadi top skor di ajang Liga Champions dengan torehan 8 gol. Berkat kontribusi besarnya, di musim tersebut Setan Merah sukses meraih treble winner. Menariknya, itu merupakan musim perdana Yorke berseragam Manchester United setelah direkrut dari Aston Villa.

2. Ruud van Nistelrooy (2002/2003) 

5 Pemain Manchester United Pernah Raih Sepatu Emas Premier LeagueRuud van Nistelrooy (manutd.com)

Setelah tampil impresif bersama PSV Eindhoven, Ruud van Nistelrooy memilih melanjutkan kariernya di Old Trafford pada 2001. Manchester United saat itu harus mengeluarkan biaya senilai 28,5 juta euro atau setara Rp431 miliar untuk mendapatkan jasa pemain asal Belanda itu. Van Nistelrooy tak butuh waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris.

Pada musim 2002/2003, ia tampil begitu luar biasa dengan mencetak 25 gol di kompetisi Premier League. Ketajaman itu mengantarkan sang pemain meraih penghargaan sepatu emas. Manchester United juga keluar sebagai juara Premier League pada musim tersebut.

Baca Juga: 5 Klub yang Menolak Transfer Cristiano Ronaldo pada Musim Panas 2022

3. Cristiano Ronaldo (2007/2008) 

5 Pemain Manchester United Pernah Raih Sepatu Emas Premier LeagueCristiano Ronaldo (manutd.com)

Cristiano Ronaldo menunjukkan permainan terbaiknya bersama Manchester United pada musim 2007/2008. Sang mega bintang asal Portugal sukses menorehkan 42 gol di semua ajang.

Khusus di kompetisi Premier League, ia mampu menyumbangkan 31 gol. Torehan tersebut membuat CR7 meraih penghargaan sepatu emas.

Tidak hanya itu, Ronaldo juga berhasil membawa Setan Merah memenangi gelar Premier League dan Liga Champions. Berkat kesuksesannya tersebut, sang pemain juga mampu menyabet penghargaan Ballon d'Or pertamanya.

4. Dimitar Berbatov (2010/2011) 

5 Pemain Manchester United Pernah Raih Sepatu Emas Premier LeagueDimitar Berbatov (manutd.com)

Dimitar Berbatov menjadi bagian dari Manchester United sejak tahun 2008. Kala itu, penyerang asal Bulgaria ini direkrut dari Tottenham Hotspur. Ia bermain untuk Setan Merah selama empat musim hingga tahun 2012.

Selama periode tersebut, Berbatov mampu membukukan total 48 gol serta 21 assist dalam 108 pertandingan di Premier League. Musim terbaik sang pemain tercipta pada 2010/2011, dimana ia sukses menjadi pencetak gol terbanyak dengan koleksi 20 gol di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Sayangnya, saat itu Berbatov tak memenanginya sendiri lantaran ia harus berbagi sepatu emas dengan penyerang Manchester City, Carlos Tevez.

5. Robin van Persie (2012/2013) 

5 Pemain Manchester United Pernah Raih Sepatu Emas Premier LeagueRobin van Persie (manutd.com)

Robin van Persie dibeli Manchester United dari Arsenal pada musim panas 2012. Pemain asal Belanda tersebut sempat menjadi top skor Premier League bersama The Gunners pada musim sebelumnya. Bersama Setan Merah, ia langsung memberikan dampak instan di Old Trafford.

Van Persie sukses mengantarkan tim meraih gelar Premier League. Tidak berhenti sampai di situ, sang pemain juga berhasil keluar sebagai top skor liga dengan torehan 26 gol. Van Persie pun menjadi pemain Setan Merah terakhir yang mampu meraih penghargaan sepatu emas Premier League hingga hari ini.

Hampir satu dekade berlalu, tak ada lagi pemain Manchester United yang mampu meraih sepatu emas Premier League. Untuk klub yang selalu dikenal memiliki deretan penyerang berkualitas, hal tersebut tentu sangat mengecewakan. Akankah ada nama baru dari Manchester United yang bisa memenangi penghargaan ini dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Kekalahan Manchester United dalam Pekan Pembuka Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya