Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!

Depay jadi pemain baru keempat Barcelona musim ini

Musim lalu, Barcelona dinilai gagal setelah kalah dalam persaingan meraih gelar LaLiga dan Liga Champions. Kini, mereka pun siap merombak skuad utamanya dengan mendatangkan deretan pemain baru. Usai datangkan Sergio Aguero, terbaru mereka baru saja meresmikan Memphis Depay dari Lyon.

Dalam sejarahnya, Depay menjadi pemain kelima yang bakal pernah berkostum Lyon dan Barcelona. Sebelumnya deretan pemain berikut ini pun pernah membela dua tim besar Eropa ini. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Edmilson

5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!Edmilson (fcbarcelonanoticias.com)

Edmilson merupakan bagian dari skuad Brasil yang menjuarai Piala Dunia 2002. Kariernya di Eropa dimulai ketika bergabung dengan Lyon pada 2002. Selama empat musim berkostum Lyon, dia berhasil persembahkan 3 trofi Ligue 1 beruntun. Pada 2004, dia diboyong Barcelona dengan harga 8 juta euro atau sekitar Rp135 miliar.

Gelandang bertahan asal Brasil itu jadi bagian penting Barcelona ketika meraih treble winners era Frank Rijkaard pada musim 2005/2006. Dia tampil dalam 96 laga selama 4 musim di Barcelona sebelum hijrah ke Villarreal pada 2008.

2. Eric Abidal

5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!Eric Abidal (fcbarcelona.com)

Eric Abidal berkostum Barcelona selama lima musim usai diboyong dari Lyon pada 2007 silam. Di klub Prancis itu, Abidal merupakan pemain kunci ketika berhasil membawa klub mermaih gelar Ligue 1 beruntun dari 2005 hingga 2007. Kedatangannya ke Barcelona pun tak lepas dari prestasi gemilang.

Selama berkostum Blaugrana, Abidal tampil dalam 192 laga dan mempersembahkan 2 Liga Champions, 4 LaLiga dan 2 Copa del Rey. Pada 2013, dia hijrah ke AS Monaco sebelum gantung sepatu pada 2015 bersama Olympiacos.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Manchester City

3. Sonny Anderson

5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!Sonny Anderson (goal.com)

Ketika diboyong Barcelona dari AS Monaco pada 1997, Sonny Anderson berstatus sebagai salah satu pemain termahal dengan harga 18 juta euro atau sekitar Rp309 miliar. Sayangnya, striker asal Brasil itu kesulitan adaptasi. Dia tampil dalam 68 laga dengan torehan 21 gol.

Dua tahun kemudian, dia dilepas ke Lyon dan berhasil mengembalikan ketajamannya. Selama empat musim membela Lyon, dia sukses persembahkan 2 gelar Ligue 1dan 1 Piala Liga. Dia pun tampil tajam dengan torehan 94 gol dari 160 laga.

4. Samuel Umtiti

5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!Samuel Umtiti (fcbarcelonanoticias.com)

Samuel Umtiti merupakan produk asli akademi Lyon dan menghabiskan karier awalnya di sana. Dia sukses menembus tim utama pada 2012 dan menjadi andalan di lini pertahanan. Umitit menorehkan 170 laga di semua ajang sebelum diboyong Barcelona pada 2016 dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp429 miliar.

Meski musim ini dia lebih sering tampil sebagai pelapis, Umtiti sempat jadi andalan di awal kedatangannya di Camp Nou. Dia telah menorehkan 132 pertandingan untuk Barcelona di semua ajang dan mempersembahkan 2 gelar LaLiga dan 3 Copa del Rey.

5. Memphis Depay

5 Pemain Top yang Pernah Membela Barcelona dan Lyon, Depay Terbaru!Memphis Depay (goal.com)

Sempat mengalami performa buruk bersama Manchester United, Memphis Depay menemukan kembali permainan terbaiknya kala hijrah ke Lyon pada 2017 lalu. Di klub asal Prancis itu, dia mencetak 76 gol dan 55 assists dari 178 pertandingan. Kontraknya sendiri berakhir Juni 2021 dan dia memutuskan untuk tak memperpanjangnya.

Barcelona pun datang meminang di bawah asuhan pelatih asal Belanda Ronald Koeman. Depay pun sangat berhasrat bisa gabung klub asal Catalan itu, dan kini Barcelona telah resmi mengumumkan kedatangannya dengan status free transfer.

 

Lyon sebagai salah satu klub terbaik di Eropa merupakan salah satu gudangnya pemain potensial. Tidak mengherankan, jika Barcelona berkali-kali mendatangkan pemain dari sana.

Uniknya, pemain yang didatangkan dari Lyon selalu memberikan dampak yang memuaskan. Bisakah Memphis Depay jadi kunci Barcelona di musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Underrated yang Pernah Berseragam Barcelona di Abad 21

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya