Comscore Tracker

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester United

Ada tiga kiper Spanyol yang pernah memperkuat United

Manchester United telah diakui banyak penggemar sepak bola sebagai salah satu klub terbaik di ajang Premier League. Tim yang memiliki julukan The Red Devils ini setiap musimnya selalu diisi oleh deretan para pemain bintang.

Manchester United sendiri cukup sering mendatangkan pemain hebat dari sejumlah negara, salah satunya adalah Spanyol. Sejauh ini, hanya ada beberapa pemain asal Spanyol yang pernah bermain untuk Manchester United.

Meski demikian, tidak semua pemain mampu tampil menjanjikan selama bermain dengan Setan Merah. Berikut ini 6 pemain Spanyol yang pernah memperkuat Manchester United.

1. Ricardo 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester Unitedwhatculture.com

Manchester United memboyong Ricardo dari Real Valladolid pada musim panas 2002. Saat itu, kiper asal Spanyol ini didatangkan untuk menjadi pengganti Fabien Barthez yang mengalami cedera. Sayangnya, Ricardo hanya membela Setan Merah selama satu musim.

Ia kemudian dipinjamkan kembali ke klub Spanyol, Racing Santander sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke CA Osasuna pada musim panas 2004. Ricardo sendiri hanya mencatatkan 5 pertandingan selama berseragam Manchester United.

2. Gerard Pique 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester Unitedexpress.co.uk

Gerard Pique adalah pemain lulusan akademi Barcelona, La Masia. Manchester United mendatangkannya ke Old Trafford pada musim panas 2004 ketika usianya masih 17 tahun. Selama waktunya di Inggris, ia gagal mendapatkan kesempatan untuk bermain reguler di skuad inti.

Tercatat, Pique hanya tampil sebanyak 23 pertandingan selama empat musim. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu memilih untuk kembali berseragam Barcelona pada tahun 2008. Sampai saat ini, sang pemain masih menjadi palang pintu andalan di lini belakang Barcelona.

3. Victor Valdes 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester United90min.com

Victor Valdes didatangkan oleh Setan Merah pada transfer musim dingin 2015. Saat itu, kiper asal Spanyol itu menandatangani kontrak berdurasi 18 bulan dan opsi perpanjangan selama satu tahun. Akan tetapi, ia tidak pernah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Manchester United.

Bahkan, Valdes sempat berseteru saat itu dengan sang pelatih, Louis van Gaal. Valdes sendiri tercatat hanya bermain dua kali bersama Manchester United. Sempat dipinjamkan ke klub Belgia, Standard Liege, ia dilepas secara gratis ke Middlesbrough pada tahun 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester United

4. Ander Herrera 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester Unitedmanutd.com

Ander Herrera datang ke Old Trafford pada musim panas 2014. Ketika itu, sang pemain dibeli dari Athletic Bilbao dengan harga sebesar 36 juta euro atau setara dengan Rp615 miliar. Selama bermain dengan klub Inggris itu, ia cukup populer di kalangan penggemar Setan Merah.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tercatat berhasil membukukan 20 gol dan 27 assist dari 189 pertandingan. Namun, pada musim panas 2019, Herrera memilih hengkang ke Paris Saint-Germain secara cuma-cuma setelah kontraknya berakhir dengan Manchester United.

5. Juan Mata 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester Unitedgoal.com

Performa menjanjikan yang ditunjukkan Juan Mata bersama Chelsea membuat Manchester United jatuh hati. Alhasil, ia diboyong ke Old Trafford pada musim dingin 2014 dengan biaya 45 juta euro atau setara dengan Rp769 miliar.

Sejauh ini, pemain yang berusia 32 tahun itu sudah tampil sebanyak 267 pertandingan. Dari seluruh pertandingan itu, Mata berhasil menciptakan 50 gol dan 47 assist.

Selama berseragam Manchester United, sang pemain belum pernah merasakan gelar juara Premier League. Namun, Mata sudah pernah mengangkat trofi Piala Liga Inggris, Piala FA, Community Shield, dan Liga Europa.

6. David de Gea 

6 Pemain Spanyol yang Pernah Bermain untuk Manchester Unitedskysports.com

Manchester United membeli David de Gea dari Atletico Madrid pada musim panas 2011. Ketika itu, kiper langganan tim nasional Spanyol ini digaet dengan harga sebesar 25 juta euro atau setara dengan Rp427 miliar. Ia datang ke Inggris saat usianya masih 21 tahun.

Sempat kesulitan di awal kariernya, de Gea secara perlahan mulai menjelma menjadi salah satu kiper terbaik di Premier League. Sejauh ini, pria berusia 30 tahun itu sudah tampil sebanyak 434 pertandingan dan menciptakan 153 clean sheet.

 

Itulah enam pemain asal Spanyol yang pernah memperkuat Manchester United. Dari nama-nama tersebut, performa siapa yang paling menjanjikan selama berkostum Setan Merah?

Baca Juga: Sempat Diremehkan, 5 Pemain Ini Mampu Tampil Apik di Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya