Comscore Tracker

5 Pemain yang Berpeluang Hengkang dari Barcelona Musim Panas Ini

Ousmane Dembele hingga Miralem Pjanic!

Musim 2020/2021 bisa dibilang bukanlah tahun terbaik bagi Barcelona. Meski berhasil meraih gelar juara Copa del Rey, tim berjuluk Blaugrana tersebut cenderung bermain biasa-biasa saja. Barcelona masih sangat bergantung terhadap sosok Lionel Messi. Jika pemain asal Argentina itu bermain buruk, Barcelona cukup sulit untuk mendapatkan kemenangan.

Demi bisa meraih gelar juara LaLiga pada musim depan, tim asuhan Ronald Koeman itu harus berbenah pada musim panas tahun ini. Sejumlah pemain baru sudah didatangkan, seperti Sergio Aguero, Eric Garcia, hingga Memphis Depay. Selain itu, Barcelona juga diprediksi bakal melepas beberapa pemainnya yang dianggap tidak masuk dalam rencana musim depan. Siapa saja para pemain itu? Check this out!

1. Ousmane Dembele 

5 Pemain yang Berpeluang Hengkang dari Barcelona Musim Panas IniOusmane Dembele. (eurosport.fr)

Setelah menjual Neymar ke Paris Saint-Germain, Barcelona memutuskan untuk merekrut Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund pada musim panas 2017. Pemain asal Prancis ini saat itu digaet dengan biaya sebesar 135 juta euro atau setara dengan Rp2,32 triliun. Kehadirannya saat itu tentu saja diharapkan bisa menggantikan peran Neymar dengan baik.

Akan tetapi, Dembele justru lebih sering menghabiskan waktunya untuk menyembuhkan cedera daripada bermain di atas lapangan. Musim ini pemain berusia 24 tahun itu memang tampil cukup baik dengan mengoleksi 11 gol dan 5 assist dari 44 pertandingan. Walau begitu, hal tersebut tidak menjamin masa depannya akan aman di Camp Nou. Ia bisa saja dijual pada musim panas ini jika ada tawaran yang sesuai.

2. Junior Firpo 

5 Pemain yang Berpeluang Hengkang dari Barcelona Musim Panas IniJunior Firpo. (eurosport.com)

Barcelona mendatangkan Junior Firpo dari Real Betis pada musim panas 2019. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri itu dibeli dengan harga sebesar 18 juta euro atau setara dengan Rp309 miliar. Ia diharapkan bisa memberikan persaingan kepada Jordi Alba yang belum tergantikan perannya dalam beberapa tahun.

Namun, Firpo justru tak terlihat sama sekali perannya bagi Barcelona. Musim ini sang pemain bahkan hanya mencatatkan 18 pertandingan di semua ajang. Dengan penampilan yang biasa saja tersebut, Firpo sangat berpeluang untuk dijual pada musim panas ini. West Ham United, Southampton, dan AC Milan sedang dikaitkan dengan pemain berusia 24 tahun itu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!

3. Samuel Umtiti 

5 Pemain yang Berpeluang Hengkang dari Barcelona Musim Panas IniSamuel Umtiti. (fcbarcelonanoticias.com)

Samuel Umtiti sudah membela Barcelona sejak tahun 2016. Saat itu, bek asal Prancis ini diboyong dari Olympique Lyon dengan biaya sebesar 25 juta euro atau setara dengan Rp429 miliar. Ia menikmati musim debut yang luar biasa dengan menjadi pemain reguler di jantung pertahanan. Namun, seiring berjalannya waktu, sang pemain mulai kehilangan tempat intinya.

Musim ini Ronald Koeman lebih menyukai memainkan dua bek muda, yaitu Oscar Mingueza dan Ronald Araujo. Alhasil, Umtiti hanya tampil sebanyak 16 kali di semua kompetisi. Jika tak ingin kariernya semakin meredup, ada baiknya sang pemain memilih untuk meninggalkan Camp Nou pada musim panas ini.

4. Martin Braithwaite 

5 Pemain yang Berpeluang Hengkang dari Barcelona Musim Panas IniMartin Braithwaite. (goal.com)

Transfer mengejutkan dibuat oleh Barcelona dengan mendatangkan Martin Braithwaite pada Februari 2020. Pemain asal Denmark itu digaet dari Leganes dengan biaya senilai 18 juta euro atau setara Rp309 miliar. Barcelona saat itu mendapatkan keringanan dan boleh membeli pemain baru di luar bursa transfer karena beberapa penyerang utamanya mengalami cedera.

Sayangnya, Braithwaite tidak bisa diandalkan untuk menjadi penyerang utama bagi Barcelona. Pasalnya, ia gagal memberikan dampak yang besar bagi klubnya tersebut. Kehadiran Sergio Aguero dan Memphis Depay seakan mempertegas bahwa kesempatan bermain Braithwaite akan semakin berkurang pada musim depan. West Ham United kabarnya cukup tertarik dengan penyerang berusia 30 tahun itu.

5. Miralem Pjanic 

5 Pemain yang Berpeluang Hengkang dari Barcelona Musim Panas IniMiralem Pjanic. (sempreinter.com)

Keputusan mengejutkan kembali dibuat Barcelona pada musim panas tahun lalu. Blaugrana secara tidak terduga melakukan pertukaran pemain dengan menjual Arthur Melo ke Juventus dan mendatangkan Miralem Pjanic ke Barcelona. Banyak yang menilai kesepakatan tersebut sangat menguntungkan bagi Juventus karena usia Artur masih sangat muda.

Akan tetapi, kedua pemain itu justru gagal tampil impresif di musim debut bersama klub barunya tersebut. Pjanic bahkan hanya dipercayai tampil sebanyak 19 kali di kompetisi LaLiga musim ini. Pemain asal Bosnia dan Herzegovina itu dianggap kalah bersaing dari Sergio Busquets dan Frenkie de Jong. Jika memutuskan untuk pergi dari Camp Nou, Pjanic sepertinya tidak akan kekurangan pelamar dari klub lain. Pasalnya, ia sudah memiliki banyak sekali pengalaman dan kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi.

 

Dari kelima pemain di atas, kira-kira, siapa yang bakal dijual Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun ini?

Baca Juga: Sebelum Pjanic, 5 Pemain Juventus yang Hijrah ke Barcelona

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya