Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp

Ciro Immobile salah satunya! 

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih terbaik di kompetisi top Eropa saat ini. Pelatih asal Jerman tersebut berhasil membawa Liverpool kembali berjaya setelah beberapa dekade harus absen menjuarai gelar Premier League dan Liga Champions. Sebelum melatih Liverpool, pria berusia 53 tahun itu juga sempat menangani sejumlah tim Jerman.

Eintracht Frankfurt, FSV Mainz, hingga Borussia Dortmund pernah Klopp tangani. Banyak juga pemain-pemain hebat yang lahir dari tangan dingin sang pelatih. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa lima pemain top ini pernah dilatih oleh Klopp. Lantas, siapa saja para pemain tersebut? Check this out!

1. Kevin Kampl 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen KloppKevin Kampl. (goal.com)

Nama Kevin Kampl mungkin lebih dikenal ketika membela RB Leipzig. Namun, sebelum bergabung dengan tim tersebut, sang gelandang pernah bermain di Borussia Dortmund dalam waktu yang singkat. Pemain yang saat ini berusia 30 tahun itu pernah memperkuat Dortmund selama beberapa bulan dari Januari hingga Agustus 2015.

Ketika itu, Kampl direkrut oleh Jurgen Klopp dari RB Salzburg dengan biaya 12 juta euro atau setara dengan Rp207 miliar. Pemain asal Slovenia ini tercatat hanya tampil sebanyak 16 kali ketika dilatih Klopp. Di akhir musim, Klopp pergi menggantikan Brendan Rodgers di Liverpool dan Kampl hengkang ke klub masa kecilnya, Bayer Leverkusen.

2. Matthias Ginter 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen KloppMatthias Ginter. (skysports.com)

Sama seperti Kevin Kampl, Matthias Ginter merupakan rekrutan lain yang dibuat Jurgen Klopp di musim terakhirnya menangani Borussia Dortmund. Pemain yang bermain di posisi bek tengah ini bergabung dengan Dortmund pada musim panas 2014.

Ketika itu, sang pemain diproyeksikan untuk menjadi penerus dari Neven Subotic dan Mats Hummels. Umur Ginter sendiri saat itu masih 20 tahun. Ia memulai debutnya di Dortmund ketika pertandingan Piala Super Jerman saat melawan Bayern Munchen.

Selama ditangani Jurgen Klopp, Ginter mampu tampil sebanyak 20 kali, di mana 14 laga datang dari kompetisi Bundesliga. Setelah Klopp pergi, Ginter tetap bertahan di Signal Iduna Park hingga tahun 2017, sebelum akhirnya hengkang ke Borussia Monchengladbach.

Baca Juga: 6 Rekrutan Terakhir Jurgen Klopp di Dortmund, Bagaimana Nasibnya?

3. Andriy Voronin 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen KloppAndriy Voronin. (skysports.com)

Andriy Voronin merupakan salah satu legenda terbaik yang pernah dimiliki oleh tim nasional Ukraina. Pemain yang bermain sebagai penyerang ini pernah dilatih Jurgen Klopp ketika menangani FSV Mainz. Kedua orang tersebut bekerja sama di Mainz selama 2 musim dari 2001 hingga 2003.

Selama ditangani Klopp, Voronin tampil cukup menjanjikan terutama pada musim 2002/2003 dengan menciptakan 20 gol serta 4 assist dari 31 pertandingan. Karena gagal promosi ke kompetisi Bundesliga, Voronin kemudian memutuskan untuk hengkang ke FC Koln di musim berikutnya. Sempat bermain untuk Bayer Leverkusen, Hertha Berlin, Liverpool, hingga Dinamo Moscow, sang pemain lalu memilih gantung sepatu pada tahun 2015.

4. Ciro Immobile 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen KloppCiro Immobile. (skysports.com)

Ciro Immobile saat ini dikenal sebagai salah satu penyerang hebat di kompetisi Italia bersama Lazio. Seperti Kampl dan Ginter, Immobile juga bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim terakhir Jurgen Klopp bertugas di klub tersebut. Sang pemain bergabung bersama Dortmund dari Torino dengan biaya sebesar 18,5 juta euro atau setara dengan Rp319 miliar.

Immobile melakukan debutnya untuk Dortmund dengan meraih kemenangan 2-0 di Piala Super Jerman atas Bayern Munchen. Sayangnya, pemain asal Italia itu gagal tampil impresif selama waktunya di Signal Iduna Park. Setelah Klopp pergi dari Dortmund, Immobile dipinjamkan ke Sevilla sebelum akhirnya dipermanenkan pada Januari 2016.

5. Kevin-Prince Boateng 

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen KloppKevin Prince Boateng. (football365.com)

Kevin-Prince Boateng merupakan salah satu gelandang top pada masanya. Sejumlah tim elit Eropa pernah diperkuat oleh sang pemain mulai dari AC Milan, Tottenham Hotspur, Schalke, Barcelona, Fiorentina, hingga Borussia Dortmund. Ia tercatat membela Dortmund selama 6 bulan dari Januari hingga Juni 2009.

Ketika itu, Boateng berstatus sebagai pemain pinjaman dari Spurs. Gelandang asal Ghana ini hanya bermain untuk Dortmund sebanyak 11 kali. Klopp ketika itu sangat ingin mengontrak sang pemain secara permanen, tapi harga yang terlalu mahal membuat Boateng kembali berseragam Tottenham Hotspur.

 

Itulah lima pemain top yang jarang diketahui pernah dilatih oleh Jurgen Klopp. Beberapa pemain masih tampil menjanjikan pada musim ini. Sementara itu, hanya Andriy Voronin yang sudah gantung sepatu saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen Klopp

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya