5 Pemain Terbaik Chelsea Era Jose Mourinho, Lampard hingga Hazard

Performa impresif mereka menghasilkan banyak trofi

Jose Mourinho bisa dibilang sebagai salah satu pelatih tersukses di kompetisi top Eropa. Pria asal Portugal ini tercatat sudah melatih banyak sekali klub elite Eropa, seperti FC Porto, Chelsea, Real Madrid, Inter Milan, Manchester United, Tottenham, hingga AS Roma. Khusus Chelsea, Mourinho pernah menangani klub itu dalam dua periode, yakni dari 2004 hingga 2007 dan 2013 hingga 2015.

Selama waktunya itu, pelatih berusia 58 tahun ini sukses mempersembahkan total 8 gelar juara, termasuk 3 trofi Premier League. Mourinho tentu memiliki beberapa pemain andalan selama periodenya menangani The Blues. Lantas, siapa saja pemain terbaik Chelsea di era Jose Mourinho? Berikut ulasannya!

1. Frank Lampard 

5 Pemain Terbaik Chelsea Era Jose Mourinho, Lampard hingga HazardFrank Lampard (90min.com)

Pesepak bola asal Inggris ini bisa dibilang sebagai gelandang kesayangan Jose Mourinho. Pasalnya, Lampard sangat jago dalam mengatur ritme permainan di lini tengah. Tidak hanya itu, umpan-umpannya juga kerap membuat lini pertahanan lawan kewalahan. Lebih istimewanya lagi, Lampard sampai saat ini masih berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah The Blues.

Ia tercatat mampu mencetak 211 gol dan 150 assist dari 648 pertandingan di semua kompetisi. Di bawah Mourinho, Lampard hampir saja memenangi penghargaan Ballon d’Or tahun 2005. Sayangnya, ia saat itu dikalahkan oleh pemain Barcelona, Ronaldinho.

2. Didier Drogba 

5 Pemain Terbaik Chelsea Era Jose Mourinho, Lampard hingga HazardDidier Drogba (90min.com)

Ketika pertama kali diberi kepercayaan untuk melatih Chelsea pada 2004, Jose Mourinho langsung mendatangkan Didier Drogba sebagai rekrutan utama pada transfer musim panas. Meski saat itu sang pemain belum memiliki nama besar, kehadiran Mourinho berhasil membuat Drogba menjadi sosok penyerang yang sangat menakutkan.

Bahkan, ketika Andriy Shevchenko tiba di Stamford Bridge pada tahun 2006, Drogba saat itu masih dipercaya untuk menjadi penyerang utama Chelsea. Di bawah asuhan Mourinho, penyerang asal Pantai Gading itu tercatat pernah menjadi top skor Premier League pada musim 2006/2007 dengan perolehan 20 gol.

Baca Juga: Ketika Pidato Drogba Setop Perang dan Ciptakan Kemerdekaan

3. Petr Cech 

5 Pemain Terbaik Chelsea Era Jose Mourinho, Lampard hingga HazardPetr Cech (goal.com)

Petr Cech merupakan salah satu penjaga gawang yang diorbitkan oleh Jose Mourinho. Kiper asal Republik Ceko ini didatangkan ke Stamford Bridge dari Stade Rennes pada musim panas 2004. Tanpa menunggu waktu lama, Cech langsung tampil istimewa di musim debutnya bersama Chelsea.

Ia tercatat berhasil memenangi penghargaan sarung tangan emas Premier League musim 2004/2005 dengan membukukan 24 clean sheet. Penghargaan tersebut juga kembali diraih oleh Cech di periode kedua Mourinho menangani The Blues. Ia sukses merengkuh sarung tangan emas dengan menciptakan 16 clean sheet di Premier League musim 2013/2014.

4. John Terry 

5 Pemain Terbaik Chelsea Era Jose Mourinho, Lampard hingga HazardJohn Terry (skysports.com)

John Terry secara luas dianggap sebagai salah satu bek terbaik di eranya. Di bawah kepemimpinan Jose Mourinho, bek asal Inggris ini kerap kali dipercayai menjadi kapten tim. Selama menjabat sebagai kapten tim, Terry tercatat mampu membantu Chelsea memenangi banyak sekali gelar juara, termasuk lima trofi Premier League dan satu Liga Champions.

Terry sendiri dikenal sebagai sosok bek yang memiliki gaya permainan keras dan tanpa kompromi. Gaya permainan itu sempat membuatnya dinobatkan sebagai pemain terbaik PFA musim 2004/2005.

5. Eden Hazard 

5 Pemain Terbaik Chelsea Era Jose Mourinho, Lampard hingga HazardEden Hazard (goal.com)

Eden Hazard tercatat hanya tiga musim dilatih oleh Jose Mourinho di Stamford Bridge. Walau cukup singkat, tapi pemain asal Belgia itu berhasil membuktikan performa terbaiknya di bawah pelatih asal Portugal itu. Kerja sama keduanya mampu menghasilkan total tiga gelar juara, termasuk trofi Premier League musim 2014/2015.

Ketika dilatih Mourinho, Hazard juga mampu dua kali menyabet penghargaan pemain muda terbaik di Premier League pada musim 2013/2014 dan 2014/2015. Karena prestasi yang luar biasa itu, tak mengherankan jika nama Hazard selalu disebut oleh para pendukung Chelsea meski saat ini sudah hengkang ke Real Madrid.

 

Berkat performa impresif mereka, Jose Mourinho berhasil mengantarkan Chelsea meraih total 8 gelar juara. Momen apa saja yang paling kamu ingat ketika Mourinho menangani The Blues?

Baca Juga: 5 Alasan Performa Eden Hazard Anjlok Sejak Gabung Real Madrid  

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya