5 Pemain Sepak Bola Terhebat yang Pernah Dilatih Jose Mourinho

Ada tiga mantan pemain Chelsea 

Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih paling berprestasi di kompetisi top Eropa. Pria berumur 59 tahun itu sudah meraih banyak sekali gelar juara bersama klub-klub yang ditanganinya. Ia tercatat pernah melatih Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Tottenham Hotspur, Manchester United, hingga AS Roma.

Kesuksesan yang diraih The Special One tentu saja tidak terlepas dari andil para pemain bintangnya. Ada setidaknya lima pemain terhebat yang pernah dilatih Jose Mourinho.

1. Cristiano Ronaldo 

5 Pemain Sepak Bola Terhebat yang Pernah Dilatih Jose MourinhoCristiano Ronaldo ketika membela Real Madrid. (skysports.com)

Cristiano Ronaldo dilatih Jose Mourinho ketika di Real Madrid. Kerja sama kedua sosok itu terjalin selama 3 tahun pada 2010—2013. Selama dilatih Mourinho, CR7 tampil sebanyak 164 pertandingan di semua kompetisi.

Dari seluruh laga itu, Ronaldo mampu menciptakan 168 gol serta 49 assist. CR7 dan Mourinho sukses memenangi tiga trofi untuk Real Madrid, yaitu gelar LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol. Puncaknya, sang pemain berhasil memenangi penghargaan Ballon d’Or pada 2013.

2. Frank Lampard 

5 Pemain Sepak Bola Terhebat yang Pernah Dilatih Jose MourinhoFrank Lampard (thesefootballtimes.co)

Jose Mourinho bisa dibilang sebagai sosok yang cukup berjasa dalam karier sepak bola Frank Lampard. Pasalnya, pemain asal Inggris itu berkembang sangat pesat selama dilatih Mourinho di Stamford Bridge. Lampard juga menjadi sosok yang sangat produktif selama ditangani pria asal Portugal itu.

Dari 215 pertandingan, ia berhasil membukukan 71 gol serta 60 assist di berbagai ajang. Kolaborasi keduanya menghasilkan total enam gelar domestik. Itu termasuk dua trofi Premier League 2004/2005 dan 2005/2006.

Baca Juga: 5 Pemain Underrated yang Pernah Dilatih oleh Jose Mourinho

3. Didier Drogba 

5 Pemain Sepak Bola Terhebat yang Pernah Dilatih Jose MourinhoDidier Drogba (skysports.com)

Jose Mourinho sudah menangani sejumlah penyerang hebat sepanjang karier kepelatihannya. Dari sekian penyerang mumpuni itu, Didier Drogba bisa dibilang sebagai sosok yang paling berkualitas. Pemain asal Pantai Gading itu mampu mencatatkan 73 gol dan 40 assist dari 186 laga di bawah asuhan Mourinho.

Drogba sukses meraih total delapan gelar juara selama ditangani pria asal Portugal tersebut. Di samping itu, sang penyerang juga sempat menjadi top skor Premier League 2006/2007.

4. John Terry 

5 Pemain Sepak Bola Terhebat yang Pernah Dilatih Jose MourinhoJohn Terry (skysports.com)

John Terry dan Jose Mourinho bekerja sama di Chelsea dalam dua periode berbeda. Sejak pindah pertama kali ke Stamford Bridge pada 2004, Mourinho langsung menunjuk bek asal Inggris itu sebagai kapten tim. Terry memainkan 266 pertandingan selama dilatih Mourinho.

Ia mampu menciptakan 26 gol serta 11 assist dari seluruh penampilannya itu. Kolaborasi terbaik Terry dan Mourinho tercipta pada 2004/2005. Ketika itu, The Blues hanya kebobolan 15 gol dari 38 laga Premier League. Sampai saat ini, belum ada klub yang mampu memecahkan rekor itu.

5. Zlatan Ibrahimovic 

5 Pemain Sepak Bola Terhebat yang Pernah Dilatih Jose MourinhoZlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Jose Mourinho melatih Zlatan Ibrahimovic di dua klub berbeda, yakni Inter Milan dan Manchester United. Jika ditotal, mereka bekerja sama selama 3 tahun. Selama periode itu, penyerang asal Swedia tersebut memainkan seratus pertandingan di semua kompetisi.

Dari penampilannya itu, Ibrahimovic berhasil membukukan 58 gol serta 21 assist. Mereka juga sukses memenangi berbagai trofi, seperti Serie A, Piala Super Italia, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa.

Dari daftar di atas, tercatat hanya Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic yang masih aktif bermain pada 2021/2022. Sementara itu, Frank Lampard dan John Terry telah menjadi pelatih dan asisten pelatih.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya