5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen Klopp

Ciro Immobile salah satunya!

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih terhebat di kompetisi Eropa. Strategi jitunya berhasil membawa Borussia Dortmund dan Liverpool meraih berbagai gelar bergengsi. Banyak sekali pemain-pemain top yang bersinar ketika dilatih oleh pria asal Jerman tersebut.

Walau begitu, tidak semua pemain ternama mampu tampil menjanjikan saat ditangani oleh Klopp. Pasalnya, ada juga beberapa nama yang justru bermain cukup buruk. Berikut ini lima pemain bintang yang gagal bersinar di bawah asuhan Jurgen Klopp.

1. Loris Karius 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen KloppLoris Karius. (bleacherreport.com)

Nama Loris Karius pertama kali melambung ketika bermain untuk FSV Mainz 05. Karena terpikat dengan performa sang kiper, Klopp kemudian memutuskan untuk merekrutnya ke Anfield pada musim panas 2016. Ia sebenarnya sempat menjadi andalan Liverpool pada musim 2017/2018.

Ketika itu, sang kiper berhasil tampil sebanyak 33 pertandingan dan hanya kemasukan 31 gol. Namun, Loris langsung dilepas saat musim tersebut berakhir.

Pasalnya, ia melakukan dua blunder fatal pada final Liga Champions 2017/2018, yang membuat tim harus kalah 1-3 melawan Real Madrid. Semenjak kejadian itu, karier kiper berusia 27 tahun itu anjlok sangat drastis. Kini ia sedang dipinjamkan ke Union Berlin dan hanya menjadi kiper pelapis.

2. Christian Benteke 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen KloppChristian Benteke. (eurosport.com)

Jurgen Klopp memutuskan merekrut Christian Benteke ke Liverpool pada bursa transfer musim panas 2015. Ketika itu, sang pemain sedang naik daun bersama Aston Villa dan tim nasional Belgia. Tidak mengherankan jika harga sang penyerang cukup mahal saat itu.

Namun, setelah berseragam Liverpool, ia justru mengalami penurunan performa. Benteke memang menjadi andalan Klopp pada musim tersebut. Tapi, ia gagal tampil menjanjikan dan hanya mencetak 10 gol dalam 42 pertandingan.

Hanya bertahan satu musim, Benteke kemudian dilepas ke Crystal Palace. Bersama klub tersebut, performa sang pemain juga tak terlalu menjanjikan.

3. Naby Keita 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen KloppNaby Keita. (thisisanfield.com)

Sejak bergabung dengan RB Leipzig, nama Naby Keita semakin dikenal oleh pencinta sepak bola di Eropa. Penampilan apik yang ditunjukkan oleh sang pemain membuat Klopp memutuskan untuk mendatangkannya pada musim panas 2018. Namun, setelah membela The Reds, performa Keita cenderung menurun.

Bahkan, pemain asal Guinea tersebut kerap menderita cedera yang membuatnya jarang sekali tampil. Selama tiga musim berseragam Liverpool, Keita hanya mampu bermain sebanyak 76 kali dan mencetak 7 gol. Catatan tersebut jauh lebih menurun jika dibandingkan saat bermain untuk RB Leipzig.

4. Ivan Perisic 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen KloppIvan Perisic. (soccerrich.com)

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Ivan Perisic pernah dilatih oleh Jurgen Klopp. Kerja sama mereka terjadi ketika masih sama-sama membela Borussia Dortmund. Pemain asal Kroasia tersebut total pernah dilatih oleh Klopp selama 1,5 musim dari Juni 2011 hingga Januari 2013.

Akan tetapi, Perisic gagal tampil apik dan hanya menciptakan 12 gol dalam 64 pertandingan. Alhasil, ia dijual ke Vfl Wolfsburg, sebelum akhirnya semakin bersinar bersama Inter Milan dan Bayern Munchen.

5. Ciro Immobile 

5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jurgen KloppCiro Immobile. (eurosport.com)

Ciro Immobile adalah pencetak gol terbanyak Serie A pada musim 2013/2014 bersama Torino. Penampilan tersebut membuat Klopp kepincut dan merekrut sang pemain ke Signal Iduna Park pada musim panas 2014.

Ketika itu, Immobile diproyeksikan sebagai penerus Robert Lewandowski yang memilih hengkang ke Bayern Munchen. Akan tetapi, performa Immobile justru jauh dari harapan. Dari 34 pertandingan di musim debutnya, ia hanya mampu menciptakan 10 gol.

Alhasil, Dortmund memutuskan untuk meminjamkan sang pemain ke Sevilla, sebelum akhirnya dipermanenkan semusim kemudian. Kini, Immobile kembali menemukan permainan terbaiknya bersama Lazio di Serie A.

 

Tentunya banyak faktor yang membuat kelima pemain itu gagal bersinar selama dilatih oleh Jurgen Klopp. Meski demikian, beberapa nama berhasil kembali menemukan sentuhan terbaiknya setelah meninggalkan klub yang dilatih Klopp.

Baca Juga: 5 Rekrutan Tersukses Liverpool di Era Jurgen Klopp, Berdampak Positif!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya