5 Pemain Terhebat yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Deretan Legenda!

Dari Peter Osgood hingga Frank Lampard 

Chelsea adalah salah satu klub yang sangat sukses di kompetisi Inggris. Sudah banyak sekali pemain top yang memperkuat The Blues dalam beberapa dekade terakhir. Sejumlah pemain di antaranya bahkan sukses membawa klub asal London Barat itu berjaya di kompetisi Eropa, seperti Liga Europa dan Liga Champions.

Karena dedikasi yang luar biasa, beberapa nama dianggap sebagai legenda Chelsea. Berikut ini lima pesepak bola terhebat yang pernah membela The Blues.

1. Peter Osgood 

5 Pemain Terhebat yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Deretan Legenda!Peter Osgood (chelseafc.com)

Peter Osgood bisa dibilang menjadi salah satu pemain Chelsea yang paling dihormati. Pasalnya, The Blues menjadi klub terakhirnya sebelum memutuskan untuk gantung sepatu. Selama membela Chelsea, Osgood tampil lebih dari 380 pertandingan di semua kompetisi.

Dari seluruh laga itu, ia sukses menciptakan 150 gol. Torehan itu membuat Osgood menjadi top skor keempat sepanjang sejarah Chelsea. Meski memiliki karier individu yang bagus, tapi Osgood cuma bisa mempersembahkan tiga gelar juara, yakni masing-masing satu trofi Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Winners UEFA.

2. Gianfranco Zola 

5 Pemain Terhebat yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Deretan Legenda!Gianfranco Zola (goal.com)

Setelah tampil apik di kompetisi Italia, Gianfranco Zola memilih melanjutkan karier di Inggris dengan membela Chelsea pada tahun 1997. Kehadirannya saat itu langsung memberikan dampak yang sangat besar bagi The Blues. Ia bermain di Chelsea total selama 7 musim dan mencetak 80 gol dari 312 pertandingan.

Zola sendiri dikaruniai kemampuan menggiring bola yang sempurna dan visi yang luar biasa. Ia juga mahir mencetak gol dan menciptakan peluang untuk timnya. Selama waktunya di Chelsea, sang pemain mampu memenangi 6 gelar juara.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Terbaik yang Perkuat Chelsea Sedekade Terakhir

3. Didier Drogba 

5 Pemain Terhebat yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Deretan Legenda!Didier Drogba (90min.com)

Sebelum bergabung dengan Chelsea, nama Didier Drogba tidak terlalu dikenal oleh para pencinta sepak bola pada saat itu. Tapi, kariernya langsung meningkat sangat drastis sejak didatangkan The Blues pada tahun 2004. Pemain asal Pantai Gading itu memimpin lini depan Chelsea dalam waktu yang cukup lama.

Selama 9 musim bermain di Stamford Bridge, Drogba total memenangi 16 gelar juara dalam dua periode, termasuk trofi satu trofi Liga Champions dan empat Premier League. Selain itu, ia juga sukses membukukan 164 gol serta 87 assists dari 381 pertandingan.

4. John Terry 

5 Pemain Terhebat yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Deretan Legenda!John Terry (skysports.com)

Sempat menimba ilmu di akademi West Ham United, John Terry kemudian pindah ke tim muda Chelsea saat usianya masih 15 tahun. Tak butuh waktu lama, dua tahun kemudian, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu melakukan debut bersama Chelsea di kompetisi Premier League.

Terry total memainkan laga sebanyak 713 kali dan mencetak 67 gol serta 29 assist selama berseragam Chelsea. Setelah meraih semua gelar bersama The Blues, sang pemain kemudian memilih hengkang ke Aston Villa pada tahun 2017.

5. Frank Lampard 

5 Pemain Terhebat yang Pernah Bermain untuk Chelsea, Deretan Legenda!Frank Lampard (thesefootballtimes.co)

Loyalitas Frank Lampard bersama Chelsea tentu tidak perlu diragukan lagi. Meski bukan berasal dari akademi muda The Blues, ia mampu bermain di Stamford Bridge total selama 13 tahun. Selama waktunya itu, sang gelandang mampu mencetak 211 gol dan 150 assists dari 648 pertandingan di semua kompetisi.

Catatan itu membuat Lampard menjadi top skor Chelsea sepanjang sejarah. Lebih istimewanya lagi, ia sukses mempersembahkan 13 gelar juara, termasuk satu trofi Liga Champions musim 2011/2012.

 

Dengan kontribusi yang sangat luar biasa, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai legenda klub. Dari kelima pemain tersebut, menurutmu, performa siapa yang paling berkesan?

Baca Juga: Kisah Didier Drogba, Legenda Chelsea yang Menghentikan Perang Saudara

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya