Pemain yang Cocok Gantikan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2022

Lukaku cedera dan absen lawan Kanada

Timnas Belgia akan memulai laga pembuka Grup F Piala Dunia 2022 dengan melawan Kanada di Ahmad bin Ali Stadium, Kamis (24/11/2022) pukul 02.00 WIB. Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez, sebenarnya hendak menurunkan kekuatan terbaiknya pada pertandingan ini.

Sayangnya, pelatih berusia 49 tahun itu tidak bisa memainkan striker andalannya, Romelu Lukaku, karena mengalami cedera. Dengan demikian, Martinez harus berjudi dalam pemilihan striker pada laga dini hari nanti.

Setidaknya ada tiga nama yang bisa menggantikan peran Lukaku. Kira-kira siapa yang akan dipilih Martinez menjadi ujung tombak tim?

Yuk, intip pemain yang cocok gantikan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2022!

1. Michy Batshuayi 

Pemain yang Cocok Gantikan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2022Michy Batshuayi (twitter.com/BelRedDevils)

Pemain yang memiliki peluang paling besar menggantikan Romelu Lukaku adalah Michy Batshuayi. Striker berusia 29 tahun itu telah memiliki pengalaman yang banyak di level internasional. Ia tampil sebanyak 48 laga dan mencetak 26 gol serta 6 assist untuk The Red Devils.

Kendati begitu, Batshuayi sedikit diragukan untuk bisa tampil melawan Kanada. Pasalnya, ia sempat mengalami cedera pada laga uji coba terakhir melawan Mesir, Jumat (18/11/2022). Di laga itu, Batshuayi hanya tampil 45 menit, kemudian digantikan pemain lain.

2. Dries Mertens 

Pemain yang Cocok Gantikan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2022Dries Mertens (twitter.com/BelRedDevils)

Bicara soal pengalaman dan jam terbang, Dries Mertens jelas lebih unggul dibandingkan striker lain. Bersama Timnas Belgia, pemain berusia 35 tahun itu telah tampil sebanyak 107 kali. Ia berhasil menorehkan 21 gol dan 32 assist dari seluruh penampilannya itu.

Sayangnya, penampilan Mertens tidak terlalu mengesankan di level klub pada paruh musim 2022/2023 ini. Ia hanya berkontribusi 2 gol dari 15 laga bersama Galatasaray. Performanya tersebut tentu akan menjadi pertimbangan Roberto Martinez pada pertandingan melawan Kanada.

Baca Juga: 5 Pemain Senior Ini Masih Perkuat Timnas Belgia di Piala Dunia 2022

3. Lois Openda

Pemain yang Cocok Gantikan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2022Loïs Openda (twitter.com/LoisOpenda)

Lois Openda memiliki peluang paling kecil dibandingkan dua nama sebelumnya. Pasalnya, pemain berusia 22 tahun itu masih sangat minim pengalaman di panggung internasional. Sejauh ini, ia baru tampil lima kali bersama Timnas Belgia.

Meski begitu, jika diberi kepercayaan, Openda cukup bisa diandalkan. Dalam 5 caps itu, sang pemain berhasil mencetak 2 gol. Itu termasuk gol ke gawang Mesir saat mereka kalah 1-2 pekan lalu.

4. Siapa yang bakal dipilih Roberto Martínez sebagai ujung tombak? 

Pemain yang Cocok Gantikan Romelu Lukaku di Piala Dunia 2022Roberto Martinez (twitter.com/belreddevils)

Roberto Martínez terbiasa memakai pakem 3-4-2-1 atau 3-4-3. Jika menggunakan strategi itu, pelatih asal Spanyol ini jelas hanya bisa memainkan satu striker ketika berjumpa Kanada.

Michy Batshuayi jadi pemain yang paling difavoritkan untuk mengisi slot tersebut. Dries Mertens dan Lois Openda berada di urutan berikutnya.

Meski begitu, ada juga kemungkinan Martinez bakal memainkan dua striker sekaligus. Apalagi sang pelatih juga sempat menggunakan dua striker dalam beberapa kesempatan.  

Baca Juga: Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya